Skip to main content
Yuk Belajar Wesbite!

Cara Membeli Domain dan Hosting Untuk Membuat Blog atau Website

Cara Membeli Domain dan Hosting Untuk Membuat Blog atau Website
Cara Membeli Domain dan Hosting Untuk Membuat Blog atau Website - Pada artikel sebelumnya kami sudah menjelaskan secara terpisah cara membeli domain dan cara membeli hosting. Kenapa harus di pisah? Karena sebagian blogger terkadang dalam membuat blog hanya membutuhkan domain tanpa hosting yang biasanya dari awal menggunakan Blogspot sebagai platform awalnya. Namun lama-kelamaan ada yang beralih dari Blogspot ke Wordpress.org sehingga sebelum melakukan peralihan ini dibutuhkan sebuah hosting.

Baca Juga Cara Membeli Domain
Baca Juga Cara Membeli Hosting

v
Blogger atau Blogspot sangat berbeda dengan Wordpress.org, Jika Anda membuat blog di Blogspot maka Anda hanya butuh subdomain dan atau tanpa domain. Kalau pun nantinya membutuhkan domain maka hanya perlu melakukan custom domain pada subdomain yang telah tersedia. Sedangkan jika Anda membuat blog menggunakan Wordpress.org maka Anda butuh domain dan hosting langsung sebelum Anda membuat blog atau website.

Lanjutkan baca
Berbeda lagi dengan Wordpress.com, layanan ini hampir sama dengan Blogspot yaitu menyediakan blog dengan fitur gratisan dengan menggunakan subdomain. Misalnya jika Anda membuat blog di Wordpress.com maka Anda akan memiliki blog dengan domain seperti ini digipoin.wordpress.com, dan jika menginginkan sebuah domain pada blog Anda di Wordpress.com maka caranya juga dengan yang ada pada Blogspot yaitu custom domain, membungkus subdomain dengan domain.

Contoh subdomain yang telah menjadi domain adalah blog ini, awalnya blog ini memiliki url digital-poin.blogspot.com dan setelah di custom menjadi digitalpoin.com. Bagaimana cara melakukan custom domain? Silahkan baca di Cara Melakukan & Membuat Custom Domain Blogspot

Cara Membeli Domain dan Hosting Untuk Membuat Blog atau Website

Tujuan membeli domain dan hosting ini adalah untuk membuat blog di Wordpress.org, jadi sebelum membuat blog harus menyediakan domain dan hostingnya terlebih dulu karena blog yang akan dibuat adalah blog dengan domain sendiri dan hosting sendiri alias sudah tidak Blogspot atau Wordpress.com.

Sebelum membeli domain, tentukan dulu nama dari domain tersebut. Nama ini biasanya didapatkan sesuai dengan topik yang akan Anda bahas pada blog Anda. Atau jika tidak bisa menentukan nama domainnya, bisa menggunakan nama Anda sendiri.

Baca Menentukan & Membuat Nama Domain yang Baik

Berikut beberapa langkah cara membeli domain dan hosting untuk membuat blog:
  1. Pilih salah satu layanan penyedia domain dan hosting, baik itu lokal atau pun internasional. Untuk layanan lokal yang terkenal adalah Idwebhost, Dracoola, Hostinger, Domainesia, Pusat Hosting, dan Dewa Web. Sedangkan untuk yang layanan internasional bisa menggunakan GoDaddy atau Namecheap. Namun sebagai langkah awal, kami sarankan gunakan saja yang lokal, sebagai contoh adalah Idwebhost.com
  2. Silahkan buka Idwebhost.com
  3. Masukkan nama domain pada kolom "Temukan nama domainmu" dan klik tombol Cari

    Cara Membeli Domain

  4. Jika nama domain terdiri dari 2 kata, jangan gunakan spasi dan jangan gunakan ekstensi domain seperti .com, .net, .info dan sebagainya. Sebagai contoh nama domainnya adalah "Kolom Informasi" maka penulisannya adalah "kolominformasi"

    cara membeli hosting

  5. Jika nama domain yang dicari tersedia, maka akan tampil pernyataan seperti berikut "Yes, Selamat Nama Domain Masih Tersedia!".

    cara membeli domain

  6. Silahkan Anda pilih ekstensi domain yang akan digunakan karena banyak sekali nama domain dengan ekstensi yang berbeda. Dan sebagai contoh, Anda memiliki ekstensi domain .com
  7. Pilih domain dengan ekstensi .com dan langsung saja klik Beli Sekarang.
  8. Selanjutnya pilih membeli domain dengan hosting seperti gambar berikut:

    cara membeli domain hosting

  9. Masih di halaman yang sama, ada beberapa opsi atau penawaran yang bisa digunakan pada domain yang Anda pesan yaitu Amankan kontak domain, SLL, Google Index, 50 iklan Indonesia submission, dan Polivalen WooCommerse Theme. Masing-masing penawaran memiliki harga yang berbeda alias ada tambahan biaya dari biaya pembelian domain dan hosting. Jika Anda menggunakan salah satu dari opsi penawaran tersebut, silahkan saja, namun sebagai contoh, kami tidak menggunakan semua opsi tersebut sehingga tidak ada yang perlu di centang.

    cara membeli hosting idwebhost

  10. Masih di halaman yang sama, scroll kebawah dan pilih paket Hosting yang akan digunakan pada domain Anda. Ada beberapa jenis paket hosting yang bisa Anda gunakan, sebagai contoh yang kami pilih adalah paket hosting Awesome dengan masa 1 tahun

    cara membeli hosting

    cara membeli domain idwebhost

  11. Jika Anda belum memiliki akun di Idwebhost, silahkan buat dan isi kolom pembuatan akun. Dan jika Anda sudah memiliki akun di Idwebhost, langsung klik Login.
  12. Pilih metode pembayaran yang digunakan. Sebagai contoh kami selalu menggunakan metode transfer ke Bank BCA.
  13. Detail order domain dan hosting sudah tercantum. Jika ada bonus tambahan dari pembelian hosting, misalnya bonus domain, silahkan di ambil atau tidak itu terserah Anda. Begitu juga dengan kode kupon, jika ada kode kupon yang bisa digunakan, silahkan digunakan.
  14. Biaya pembelian pada contoh ini hanya pada Domain dan Hosting, jika Anda menggunakan poin No. 9 atau biaya tambahan lainnya maka biaya yang tampil bisa berbeda dengan contoh yang kami berikan ini.
  15. Jika semuanya sudah selesai, jangan lupa centang bagian Saya telah membaca dan menyetujui serta tunduk kepada Ketentuan Layanan
  16. Klik Checkout untuk proses pembayaran.

    cara membeli domain
  17. Silahkan lakukan pembayaran sesuai nominal dari biaya pembelian domain dan hosting tersebut. Selain itu, juga ada pemberitahuan via SMS bahwa ada tagihan dari pembelian domain dan hosting yang telah dilakukan atau Anda juga mengecek tagihan di member area.
Proses pembayaran biasanya ada jatuh tempo, jadi jika belum melakukan pembayaran pada waktu yang telah ditentukan maka kemungkinan order yang telah dilakukan akan hangus dan harus melakukan order ulang.

Cara Melakukan Pembayaran Via Transfer
Lakukan transfer seperti biasa dengan cara memasukkan jumlah rupiah sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan oleh pihak Idwebhost. Misalnya biaya normalnya adalah Rp 598.800,00 maka biaya ini akan bertambah dengan adanya biaya 10.00% PPN sebesar Rp 59.880,00 dan juga ada biaya pemotongan dari Kode Unik sebesar Rp -320,00. Sehingga total dari biaya membeli domain dan hosting adalah Rp 658.360,00. Pastikan untuk menggunakan angka 360 dibelakang biaya pembelian karena hal ini akan memudahkan pihak Idwebhost melakukan verifikasi pembelian secara otomatis.

notofikasi pembelian domain
membeli domain

Itulah cara membeli domain dan hosting untuk membuat blog atau website yang selanjutnya domain dan hosting ini akan digunakan pada platform Wordpress.org dan bukan untuk Blogspot atau Wordpress.com. Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan pembelian domain di Idwebhost, silahkan tinggalkan komentar atau bisa menghubungi kami di Halaman Kontak.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.