Skip to main content
➜ Bikin Websitemu.. GRATIS Domain & Unlimited Hosting

Cara Membeli Domain Saja Untuk Blogspot

Cara Membeli Domain Saja Untuk Blogspot
Cara Membeli Domain Saja Untuk Blogspot - Untuk membuat blog bisa dilakukan dengan cara menyediakan domain terlebih dulu atau tanpa perlu menyediakan domain alias langsung menggunakan layanan dari penyedia blog tersebut. Beberapa layanan pembuat blog gratisan yang paling terkenal menurut kami adalah Blogspot dan Wordpress.com, meskipun masih ada banyak sekali beberapa layanan lainnya namun secara proses dalam pembuatan blog dengan menggunakan kedua layanan ini yang lebih mudah dari yang lainnya.

Cara Membeli Domain Saja Untuk Blogspot
Domain adalah alamat unit di internet yang disebut dengan Uniform Resource Locator atau yang disingkat URL. Url ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website yang satu dengan yang lainnya. Url sendiri merupakan bentuk dari sebuah link domain. Sehingga URL ini disebut juga sebagai link domain.

Contoh URL Domain adalah https://www.digitalpoin.com, www.digitalpoin.com, digitalpoin.com, blogspot.com, wordpress.com dan sebagainya.

Blogspot atau Blogger adalah salah satu layanan penyedia blog gratisan. Dengan layanan ini, Anda bisa membuat blog namun blog yang dihasilkan dengan menggunakan Blogspot ini akan menggunakan nama domain dari Blogspot itu sendiri yang disebut dengan subdomain. Subdomain berbeda dengan domain, Subdomain bagian dari nama domain utama.

Baca Juga Perbedaan Domain dan Subdomain

Jika Anda membuat blog hanya menggunakan Blogspot atau Worpdpress maka url blog yang Anda miliki akan menyertakan nama dari domain utama tersebut. Contohnya https://digitpoin.blogspot.com, blog ini masih menggunakan Blogspot sebagai domain utamanya maka blog ini disebut sebagai subdomain dari Blogspot. Bagaimana cara menjadikan blog yang masih menggunakan subdomain menjadi domain? Apakah bisa? Tentu saja bisa yaitu dengan cara membuat custom domain pada blog tersebut.

Baca Juga Cara Membuat Custom Domain Blogspot

Cara Membeli Domain Saja Untuk Blogspot

Jika Anda tidak menginginkan sebuah blog dengan menggunakan subdomain, maka Anda harus memiliki sebuah domain yang bisa dipasang pada blog Anda. Domain yang Anda miliki tidak hanya bisa digunakan pada Blogspot saja, tapi juga bisa digunakan pada layanan blog yang lainnya seperti Wordpress, Tumblr, Wix, Hubpage, dan sebagainya selama layanan tersebut menyediakan custom domain.

Untuk memiliki sebuah domain maka Anda harus membeli domain sesuai dengan nama yang Anda inginkan. Nama domain yang harus dibuat setidaknya mewakili dari topik blog yang Anda bahas atau sesuai dengan nama merk usaha Anda. Bagaimana cara membuat nama domain yang baik? Silahkan baca panduannya, Cara Menentukan dan Membuat Nama Domain yang Baik.

Sedangkan untuk membeli sebuah domain, Anda bisa melakukan pemesanan di beberapa layanan penyedia domain dan hosting yang ada di Indonesia atau yang ada diluar negeri. Sebagai contoh, berikut cara membeli domain dengan menggunakan layanan Dracoola:
Persiapkan dulu nama domain yang akan digunakan. Sebagai saran, gunakan nama domain yang sesuai dengan topik blog Anda atau nama yang mudah diingat. Jangan membuat nama domain yang sangat rumit. Atau bisa juga menggunakan nama Anda sendiri atau nama brand usaha Anda. Sebagai contoh adalah kolominformasi
  1. Klik link www.dracoola.com
  2. Di halaman depan Dracoola ini, masukkan nama domain Anda yaitu kolominformasi dan lakukan pemeriksaan untuk mengecek apakah nama domain tersebut masih ada atau sudah digunakan oleh orang lain.
    cara membeli domain
    Jangan lupa untuk memilih ekstensi dari domain yang akan digunakan. Ada beberapa pilihan ekstensi yang bisa digunakan yaitu com, net, org, id, info.
  3. Jika domain dengan nama kolominformasi dan ekstensi .com tersedia maka tampilannya akan seperti berikut dan klik Lanjutkan

    panduan membeli domain
  4. Pada tampilan selanjutnya akan tampil rincian pesanan yang telah dilakukan, pastikan untuk memilih pembelian domain selama 1 tahun saja seperti gambar dibawah ini dan klik Order

    membeli doamin
  5. Jika Anda belum memiliki akun di Dracoola, buatlah akun terlebih dulu dan lakukan login. Setelah itu selesaikan Order atau pesanan pembelian domain dengan melakukan transfer sesuai dengan jumlah biaya yang telah dilakukan. Detail Order ini biasanya selain ditampilkan di halaman pesanan di Dracoola juga dikirim ke email Anda.
  6. Jangan lupa untuk memilih jenis pembayaran, lebih baik gunakan Transfer Bank (BCA.Mandiri).
  7. Setelah melakukan transfer, jangan tunggu adanya notifikasi otomatis di email tapi segera beri tahu atau hubungi bagian Admin/Billing Cusomer Servise dengan melakukan chatting yang terdapat pada web Dracoola.

    beli domain
  8. Saat melakukan chatting, langsung saja tulis seperti gambar diatas atau seperti ini: Saya telah mentransfer untuk pembayaran pembelian domain dengan rekening Tujuan BCA dari Nama Anda dan No. Invoice. Tunggu beberapa detik, nanti akan ada yang menjawab chatting Anda dan pihak Dracoola akan melakukan pengecekan. Jika pengecekan sudah dilakukan akan ada pemberitahuan juga dari chat tersebut dan ada email pemberitahuan tentang pembayaran yang telah dilakukan.
  9. Selesai, kini Anda sudah memiliki domain untuk blog Anda.
Setelah memiliki domain, alangkah selanjutnya untuk mengaktifkan domain yang baru saja di beli adalah dengan melakukan custom domain dan caranya bisa Anda baca Cara Custom Domain Blogspot.

Jika Anda tidak bisa melakukan custom domain, Anda bisa menggunakan layanan customer service di masing-masing penyedia layanan yang Anda gunakan. Untuk layanan di Dracoola, sepengetahuan kami, responnya sangat cepat dan proses custom domainnya juga cepat.

Itulah cara membeli domain untuk Blogspot menggunakan layanan Dracoola. Sedangkan untuk layanan lainnya, sebenarnya sama saja langkah-langkah yang dilakukan namun menurut kami proses di Dracoola lebih gampang dan mudah. Selamat mencoba.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.