Skip to main content
Kelas Online: Belajar Website!

Menentukan & Membuat Nama Domain yang Baik

Menentukan & Membuat Nama Domain yang Baik
Menentukan & Membuat Nama Domain yang Baik - Dalam beberapa artikel sebelumnya, kami sudah menjelaskan tentang domain, apa itu domain, dan layanan penyedia domain lokal juga sudah kami share, jika Anda ingin mencari topik tentang domain di blog ini, silahkan cari menggunakan kolom pencarian yang ada dibagian header sebelah kiri. Namun untuk menentukan dan membuat nama domain yang baik untuk blog belum kami bahas, nah pada artikel ini kami akan bahas tentang nama domain ini. Kenapa nama domain harus ditentukan sebelum membuat blog?

Penggunaan nama domain terkadang masih sering diabaikan, banyak yang menggunakan nama ala kadarnya dan tanpa pertimbangan. Padahal nama domain yang baik akan menjadi ciri khas yang bisa menentukan keberadaan sebuah website atau blog. Meski terlihat sederhana atau mungkin sepele, namun tetap tidak mudah untuk menentukan dan membuat sebuah nama domain, bahkan mencari nama yang pas juga cukup sulit.

Menentukan & Membuat Nama Domain yang Baik
Apalagi nama domain tersebut digunakan untuk usaha atau produk Anda, membutuhkan banyak pemikiran dan pertimbangan yang cocok dan pas. Nama domain adalah identitas Anda di website atau di blog yang Anda kelola. Selain itu, nama domain yang digunakan juga bisa digunakan untuk mengkomunikasikan informasi penting kepada pengunjung dan juga bot mesin pencari. Artinya, tanpa melihat isi dari blog atau website Anda, orang sudah mengerti tentang blog tersebut hanya dengan melihat dari nama domain yang digunakan dalam URL.

Menentukan & Membuat Nama Domain yang Baik

Untuk web-web besar seperti Google, Facebook, Instagram, Okezone, Detik dan sebagainya termasuk blog-blog besar seperti KompiAjaib memang tidak mendefinisikan secara langsung dari domain yang mereka gunakan tapi orang-orang pasti sudah mengerti apa itu Google, apa itu Facebook, apa itu Okezone dan dikalangan teman-teman blogger pasti mengerti apa itu KompiAjaib. Meskipun nama domain yang mereka gunakan tidak mewakili secara spesifik tentang konten atau layanan yang mereka berikan, namun semua orang sudah pasti mengerti karena mereka adalah blog-blog besar yang sudah berusia puluhan tahun.

Untuk saat ini, ketika perkembangan dunia digital dan teknologi informasi yang sudah berkembangan dengan sangat pesat, tentunya juga mempengaruhi dalam menentukan dan memilih nama domain yang cocok untuk label yang Anda berikan pada domain yang akan digunakan tersebut. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda tetap menggunakan nama domain yang benar-benar mewakili informasi yang akan disampaikan dalam website atau blog Anda.

Berikut beberapa poin penting dalam menentukan atau memilih nama domain:

1. Gunakan Nama Merek atau Dagang
Apa yang Anda informasikan dalam website atau blog Anda? Jika hanya fokus pada satu usaha, maka Anda dengan mudah dalam memilih dan membuat nama domain yang digunakan. Misalnya blog Anda tentang makanan atau kuliner, gunakan nama sesuai dengan nama kuliner Anda. Bagaimana jika usaha Anda memiliki banyak kategori? Tetap gunakan nama domain yang mewakili nama merek tersebut, contohnya seperti Google.com, Google memiliki banyak usaha namun semua orang mengerti kalau Google.com adalah layanan pencarian berbasis online.

Nama domain yang sesuai dengan merek atau dagang juga memberikan keuntungan lebih pada semua orang yaitu menimbulkan kesan baik dan di percaya kalau website atau blog yang mereka akses bukan blog atau website abal-abal. Jadi ada faktor kepercayaan pada semua orang untuk mengakses blog Anda.

2. Nama Singkat
Tidak usah panjang-panjang dalam membuat nama domain, karena ia tidak seperti nama orang atau nama anak-anak yang baru lahir yang namanya sangat panjang. Bahkan anak admin blog ini terdiri dari 27 huruf (karakter). Gunakan saja nama yang singkat seperti nama admin blog ini Sahroni atau nama blog ini sendiri, Digital Poin. Singkat dan jelas.

Untuk menggunakan nama domain yang singkat, biasanya hanya terdiri dari 6 - 17 karakter. Misalnya Google, hanya terdiri dari 6 karakter dan blog Digital Poin ini terdiri dari 11 karakter. Semakin pendek, semakin baik namun biasanya nama yang pendek malah semakin mahal harganya. Begitu juga jika semakin panjang semakin kurang baik.

3. Mudah Dibaca & Ditulis
Saat ini semua orang ingin yang mudah-mudah, termasuk sebuah tulisan. Semakin sulit tulisan dibaca, apalagi ditulis maka orang-orang akan enggan untuk melanjutkan. Begitu juga dengan nama domain, alamat domain yang sulit di tulis, orang tidak akan mudah untuk membukanya, biasanya mereka akan mencari alamat blog atau website yang lain yang tentunya memiliki topik yang sama yang mereka cari.

Selain pengunjung enggan membuka atau menuliskan alamat domain website atau blog Anda, nama atau alamat domain yang sulit di baca dan ditulis, bisa menimbulkan salah ketik, jika salah dalam penulisan bisa jadi blog Anda tidak bisa di akses dan ujung-ujungnya pengunjung akan berpikiran kalau blog Anda adalah fake alias palsu karena tidak bisa di akses.

4. Mudah Diucapkan
Tidak hanya mudah dibaca atau ditulis, nama atau alamat domain juga harus mudah diucapkan karena untuk memudahkan pengunjung membagikan nama domain Anda dari mulut ke mulut dan memudahkan Anda untuk membagikan situs Anda dengan teman Anda. Gak mau kan ketika Anda menyampaikan atau memberitahu alamat domain kepada orang lain tapi mereka tidak mengerti apa nama domain tersebut?

5. Hindari Tanda Hubung dan Angka
Sebagus apapun nama atau alamat domain yang digunakan jika menggunakan tanda baca maka hasilnya juga kurang baik dan tidak bagus untuk dibaca. Jangan memaksakan menggunakan nama yang sama dengan alamat blog orang lain. Misalnya DigitalPoin.com dan Anda membuatnya menjadi Digital-Poin.com atau menggunakan nama dan angka, juga kurang enak untuk dibaca meskipun ada beberapa blog besar yang menggunakan angka untuk nama atau alamat domain mereka.

6. Menggunakan Kata Kunci
Kata kunci dapat membantu meningkatkan SEO pada website atau blog Anda, dengan menggunakan kata kunci maka akan benar-benar mewakili topik blog yang Anda bahas. Misalnya topik yang bahas di blog adalah tentang masakan, maka Anda bisa menggunakan nama resepmasakan, masakanenak, masakanfavorit, caramemasak, tipsmemasak, dan sebagainya.

7. Ekstensi Nama Domain
Saat ini sebuah ektensi pada domain mewakili apa yang diinformasikan dalam sebuah blog. Namun apapun nama atau alamat domain yang digunakan, ekstensi .com masih menjadi pilihan favorit. Jadi saran kami, tetap gunakan ekstensi .com, dan saran kami hindari penggunaan ekstensi yang tidak umum seperti .space, .club, .pro, bahkan saat ini ekstensi baru yang dikeluarkan oleh Google yaitu .dev, tetap lebih familiar dan gunakan ekstesni .com

Jika tidak ada pilihan, lebih baik gunakan ekstensi lokal seperti .id atau ekstensi lainnya seperti .net, .info, dan .org

8. Nama Sendiri
Banyak yang menyarankan untuk menggunakan nama sendiri sebagai nama atau alamat domain, apakah itu boleh? Boleh-boleh saja tapi perhatikan dulu 2 poin ini jika nama sendiri digunakan sebagai alamat domain:
  • Apakah nama Anda mudah diingat atau dibaca?
    Seperti yang telah kami sebutkan diatas, jika nama Anda sulit untuk dibaca atau ditulis, lebih baik jangan gunakan nama sendiri. Misalkan nama Anda adalah Gilbert, Giselle, Michael, Schwarzenegger
  • Siapa Anda?
    Maaf bukannya mau meremehkan, buat apa memiliki nama domain dengan nama sendiri jika Anda bukan siapa-siapa, apalagi nama Anda sama atau mungkin dimiliki oleh banyak orang, nama umum. Dan juga siapa Anda? Apakah seorang pengusaha? tokoh masyarakat? seorang pemimpin? Jika masih baru dalam membuat blog atau website, lebih baik jangan gunakan nama sendiri terlebih dulu. Lebih baik fokus pada usaha Anda sendiri dan beri nama domain dengan nama usaha atau topik blog yang Anda bahas tersebut.
9. Gunakan Generator Nama Domain
Jika bingung dalam menentukan dan memilih nama domain untuk produk atau topik yang akan dibahas dalam blog Anda, maka cara lain yang memudahkan untuk membuat nama domain tersebut adalah menggunakan domain generator. Dengan domain generator Anda bisa menemukan banyak nama dan alamat domain yang bisa digunakan. Silahkan baca caranya di Domain Generator - Cara Mudah Menemukan Nama & Alamat Domain

Memiliki blog dengan nama domain sendiri, entah itu blog yang berasal dari custom domain atau domain dengan hosting sendiri memang sangat dianjurkan, bahkan meskipun blog Anda masih menggunakan subdomain dari berbagai layanan, juga dianjurkan untuk menggunakan nama domain yang baik yang bisa menjadi ciri khas dari blog Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.