Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Blogwalking : Cara Sederhana Membesarkan & Membuat Blog Terkenal

Blogwalking : Cara Sederhana Membesarkan & Membuat Blog Terkenal
Blogwalking : Cara Sederhana Membesarkan & Membuat Blog Terkenal - Kami yakin semua teman-teman blogger sudah tahu apa itu blogwalking. Blogwalking adalah mengunjungi blog orang lain dengan tujuan agar pemilik blog tersebut juga mengunjungi blog Anda. Namun tujuan tersebut benar-benar terwujud jika blog yang Anda kunjungi memiliki admin yang juga sama-sama senang dalam melakukan blogwalking. Karena selain berharap dikunjungi balik, tujuan blogwalking juga mengharap setiap artikel yang ada di baca dan dikomentari juga.

Jadi tidak semua blog yang dikunjungi memiliki admin blog yang senang melakukan blogwalking juga. Untuk itu dalam melakukan blogwalking tentukan terlebih dulu blog yang akan dikunjungi, lihat beberapa artikelnya dan di masing-masing komentar blog tersebut apakah ada yang berkomentar dan apakah admin blog aktif membalas komentar atau tidak dan cek juga blogger yang berkomentar, apakah di blognya juga dikomentari oleh admin blog tersebut? Atau apakah blog mereka juga dikomentari oleh blogger yang lain? Jika iya, maka blog tersebut memiliki minat dan tujuan yang sama yaitu blogwalking.

Blogwalking : Cara Sederhana Membesarkan & Membuat Blog Terkenal
Blog-blog besar atau ternama kemungkinan besar sudah tidak akan melakukan blogwalking secara rutin. Namun mereka bukan tidak sama sekali melakukan blogwalking, bagi mereka blogwalking bukan hanya sekedar bertujuan untuk mencari dan mengharap dikunjungi balik oleh admin blog orang lain. Tapi sebagai salah satu mengembangkan ilmu blogger mereka, mencari update dan informasi terbaru seputar blog. Contoh beberapa blog besar yaitu Kang Adhy Kompi Ajaib, Kang Ismet, mas Sugeng, Maskolis, Maxmanroe, Arlina Design, dan blogger-blogger besar lainnya yang kini keberadaannya sudah menghilang.

Namun jangan disangka blogger-blogger besar itu tidak pernah melakukan blogwalking, pada awal-awal ngblog mereka juga melakukan blogwalking dan tentunya dengan cara mereka sendiri. Bagaimana kami mengetahui mereka melakukan blogwalking dimasanya? Blogwalking selain memiliki tujuan yang telah disebutkan diatas, ternyata dengan cara ini bisa membuat blog jadi terkenal dan blog bisa besar. Blogwalking adalah salah satu promosi dan optimasi termudah yang bisa membuat blog terkenal, meskipun tidak menggunakan SEO. Namun juga harus diketahui dan dilakukan beberapa hal yang membuat blog menjadi terkenal saat melakukan blogwalking.

Blogwalking : Cara Sederhana Membesarkan & Membuat Blog Terkenal

Blogwalking saja tidak akan membuat blog menjadi terkenal tapi ada beberapa ketentuan yang bisa membuat blog terkenal dan besar hanya dengan cara blogwalking. Ada beberapa cara yang harus dilakukan dari sekedar blogwalking yaitu:
  1. Lengkapi profil blog
  2. Bikin konten blog yang menarik.
  3. Bikin konten blog yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh orang lain.
  4. Tampilan blog menarik.
  5. Loading blog tidak lambat.
  6. Konten blog tidak terlalu banyak iklan yang mengganggu.
Poin 1, 2 dan 3 adalah yang utama yang bisa membuat blog Anda terkenal. Dengan ketiga poin tersebut bisa jadi saat melakukan blogwalking, blog Anda akan menjadi sumber inspirasi, rujukan atau direkomendasikan oleh teman-teman blogwalking Anda. Jadi tidak hanya fokus pada blogwalking saja yang hanya mengharap kunjungan balik dari blog yang lain. Jadi sebelum melakukan blogwalking, buat lah terlebih dulu blog dengan artikel yang menarik dan bukan hanya asal-asalan, blog yang sudah siap dengan beberapa artikel didalamnya. Jangan blog yang belum ada isinya sudah melakukan blogwalking, kan jadi bingung tuh saat berkunjung ke blognya tapi belum ada isinya :)

Oiya selain poin 2 dan 3, yang harus diperhatikan adalah profil blog. Apapun platform blog yang digunakan, tetap gunakan dan pasang profil blog Anda. Dimanapun profil itu berada. Karena didalam profil tersebut biasanya ada beberapa data tentang Anda yaitu nama, alamat, dan alamat url blog. Jika ingin blog Anda terkenal, pasanglah profil blog khususnya url blog Anda. Apalagi profil blog dengan mencantumkan url blog di sosial media dan di beberapa layanan media lainnya juga bagus loh buat rank blog Anda :)

Banyak hal yang bisa diambil manfaatnya dari blogwalking, yang penting jangan melakukan kecurangan dalam blogwalking. Karena saat melakukan "jalan-jalan" ini Anda akan menemukan banyak hal yang bisa diluar dugaan Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.