Skip to main content
Yuk Belajar Wesbite!

7 Cara Blogwalking yang Baik Jujur Adil Dan Rahasia

7 Cara Blogwalking yang Baik Jujur Adil Dan Rahasia
7 Cara Blogwalking yang Baik Jujur Adil Dan Rahasia - Sebenarnya sangat mudah untuk melakukan blogwalking dan simpel banget, buka blog yang ingin dikunjungi, baca artikelnya dengan cermat dan dimengerti lalu tinggalkan komentar didalam kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel blog tersebut. Eits tapi cek dulu artikel blog tersebut, apakah sudah ada yang berkomentar atau tidak. Untuk mengecek artikel yang ada komentar atau tidak, jangan cek artikel terbarunya tapi cek 2 - 3 artikel sebelumnya apakah ada yang berkomentar atau tidak. Jika tidak yang berkomentar berarti blog tersebut tidak sepaham dengan kita sebagai blogger yang rutin blogwalking.

7 Cara Blogwalking yang Baik Jujur Adil Dan Rahasia
Eits tapi jangan itu hanya saja yang dilihat, ketika Anda membuka sebuah blog dan di artikelnya banyak yang berkomentar, jangan anggap admin blog tersebut akan berkunjung balik ke blog Anda meskipun Anda juga berkomentar di blognya. Karena belum tentu yang berkomentar disana dan admin blog adalah orang-orang yang sepaham dengan Anda. Banyaknya komentar yang ada di blog tersebut karena memang ada sesuatunya yang bikin orang-orang tersebut dengan suka rela untuk berkomentar. Jadi perhatikan dulu ketika Anda ingin mengunjungi blog yang tujuannya Anda berharap untuk dikunjungi balik oleh admin blog tersebut. Kecuali Anda memang hanya sekedar mengomentari artikel blog tersebut tanpa ada timbal balik untuk mengunjungi blog Anda juga.

7 Cara Blogwalking yang Baik Jujur Adil Dan Rahasia

Judul artikel ini macam slogan pemilu saja yak... Tapi yo bener juga loh saat blogwalking itu memang harus baik, jujur, adil dan rahasia. Jika dijabarkan kurang lebih seperti ini:
  • Baik : Saat mengunjungi blog orang lain atau sesama blogger, jadilah seorang blogger yang baik yaitu menerima apapun blog yang kunjungi.
  • Jujur : Ketika mengunjungi blog orang lain, bacalah artikelnya jangan langsung menulis komentar tanpa mengetahui isi dari artikel yang dikomentari.
  • Adil : Jika blog Anda dikunjungi oleh orang lain, kunjungi balik juga blog tersebut.
  • Rahasia : Tidak ada yang perlu diharasiakan ketika mengunjungi blog orang lain. Karena dengan melakukan blogwalking, sebenarnya ada kesamaan yang telah dilakukan yaitu sama-sama mengetahui seluruh konten blog.
Keempat poin itu memang bukan aturan baku dalam melakukan blogwalking karena setiap blogger pasti memiliki cara yang berbeda-beda namun untuk poin 2 yaitu Jujur dan Adil seharusnya menjadi bagian prinsip yang harus dipegang oleh masing-masing seorang blogger yang memiliki rutinitas dalam mengunjungi blog yang lain. Begitu juga dengan cara yang kami lakukan dalam blogwalking, berikut cara-cara yang kami lakukan:
  1. Baca Artikel Blog
    Poin utama yang harus dilakukan oleh seorang blogger yang memang memiliki rutinitas blogwalking. Sepanjang apapun artikel blog yang Anda kunjungi, bacalah. Dengan membaca artikel blog tersebut itu adalah penghargaan terbesar yang diterima oleh admin blog dan juga menambah poin tersendiri untuk rank blog tersebut. Selain itu, dengan membaca artikel tersebut juga akan menambah pengetahuan kita.
  2. Membagi Waktu
    Kami selalu membagi waktu untuk mengunjungi blog teman-teman blogger yang lain. Kami biasanya menghabiskan waktu 1 - 2 jam bahkan lebih untuk blogwalking dan itu kami lakukan setelah mengupdate blog.
  3. Membuka Profil Blog & Url Blog Bersamaan
    Kami selalu membuka semua profil dan url blog teman-teman secara bersamaan. Kenapa? Karena agar tidak ada yang terlewati. Sehingga semua blog teman-teman bisa kami kunjungi semuanya.
    Cara Blogwalking
  4. Mengunjungi Blognya Teman
    Ketika kami mengunjungi blog teman-teman yang sudah rutin saling blogwalking, kami tidak segan-segan untuk mengunjungi profil blogger yang berkomentar di blognya teman tersebut yang belum kami kunjungi.
  5. Kunjungi Blogger Lain
    Seperti yang telah disebutkan di poin 4 diatas, dengan mengunjungi blog orang lain terlebih dulu maka ada opsi yang bisa kami dapatkan yaitu dia mengetahui blog kami dan bisa mengunjungi blog ini juga. Semakin banyak blog baru yang dikunjungi semakin banyak teman dan aneka jenis blog yang bisa kami ketahui.
  6. Komentar Relevan
    Saat kami mengunjungi blog teman-teman, sebisa mungkin kami untuk mengomentari artikel yang kami baca sesuai dengan isi bacaan. Dan seingat kami, kami belum pernah berkomentar dengan kalimat seperti ini "Terimakasih artikelnya keren, kunjungi balik dong blog saya" atau seperti ini "Salam kenal, kunjungi balik ya". Terserah teman-teman sih sebenarnya mau berkomentar apapun, namun alangkah baiknya untuk berkomentar sesuai dengan isi artikel yang dikomentari tersebut.
  7. Jangan Memasang Link atau Promosi Di Komentar
    Banyak yang mengatakan memasang link didalam komentar akan memperburuk rank blog Anda dan blog yang dikomentari. Kalau mau menanam link, buatlah blog dengan topik yang sama dengan menggunakan platform blog yang berbeda. Itu lebih baik daripada harus memasang link di blog orang lain tanpa izin. Karena memasang link didalam komentar tersebut disebut cara spam atau spammer.

    Begitu juga dengan berpromosi, jangan promosi di kolom komentar artikel blog orang lain, tidak baik. Lebih baik kalau memang punya produk buatlah review tentang produk tersebut didalam blog Anda sendiri.
Baca Juga Cara Sederhana Membesarkan & Membuat Blog Terkenal

Selain cara diatas mungkin masih ada cara-cara yang lain yang harus dilakukan oleh seorang blogwalker karena setiap blogger pasti ada dan punya cara tersendiri dalam melakukan blogwalking. Misalnya biasanya banyak yang menganjurkan saat melakukan blogwalking harus memilih blog dengan topik atau niche yang sama. Cara ini bagus juga, tapi yang namanya blogwalking, yang namanya teman-teman blogger yang mengunjungi blog kita tentunya mereka berasal dari blog dengan berbagai topik yang berbeda. Kalau dalam blogwalking memilih harus dengan topik yang sama atau mirip-mirip, menurut kami itu terlalu ruwet. Blogwalking itu happy, jangan bikin yang happy jadi ruwet. Itu menurut kami loh... :)

Itulah cara blogwalking yang kami lakukan selama ini namun jika kami akhir-akhir jarang blogwalking bukan berarti sudah tidak mau melakukan tapi karena memang ada rutinitas offline yang membatasi kami, bahkan untuk update artikel-artikel terbaru agak terhambat. Namun semua itu tidak menjadikan kami untuk berhenti memberikan yang terbaik untuk blog ini dan tetap bersilaturahim dengan teman-teman blogger lainnya :)
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.