Skip to main content
Cara Melakukan & Membuat Custom Domain Blogspot

Cara Melakukan & Membuat Custom Domain Blogspot

Cara Melakukan & Membuat Custom Domain Blogspot - Apa itu custom domain? Custom domain itu adalah merubah alamat (url) subdomain blog menjadi alamat domain. Misalkan Anda punya blog dengan alamat url "jenisbungafavorit.blogspot.com" dan ingin dirubah menjadi "jenisbungafavorit.com", nah itulah yang dinamakan custom domain. Custom domain bisa dilakukan pada subdomain manapun, tidak hanya pada blog-blog yang menggunakan Blogspot saja tapi juga bisa dilakukan pada blog yang menggunakan subdomain di Wordpress.com, Tumblr, dan sebagainya.

Dengan melakukan custom domain ini akan membuat blog Anda terlihat lebih profesional karena memiliki alamat domain tunggal. Jika awalnya tampilan alamat domainnya masih ada embel-embel Blogspot.com, dengan custom domain hanya menampilkan nama dari alamat domain tersebut. Seperti yang telah dicontohkan diatas, "jenisbungafavorit.blogspot.com" menjadi "jenisbungafavorit.com". Perubahan ini tentunya tidak hanya membuat tampilan alamat domain menjadi singkat, tapi juga mempermudah orang lain mengingat alamat domain blog Anda.

Cara Melakukan & Membuat Custom Domain Blogspot
Custom domain menjadi satu-satunya cara yang saat ini banyak dilakukan oleh semua blogger, termasuk blog Digital Poin ini. Blog ini awalnya adalah "digital-poin.blogspot.com" dan setelah di custom berubah menjadi "digitalpoin.com". Apakah alamat url blog sebelumnya masih bisa diakses? Tentu saja bisa namun langsung diarahkan ke alamat domain yang telah menggantikannya. Lalu bagaimana cara melakukan custom domain blog saya? Melakukan custom domain untuk blog itu sangat mudah, tergantung Anda sendiri apakah mau merubah alamat blog atau tidak, jika tidak maka tidak perlu melakukan custom karena custom ini tidak wajib dilakukan. Namun jika blog Anda berisi tentang usaha atau bisnis, lebih baik gunakan alamat domain tersendiri atau bisa yang lebih baik lagi, domain dan hosting.

Bagaimana Cara Melakukan & Membuat Custom Domain Blogspot?

Untuk membuat custom domain, yang pertama harus Anda lakukan adalah memiliki alamat domainnya dulu. Jika belum mempunyai domain, silahkan beli di beberapa layanan penyedia domain. Untuk lebih mudahnya, gunakan saja penyedia domain lokal seperti Dracoola, Idwebhost, Domainesia, Niagahoster, Dewaweb, Rumahweb, Pusathosting, Qwords, dan banyak lagi yang bisa ditemukan di Google. Nah, pada artikel ini, kami akan membahas custom domain pada keempat layanan penyedia domain yaitu Dracoola, Idwebhost, Domainesia, dan Niagahoster.

Agar panduan custom domain ini bisa Anda ikuti dengan baik. Sebelumnya, silahkan siapkan dulu domain dan beli di salah satu layanan penyedia domain diatas yaitu Dracoola, Idwebhost, Domainesia, dan Niagahoster.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan Setting pada Blogspot. Apapun layanan yang Anda gunakan untuk custom domain, langkah pertama ini adalah sama. Berikut caranya:
  1. Buka dashboard blogger Anda, sehingga tampilannya seperti berikut dan pilih menu Setelan
    Cara Custom Domain di Dracoola
  2. Klik link +Siapkan url pihak ketiga untuk blog Anda.
    Cara Custom Domain di Dracoola
  3. Masukkan alamat domain kedalam kolom. Masukkan alamat domain secara lengkap, contohnya: www.jenisbungafavorit.web.id
    Cara Custom Domain di Dracoola
    Cara Custom Domain di Dracoola
  4. Lalu klik Simpan
    Cara Custom Domain di Dracoola
  5. Jika muncul tampilan halaman seperti ini, silahkan simpan kode CNAME blog Anda yang akan digunakan untuk melakukan custom dilayanan domain yang telah Anda pilih.
    Cara Custom Domain di Dracoola
    Kode CNAME:
    • www ghs.google.com
    • 4zt*******q g***********************hosted.com
Pengaturan DNS dan CNAME dilakukan dimasing-masing layanan penyedia domain. Disini kami memberikan contoh layanan domain di Dracoola. Silahkan ikuti panduannya dibawah ini:
Cara Custom Domain Blogspot di Dracoola.com
  1. Jika belum memiliki akun di Dracoola, silahkan daftar dulu di www.dracoola.com
  2. Setelah melakukan register, beli domain di Dracoola. Coba Anda beli domain dengan ekstensi web.id. Pada saat melakukan pembelian dan update artikel ini, harga domain web.id hanya Rp 10.000. Siapkan juga KTP/Paspor sebagai verifikasi identitas.
  3. Jika sudah melakukan pembelian, transfer, dan verifikasi aktifasi domain dengan menggunakan KTP.
  4. Agar aktivasi segera dilakukan, beritahu pihak Dracoola melalui chat yang ada websitenya. Untuk bukti KTP, pihak Dracoola meminta untuk dikirimkan melalui email yang diberitahu saat melakukan chat.
  5. Setelah data diri berupa KTP sudah terkirim, silahkan lakukan chat lagi dan beritahukan mereka kalau tanda bukti KTP sudah terkirim.
  6. Selanjutnya akan ada pemberitahuan kalau domain yang dipesan sudah diaktivasi dan agar segera dilakukan pengaturan DNS melalui link yang dikirim melalui email yaitu http://*****.dracoola.com/user/login dan ikuti intruksi yang ada di email tersebut.
  7. Setelah masuk kehalaman http://*****.dracoola.com/user/dashboard akan tampil halaman seperti berikut dan klik link blog, misalkan dalam contoh gambar dibawah ini jenisbungafavorit.web.id
    Cara Custom Domain di Dracoola
  8. Setelah link jenisbungafavorit.web.id di klik akan muncul Domain Manage seperti gambar dibawah ini, klik Domain Manage
    Cara Custom Domain di Dracoola
  9. Selanjut akan tampil seperti gambar dibawah dan klik Manage DNS (manage)
    Cara Custom Domain di Dracoola
  10. Klik register pada link here sehingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini dan klik +Add New Record
    Cara Custom Domain di Dracoola
  11. Untuk A Record, masukkan semua kode IP berikut ini:
    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21
    Sehingga hasil lengkapnya seperti gambar dibawah ini:
    Cara Custom Domain di Dracoola
    Cara Custom Domain di Dracoola
    Cara Custom Domain di Dracoola
  12. Selanjutnya masukkan kode CNAME yang ada di blogspot. Perhatikan gambar berikut ini:
    Cara Custom Domain di Dracoola
    Cara Custom Domain di Dracoola
    Cara Custom Domain di Dracoola
    Cara Custom Domain di Dracoola
  13. Setelah berhasil mengisi settingan DNS managemennya, silahkan kembali ke halaman dashboard blogger Anda dan klik Simpan
    Cara Custom Domain di Dracoola
  14. Jika saat mengklik tombol Simpan belum ada perubahan dari halaman tersebut, biarkan beberapa saat terlebih dulu. Karena server sedang melakukan peralihan dari https://jenisbungafavorit.blogspot.com ke domain blog yang baru yaitu jenisbungafavorit.web.id. Proses ini dinamakan propagansi. Pengalaman kami saat melakukan pengalihan ini hanya sekitar 5 menit. Setelah itu klik Simpan lagi.
  15. Jika berhasil, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.
    Cara Custom Domain di Dracoola
  16. Dan alamat blog jenisbungafavorit.blogspot.com sudah menjadi jenisbungafavorit.web.id dan bisa diakses di internet.
  17. Selanjutnya lakukan pengaturan, klik Edit. Centang Alihkan jenisbungafavorit.blogspot.com ke www.jenisbungafavorit.web.id dan klik tombol Simpan
    Cara Custom Domain di Dracoola
    Cara Custom Domain di Dracoola
    Cara Custom Domain di Dracoola
Diatas adalah cara custom domain dengan ekstensi web.id atau .id lainnya, bagaimana jika domain menggunakan ekstensi .com? Untuk pengaturan CNAME dari domain .com berikutnya caranya:
  1. Pastikan Anda sudah berada di halaman member area dan sudah memiliki domain di Dracoola, jika belum memiliki domain, silahkan beli terlebih dulu. Untuk cara pembelian sama dengan poin yang diatas.
  2. Untuk mengatur DNS atau CNAME dalam melakukan custom domain, tidak bisa langsung mengakses halaman DNS Management atau Server. Inilah salah satu bedanya dengan layanan yang lainnya. Jika di layanan lainnya semua pengaturan langsung ada di Member Area. Di Dracoola untuk masuk ke DNS dan Server Domain, dibutuhkan akun untuk Login.
  3. Agar bisa menggunakan halaman DNS dan Server management, silahkan klik menu Help Desk dan buatlah Ticket. Pembuatan Ticket ini adalah untuk meminta akses ke halaman DNS dan Server Domain. Contoh permintaan Ticket untuk akses ke DNS Management Domain.
  4. Setelah membuat ticket, tunggu beberapa menit. Respon customernya sangat cepat kok.
  5. Selanjutnya akan ada balasan dari pesan ticket yang Anda buat. Isi balasannya adalah username dan password untuk mengakses DNS Management yang bisa di akses di park.dracoola.com
  6. Login ke park.dracoola.com menggunakan akun yang ada di permintaan ticket
  7. Setelah berhasil login di park.dracoola.com, dan lakukan setting DNS seperti pada poin
  8. Selesaikan pengaturan DNS CNAMEnya. Jika belum bisa, gunakan bantuan dan sampaikan ke pihak Dracoola agar dilakukkan setting custom domain.
Jika membaca cara melakukan custom domain di Dracoola diatas, mungkin terasa susah, tapi jika dilakukan langsung sebenarnya sangat mudah. Atau jika masih mengalami kesulitan dalam melakukan custom domain tersebut bisa langsung menggunakan ticket bantuan yang ada di halaman member area Dracoola untuk meminta bantuan agar dilakukan settingan DNS dan CNAME. Dengan senang hati mereka akan membantu sampai selesai.

Itulah cara melakukan dan membuat custom domian blogspot di salah satu layanan penyedia domain lokal yang bisa kami berikan yaitu Dracoola. Panduan ini mungkin bisa saja berubah sesuai dengan aturan dari layanan tersebut. Jika ada perubahan dari layanan tersebut, sebisa mungkin kami melakukan update pada artikel ini atau membuat artikel baru tentang custom domain ini. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.