Perbedaan Blog dan Website Serta Cara Membuat

Perbedaan Blog dan Website Serta Cara Membuat

Perbedaan Blog dan Website Serta Cara Membuat - Sampai sejauh ini masih banyak yang bingung antara blog dan website itu seperti apa. Perbedaan blog dan website masih menjadi bahan pembicaraan bahkan banyak yang keliru mendefinisikan atau menyebut keduanya. Ada yang mengatakan blog sama dengan website dan website tidak sama dengan blog. Ada juga yang mengatakan kalau blog adalah bagian dari website.

Apalagi bagi seorang pemula yang akan membuat blog, terkadang mereka mengatakan ingin membuat website padahal yang dimaksud adalah blog. Memang rata-rata ketika pertama kali ingin membuat sebuah blog, banyak yang menyebut website. Begitu juga dengan customer kami ketika kami bertanya "Mau buat blog atau website?" mereka menjawab "website". Bahkan mereka balik bertanya, "Blog itu apa?"

Perbedaan Blog dan Website Serta Cara Membuat
Jadi bingung sendiri kalau sudah ada yang menanyakan dan menjelaskan tentang perbedaan blog dan website ini. Memang keduanya memiliki kesamaan daripada perbedaan sehingga banyak yang bingung dengan keduanya. Apalagi sejauh ini bagi kebanyakan orang masih banyak yang lebih familiar dengan website daripada blog. Padahal keduanya saat ini sudah menjadi bagian dunia online yang sudah dimiliki oleh banyak orang. Sebenarnya apa sih perbedaan antara blog dan web?

Agar kedepannya tidak bingung, padahal kami sendiri kadang masih bingung juga, apalagi yang masih baru dalam mengenal dan membuat blog atau website, tentu akan memiliki pandangan berbeda antara keduanya.

Perbedaan Blog dan Website

Jika dilihat dari definisi yang kami temukan di Google atau dari beberapa sumber referensi, tentu keduanya hampir tidak memiliki perbedaan. Website adalah halaman online yang memiliki domain atau alamat url yang dibuat dan dikelola oleh individu, sekelompok orang, perusahaan, atau organisasi. Bagaimana dengan blog? Apakah blog tidak memiliki domain dan alamat url? Apakah blog tidak bisa dikelola oleh sekelompok orang atau digunakan untuk perusahaan?

Jika dilihat dari definisi blog sendiri, maka akan dibuat bingung dengan pengertian dari website diatas. Blog adalah web log yang berisi artikel tentang pengalaman, opini atau aktivitas dari pemilik blog itu sendiri. Bukankah website juga berisi konten tentang aktivitas pengelola web itu? Bukankah website juga berisi opini dan informasi lainnya?

Dari definisi diatas, bagaimana menurut Anda? Adakah perbedaan antara blog dan website? Tentu saja berbeda. Uraian diatas hanya sebagai gambaran antara blog dan website. Dari uraian diatas, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Memang jika dilihat dari masing-masing definisi, seakan-akan keduanya sama namun tidak. Website itu lebih luas cakupannya, dan blog merupakan bagian dari website.

Benar jika orang-orang lebih familiar dengan website. Karena secara umum memang seperti itu, orang lebih sering menyebut situs web dengan kata website dan bukan blog. Bahkan blog yang diakses pun disebut sebagai website. Atau kalau dilihat dari penampakan atau tampilan dari website yaitu google.com, okezone.com, wordpress.com, blogspot.com adalah contoh-contoh website yang sering digunakan oleh orang.

Sedangkan blog, merupakan bagian dari website yang digunakan oleh orang dalam melakukan aktivitas di internet. Misalkan kita mengakses website Blogspot.com, untuk apa mengakses Blogspot.com? Tentunya untuk membuat blog. Atau kita membuka website Wordpress.com, untuk apa membuka Wordpress.com, tentunya untuk membuat blog. Atau dulu pernah ada blog lokal yang sangat terkenal yaitu Blogdetik.com yang merupakan bagian dari websitenya Detik.com. Banyak sekali blog-blog yang merupakan bagian dari suatu website yang bisa diakses dan digunakan.

Jadi blog adalah salah satu jenis website. Semua blog pasti sudah bagian dari website. Namun tidak semua website adalah blog. Masih bingung juga dengan perbedaan keduanya?

Agar sama-sama lebih memahami perbedaan blog dan website, berikut kami jabarkan per poin perbedaan antara keduanya:
1. Konten atau isi
Kalau blog itu, umumnya berisi artikel, gambar-gambar, atau video yang membahas tentang satu atau beberapa topik yang biasanya konten tersebut disenangi atau berasal dari kebiasaan-kebiasaan pemilik blog yang dituangkan dalam berbagai konten. Konten atau artikel yang sering dibuat didalam blog yaitu tentang parenting, travel, teknologi, tutorial dan sebagainya.

Sedangkan website hanya berisi informasi tentang produk atau layanan. Misalnya Google, perusahaan yang satu ini terkenal dengan halaman pencariannya atau search engine. Namun lambat laun, Google mengembangkan perusahaannya dalam beberapa produk seperti Blogspot, Youtube, dll.

2. Update konten
Anda punya blog? Tentu Anda sering sekali melakukan update atau memperbarui konten atau artikel-artikel didalam blog Anda. Bahkan saking seringnya, dalam satu hari bisa update artikel sampai 5 artikel! Bener nggak? Bener dong, kalau ngga ada update konten, keberadaan blog akan mati suri. Dan konten adalah hal terpenting yang wajib di update dalam sebuah blog.

Berbeda dengan website, pernah melihat dan membuka website kampus Anda? Paling isinya hanya informasi tentang aktivitas kuliah yang update secara berkala. Misalkan ada info tentang penerimaan mahasiswa baru, nggak mungkin setiap hari memberikan informasi penerimaan mahasiswa baru? Cukup 1x update, selesai.

Namun tidak semua website seperti itu, bisa dilihat dari jenisnya juga. Misalnya website yang menyajikan berita atau info-info terbaru seperti Okezone.com, maka perlu melakukan update setiap hari.

3. Gaya bahasa dan komunikasi
Didalam blog penggunaan bahasa tidak terlalu terikat, bisa menggunakan bahasa formal atau non formal. Namun rata-rata bahasa blog menggunakan bahasa non formal atau bahasa gaul yang campur aduk dengan bahasa formal. Berbeda dengan sebuah website, tentunya harus menggunakan bahasa formal. Gak mungkin kan website perusahaan seperti Angkasa Pura I menggunakan bahasa gaul. Tapi gak ada ada salahnya juga ya, jika masa yang akan datang banyak perusahaan yang menggunakan bahasa gaul untuk website mereka, biar seru gitu :)

Begitu juga dengan komunikasi yang disampaikan, didalam blog, meskipun penulisan artikel atau konten terkadang menggunakan bahasa formal, pembaca artikel didalam blog tersebut tetap bisa menyampaikan saran, kritika, masukan, permintaan dan sebagainya melalui kolom komentar yang disediakan. Berbeda dengan website, jika website perusahaan Angkasa Pura I didalam setiap informasi yang mereka update, bisa ramai website tersebut, bahkan bisa ramai dengan spammer juga.

4. Pengelola dan kepemilikan
Sangat jelas, blog Digital Poin ini dimiliki oleh satu orang saja, dikelola, dikembangkan dan dioptimalkan sendirian, baik dalam penulisan konten, mendesain tampilan, dan sebagainya, dikelola sendiri. Itulah salah satu hebatnya seorang blogger, bekerja tanpa lelah meskipun mata sampai memerah karena kelamaan didepan laptop tanpa berkedip.

Sedangkan website, dikelola oleh banyak orang yang terdiri dari designer, developer, dan copywriter atau writer. Masing-masing bidang sudah ada orangnya. Sudah ada yang mengurus.

5. Pembagian konten
Kalau di website itu, kontenya terbagi sesuai produk dan layanan yang dimilikinya. Misalkan Google, Google memiliki beberapa produk layanan yang banyak digunakan oleh orang seperti Search Engine, Blogspot, Youtube, Adsense, Google Ads, Google Drive dan sebagainya. Berbeda dengan dengan blog, didalam setiap kontennya terbagi kedalam tags, labels atau category.

Memang perbedaan blog dan website ini terkadang menimbulkan kerancuan tersendiri. Semoga dari ulasan diatas bisa memberikan gambar yang bisa dimengerti tentang perbedaan keduanya. Jika belum paham, bisa dibaca lagi dari atas ya :) Oiya, judulnya kan cara membuat blog atau website. Untuk yang ingin belajar membuat blog, silahkan baca Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com) Terlengkap & Terbaru
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

Tidak ada komentar