Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Cara Memilih Topik (Niche) Blog Agar Blog Dikelola Dengan Baik

Cara Memilih Topik (Niche) Blog Agar Blog Dikelola Dengan Baik
Cara Memilih Topik (Niche) Blog Agar Blog Dikelola Dengan Baik - Sebelum membuat blog salah satu hal yang sangat penting untuk disiapkan adalah tentang topik blog yang akan dibahas pada blog tersebut. Jika topik atau niche blog ini sudah benar-benar disiapkan maka dalam mengelola dan mengembangkan blog yang akan dibuat akan lebih mudah. Untuk itulah dari beberapa panduan yang kami berikan, kami selalu menganjurkan untuk selalu menyiapkan materi yang akan dibahas pada blog mereka.

Seperti yang telah kami tulis pada artikel kami sebelumnya tentang topik (niche) blog, dalam pemilihan topik blog lebih baik menggunakan 1 topik saja. Kenapa? Dalam mengelola blog dengan satu niche sebenarnya jauh lebih mudah dan tentunya akan memberikan hasil lebih baik daripada memiliki blog dengan banyak niche atau blog campur-campur atau yang lebih dikenal dengan blog gado-gado. Apa itu blog gado-gado? Blog gado-gado adalah blog yang membahas banyak topik atau banyak niche. Banyak bahasan yang yang dibahas didalam blog tersebut, campur aduk jadi satu.

Baca juga: Cara Menemukan dan Menentukan Niche (Topik) Blog Sebelum Membuat Blog

Cara Memilih Topik (Niche) Blog Agar Blog Dikelola Dengan Baik

Memilih Satu Niche Blog atau Lebih

Dan tahukah Anda kalau membuat blog gado-gado itu sebenarnya akan membuat Anda lebih sulit dalam mengembangkan blog Anda. Kok bisa? Bukankah blog dengan banyak materi akan lebih mudah dalam menulis artikel dan apapun bisa ditulis tanpa harus terfokus pada satu topik? Benar banget, dengan blog campur-campur seperti itu Anda bisa menemukan berbagai materi untuk ditulis kedalam blog Anda. Tapi tahukah Anda kalau itu akan membuat Anda akan merasa kesulitan saat mencari artikel yang berhubungan dengan artikel yang Anda tulis sebelumnya.

Misalkan hari ini Anda menulis tentang "Perjalanan Menyenangkan Ke Candi Borobudur", besok menulis tentang "Cara Membuat Ayam Betutu Dengan Bumbu Istimewa", kemudian besok lusa menulis tentang "Hasil Foto Kamera Ponsel Oppo F10", dan besoknya lagi menulis tentang "Binatang Unik yang Pernah Ada di Dunia". Begitu seterusnya, bermacam-macam topik yang dibahas didalam blog Anda. Memang mudah karena banyak materi yang akan dibahas namun itu juga yang akan membuat Anda merasa kesulitan. Dalam menulis artikel berikutnya, Anda akan berpikir "Besok saya akan menulis apa ya?", "Hmm belum ada materi nih buat nulis di blog", "Kira-kira apa lagi ya yang akan saya tulis?" dan seterusnya pertanyaan-pertanyaan yang sama akan selalu Anda alami.

Banyak yang mengatakan kalau membuat blog dengan banyak materi atau lebih dari satu topik lebih mudah dalam mendapatkan materi yang akan ditulis. Bahkan jika tidak ada artikel, video atau gambar apapun yang menurutnya menarik bisa dimasukkan kedalam blog.

Mungkin pembahasan artikel ini akan banyak ditentang oleh teman-teman blogger yang memiliki blog dengan beragam niche atau beragam materi. Maaf sebelumnya, bukannya kami tidak setuju dengan blog-blog gado-gado tersebut, malahan dengan adanya blog tersebut membuat kami sangat senang karena kami bisa menemukan berbagai topik yang bisa kami saring dan dijadikan blog baru dengan menggunakan satu topik. Misalkan kami membaca artikel di blognya Mang Maman di www.saungmaman.com, banyak topik yang bisa dijadikan sumber topik dalam membuat blog baru.

Atau mau mencari topik tentang Lifestyle atau info-info artis terbaru, buka saja Okezone.com, disana banyak sekali pembahasan mengenai topik lifestyle atau info artis dan jadikan satu topik kedalam blog Anda. Jadi blog gado-gado selain memberikan infomasi yang beragam, juga sangat bermanfaat sebagai sumber ide dalam pembuatan blog baru dengan memilih salah satu topik didalamnya.

Bagaimana dengan blog yang menggunakan satu niche atau satu topik? Bukankah lebih sulit lagi dalam mencari materi artikelnya? Sebenarnya sama mudahnya dengan blog gado-gado, tergantung dari penulis blog itu sendiri dalam mendapatkan ide-ide dalam membuat artikel selanjutnya.

Cara Memilih Topik (Niche) Blog Agar Blog Dikelola Dengan Baik

Jika Anda ingin menggunakan 1 topik didalam blog Anda, beberapa cara dibawah ini bisa dilakukan dengan baik. Bahkan dalam keadaan tidak menemukan ide dalam membuat artikel atau konten untuk blog Anda, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Bahkan dengan cara ini, kemungkinan besar dari segi Optimasi, artikel tersebut bisa cepat terindeks dan bisa muncul di halaman depan Google. Cara ini adalah cara dasar dalam tehnik SEO dalam pembuatan artikel.

Bahkan dengan cara ini, Anda tidak perlu menggunakan tool-tool khusus dalam mencari keyword atau kata kunci yang bisa bersaing di halaman depan Google, silahkan diterapkan. Dan berikut caranya:

1. Pilih Satu Topik Utama
Seperti yang telah kami jelaskan diatas, pilih satu topik blog yang disenangi oleh Anda. Jika tidak ada topik blog yang disenangi, kami memberikan beberapa pilihan yang bisa dijadikan topik blog Anda:
  1. Kesehatan
  2. Penyakit
  3. Kecantikan
  4. Teknologi
  5. Travel
  6. Kendaraan
  7. Asuransi
  8. Olahraga
  9. Pendidikan
  10. Resep atau Kuliner
  11. Masakan dan minuman
  12. Dll.
2. Topik Turunan
Setelah menentukan dan memilih salah satu topik utama yang telah disebutkan diatas untuk dijadikan artikel kedalam blog Anda. Saran kami, jangan langsung membuat artikel dengan dengan topik utama tersebut. Tapi carilah topik turunannya.
Misalkan topik utama yang dipilih adalah Penyakit, maka topik turunannya bisa macam-macam yaitu:
  1. Penyakit kulit
  2. Penyakit metabolisme
  3. Penyakit tulang
  4. Penyakit kardiovakuler
  5. Penyakit tidak menular
  6. Penyakit hipertensi
  7. Penyakit paru
  8. Dll.
3. Buat Artikel Topik Turunan
Setelah memilih atau memiliki topik turunan dari topik utama yang akan dibahas kedalam blog, maka buatlah artikelnya. Misalkan topik turunan yang dipilih adalah tentang "Penyakit Hipertensi", maka beberapa judul berikut bisa dijadikan bahan dalam pembuatan artikel:
  1. Apa Itu Penyakit Hipertensi?
  2. Penyebab, Gejala, dan Masalah Hipertensi
  3. Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Hipertensi
  4. Makanan dan Minuman yang Mencegah Hipertensi
  5. Usia yang Sering Mengalami Hipertensi
  6. Cara Mudah Mencegah Hipertensi Dengan Pola Hidup Teratur
  7. Olahraga yang Mampu Mencegah Hipertensi
  8. Hipertensi Bisa Menyebabkan Gangguan Saraf dan Stroke
  9. Hipertensi Bisa Menyebabkan Penyakit Jantung
  10. Stress Berlebih Bisa Menjadi faktor Penyebab Hipertensi
Dari ke-10 judul dari topik blog tentang "Penyakit Hipertensi" diatas bisa menjadi 100 artikel lebih dalam waktu singkat dan sangat mudah. Bahkan Anda tidak perlu berbulan-bulan dalam membuat artikel ratusan dalam satu blog. Bagaimana caranya? Kami akan membahas lebih lanjutnya pada artikel selanjutnya. Untuk saat ini, Anda sudah bisa mendapatkan ide yang lebih baik lagi dalam mengelola blog dengan satu niche atau satu topik.

Atau jika Anda bisa menganalisa dari ke-10 judul artikel diatas, Anda bisa menerapkannya langsung kedalam blog Anda. Cara diatas bisa dilakukan untuk topik apapun, sekalipun Anda tidak menguasainya. Namun yang menjadi masalahnya adalah bagaimana cara menulis artikelnya? Dari mana bahan artikelnya? Untuk mendapatkan artikel yang original dan tanpa copypaste, akan kami bahas pada artikel berikutnya. Kalau dijelaskan semua diartikel ini, kurang baik nanti belajarnya karena terlalu panjang.

Itulah cara memilih topik (niche) blog agar blog dikelola dengan baik meskipun hanya menggunakan satu topik yang akan dibahas. Oiya, cara ini malah akan lebih bagus lagi jika diterapkan kedalam blog gado-gado. Karena didalam blog gado-gado tersebut memuat banyak topik. Dari setiap topik bisa diambil topik turunannya. Sehingga akan menghasilkan puluhan artikel yang bagus dan baik.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.