Skip to main content
Yuk Belajar Wesbite!

Cara Menemukan dan Menentukan Niche (Topik) Blog Sebelum Membuat Blog

Cara Menemukan dan Menentukan Niche (Topik) Blog Sebelum Membuat Blog
Cara Menemukan dan Menentukan Niche (Topik) Blog Sebelum Membuat Blog - Membuat blog sebenarnya sangat mudah dilakukan, bagi pemula sekalipun. Karena sudah banyak tutorial yang bisa ditemukan di Google atau di Youtube. Begitu juga dengan konsistensi adalah bagian kedua yang memang harus dilakukan setelah memiliki blog. Lantas apa yang harus dilakukan sebelum membuat blog? Sebelum membuat blog yang pertama yang wajib dilakukan adalah menemukan dan menentukan topik atau niche blog.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com) Terlengkap & Terbaru

Cara Menemukan dan Menentukan Niche (Topik) Blog Sebelum Membuat Blog
Apa itu Niche Blog?
Kalau diterjemahkan secara langsung agak rumit, lebih baik dibahas yang lebih gampang aja. Gampangnya gini aja, Niche itu adalah apa yang akan dibahas pada blog yang akan dibuat. Niche bisa juga disebut sebagai Topik Blog. Bisa juga disebut Materi Blog. Niche atau Topik atau Materi blog apa yang akan dibahas, ini yang harus ditentukan dulu sebelum membuat blog.

Jadi simpelnya mengenai apa itu niche blog seperti yang telah disebutkan diatas, topik atau materi apa yang akan dibahas pada blog yang akan dibuat. Blog Anda tentang apa? Apa yang akan dibahas pada blog Anda? Tentang apa isi blog Anda? Kita contohkan, blog yang akan dibuat adalah tentang Jenis Bunga. Maka yang dibahas pada blog tersebut adalah Bunga, Bunga Mawar, Bunga Matahasi, Bunga Melati dan berbagai jenis bunga yang akan dibahas pada blog tersebut.

Kenapa Harus Menentukan Niche / Topik Blog Terlebih Dulu?
Agar fokus dan konsisten! Itulah tujuannya. Jika dari awal tidak menentukan niche atau topik blog maka dalam pengelolaan blog kedepannya akan terasa sulit dan ujung-ujungnya blog tidak akan terurus. Hal ini sudah kami temukan dari beberapa calon blogger yang melakukan konsultasi ke kami tentang pembuatan blog. Mereka gagal mengelola blog yang mereka buat karena masalah topik ini.

Menentukan niche blog sangat penting karena berhubungan dengan konten atau artikel yang akan dibuat atau ditulis pada blog. Jika niche blog tidak ditentukan dengan baik, maka dalam membuat konten, baik itu konten yang berupa artikel, gambar atau video akan mengalami kendala. Karena pembahasan pada blog tidak ditentukan sebelumnya. Untuk itu, tentukan dulu niche atau topik blog yang akan dibuat dan setelah itu pikirkan tentang cara menghasilkan uang melalui blog Anda.

Bagaimana Cara Menemukan dan Menentukan Blog yang Akan Saya Buat?

Ini lah pertanyaan awal yang harus Anda tanyakan sebelum membuat blog. Membuat bertanya tentang Bagaimana cara membuat blog? Sekali lagi, kalau membuat blog itu gampang banget, beneran gampang. Tutorialnya juga sudah banyak sekali di Google. Yang susah itu topik yang akan dibahas pada blog yang akan dibuat. Kalau Anda membuat blog, pasti sudah langsung jadi dalam sekejap, namun setelah Anda membuat blog pasti Anda akan bertanya-tanya, Lalu apa yang harus saya lakukan?

Inilah pentingnya menentukan topik blog sebelum membuat blog. Dengan menentukan topik atau bahasan yang akan dibahas dalam blog Anda, maka selanjutnya dalam mengelola blog, dalam mengisi blog dan dalam mengembangkan blog akan lebih mudah.

Untuk menentukan topik atau apa yang akan dibahas dalam blog Anda adalah bisa ditemukan dari kebiasaan Anda sehari-hari. Tentukan dan buat topik (niche) blog Anda sesuai dengan kebiasaan yang terbiasa dilakukan setiap hari. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Banyak. Misalnya Anda terbiasa merawat bunga. Maka buatlah topik tentang bunga.

Kebiasaan-kebiasaan ini bisa juga diambil dari hobby Anda. Jadikan hobby Anda sebagai topik blog yang akan dibahas kedalam blog yang akan dibuat. Misalnya hobby Anda adalah memasak, maka topik blognya adalah tentang Masakan, Resep Masakan, dan sebagainya berhubungan dengan masakan.

Atau topik (niche) blog yang akan dibuat tentang Pekerjaan Anda. Bisa, misalkan pekerjaan Anda adalah seorang tenaga kesehatan atau Anda bekerja di Salon Kecantikan, maka buatlah topik blog tentang Kesehatan. Misalnya tips-tips sehat, tips kesehatan, tips sehat bagi manula, tips sehat anak, dan sebagainya. Anda juga bisa membahas topik tentang pendidikan jika Anda sebagai seorang guru.

Bisa juga topik blog Anda tentang video, misalkan video tutorial, video perjalanan, dan video-video unik yang original lainnya. Namun untuk membuat konten video ini, usahakan video yang dibuat adalah hasil karya sendiri. Bukan milik orang lain.

Saya tidak punya topik apapun, tapi saya saat sedang jualan. Apakah bisa saya membuat topik blog tentang jualan produk saya?
Bisa banget! Bahkan dengan meng-online-kan jualan Anda melalui blog, bisa jadi jualan Anda akan semakin laris manis. Lantas bagaimana cara membuat blog dengan topik jualan?

Silahkan Baca: Cara Membuat Blog atau Website Untuk Jualan Online

Banyak sekali topik-topik yang bisa dibahas yang bisa dijadikan bahan untuk artikel atau konten blog Anda. Dan kami sangat menyarankan, topik yang akan dibahas kedalam blog lebih baik sesuai dengan apa yang Anda Senangi atau sesuai dengan hobby Anda. Kenapa? Karena itu akan lebih mudah dalam membuat artikel atau konten tentang topik tersebut.

Jangan memilih topik blog yang tidak bisa Anda buat. Atau hal-hal yang tidak Anda sukai tapi dijadikan topik blog, jangan, apalagi bagi yang benar-benar pemula. Karena jika Anda melakukan hal ini, itu akan membuat blog tidak akan bisa terurus dengan baik. Berbeda dengan topik yang Anda senangi, misalnya Anda senang menanam Bunga. Maka, dalam membuat artikel akan jauh lebih mudah.

Berapa Topik yang Bisa Dibahas Dalam 1 Blog?
Berapa saja boleh, 10 topik berbeda dalam 1 blog, boleh-boleh saja. Namun untuk pemula yang baru membuat blog, kami sangat menyarankan untuk membuat 1 topik saja. Jangan berlebihan. Mulailah dalam membuat 1 blog 1 topik (niche), karena itu lebih berguna dan membuat Anda tetap fokus, konsisten dan jauh lebih mudah dalam mengembangkan blog Anda.

Bahkan jika Anda memiliki tujuan untuk menghasilkan uang melalui blog Anda tersebut. Cara ini jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Untuk itu, agar tetap fokus dalam mengelola blog Anda, pilih saja 1 topik blog yang akan dibahas. Setelah Anda benar-benar menguasai topik bahasan blog tersebut, Anda bisa membuat blog-blog yang lain dengan 1 topik bahasan lagi. Selanjutnya, barulah Anda bisa membuat blog dengan berbagai topik bahasan.

Dan tentunya ada beberapa alasan lainnya, kenapa harus memilih satu topik (niche) blog. Silahkan baca ulasannya di Kenapa Harus Memilih Satu Niche Blog?

Itulah cara menemukan dan menentukan niche (topik) blog yang bisa Anda lakukan sebelum membuat Blog. Ingat, jangan mudah tergoda dengan topik-topik blog yang menarik, jika Anda tidak bisa membahasnya kedalam blog Anda. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.