Skip to main content

Apa itu Blog?

Apa itu Blog?
Apa itu Blog? Itulah pertanyaan awal ketika Anda mendengar kata blog dan bahkan mungkin menjadi penasaran ketika Anda akan membuat blog. Blog, adalah media yang digunakan untuk menampilkan artikel, gambar, video dan apa saja yang bisa di akses di internet. Apakah blog sama dengan website? Hampir sama, tapi tidak sama. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Blog dan website memiliki persamaan dan perbedaan yang hampir mirip. Contoh sederhananya untuk melihat perbedaan antara keduanya adalah digitalpoin.com ini adalah blog, dan okezone.com adalah website.

Atau baca Perbedaan Blog dan Website Serta Cara Membuat

Pada awal kemunculan, blog itu hanya sekedar digunakan untuk menulis artikel-artikel pribadi. Seperti halnya buku diary, blog itu tidak lebih hanya untuk menampilkan artikel secara online. Namun seiring perkembangan zaman, keberadaan blog semakin hampir menyamai website bahkan untuk saat ini keduanya hampir tidak memiliki perbedaan. Karena blog dan website sama-sama digunakan untuk segala kebutuhan online.

Apa itu Blog

Apa itu Blog?

Blog sebenarnya berasal dari 2 suku kata yaitu web dan log yang diartikan sebagai catatan harian. Seperti yang telah disebutkan diatas, fungsi blog ini hampir sama dengan diary yaitu untuk menulis artikel dan dilakukan secara online, sedangkan diary dilakukan secara offline. Jadi, blog adalah halaman web yang berisi catatan atau tulisan dalam bentuk artikel yang dapat diakses secara online oleh pemiliki blog itu sendiri atau orang lain, untuk umum.

Dan seiring perkembangan zaman, hingga saat ini. Kepopuleran sebuah blog semakin meningkat karena fungsi dan manfaatnya yang sangat berguna bagi pemilik atau orang lain. Blog saat ini sudah tidak hanya sekedar berisi artikel atau gambar saja, tapi semua media atau berbagai informasi yang bisa ditampilkan di website juga bisa ditampilkan di blog. Sehingga muncullah istilah web 2.0.

Meskipun memiliki fungsi sama hampir sama, namun blog dan website tetap memiliki perbedaan. Agar tidak bingung antara blog dan webiste, berikut perbedaan antara keduanya:
  • Blog adalah platform khusus yang memudahkan untuk membuat artikel secara berkala berdasarkan waktu dan orang lain bisa memberikan komentar pada setiap artikel yang dibuat.
  • Website adalah sebuah platform khusus yang dibuat dengan berbagai fungsi sesuai kebutuhannya.
Lalu Apa itu Blog, Blogging dan Blogger?
Inilah salah satu keunikan dari sebuah blog, ada sebuah sebutan atau istilah antara blog itu sendiri, pemilik blog dan aktivitas dalam blog itu. Meskipun istilah ini juga bisa digunakan pada pemilik website, namun dunia blogging sudah lebih familiar digunakan. Berikut beberapa istilah dalam blog:
  1. Blog: Tempat untuk membuat artikel di internet.'
  2. Blogging: Kegiatan dalam menulis artikel di blog atau dikenal dengan istilah "ngeblog"
  3. Blogger: Orang yang menulis artikel di blog atau yang melakukan kegiatan ngeblog.
Dimana Dapat Melakukan atau Membuat Blog?
Dalam melakukan atau membuat blog, ada 2 jenis yang bisa digunakan yaitu blog berjenis hosted dan self-hosted. Untuk mengetahui keduanya, silahkan baca Blog Hosted dan Self Hosted.

Untuk blog hosted adalah layanan blog yang digunakan secara gratis alias tanpa bayar dan tidak membutuhkan hosting. Contohnya yaitu Blospot.com (Blogger.com), WordPress.com, Tumblr.com, Weebly.com, dan sebagainya yang bisa dicari di Google.

Sedangkan untuk blog self hosted adalah layanan blog berbayar dan membutuhkan hosting. Contohnya yaitu WordPress.org, Joomla.org, dan Drupal.org

Itulah sekilah tentang blog. Jika informasi yang ditulis ini kurang, silahkan Anda cari berbagai informasi tentang Blog di Google. Namun secara ringkasnya blog itu adalah seperti yang telah dijelaskan pada artikel ini, Apa itu Blog?
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.