Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Blog Hosted dan Self Hosted: Pengertian & Jenisnya

Blog Hosted dan Self Hosted: Pengertian & Jenisnya
Blog Hosted dan Self Hosted: Pengertian & Jenisnya - Dalam membuat blog yang paling umum digunakan ada 2 jenis yaitu Blogspot (Blogger) dan Wordpress. Untuk Wordpress sendiri masih dibagi menjadi 2 yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org. Diantara kedua blog ini, keduanya sama-sama memiliki pengguna yang banyak. Namun untuk pemula yang masih belajar dalam membuat blog, sangat disarankan memilih dan menggunakan Blogspot (Blogger.com). Blogspot lebih mudah digunakan, lebih mudah dimodifikasi tampilannya, dan bisa digunakan untuk belajar kode dan script.

Untuk blog hosted dan self hosted sendiri sebenarnya tidak hanya dikhususkan pada Wordpress tapi Blogspot juga bisa disebut sebagai blog hosted dan self hosted. Pada blog yang menggunakan Blogspot.com yang awalnya adalah blog hosted karena menggunakan hosting pada Blogspot itu sendiri, bisa berganti sebagai blog Selft Hosted jika saat dilakukan custom domain juga menyediakan hosting pada custom domain tersebut. Sehingga hasilnya akan memisahkan diri dari Blogspot. Bagaimana dengan kontennya?

Blog Hosted dan Self Hosted: Pengertian & Jenisnya
Untuk Blogspot yang berubah menjadi blog self hosted atau non hosted dengan konten tetap akan dijelaskan pada artikel berikutnya.

Blog Hosted dan Self Hosted: Pengertian & Jenisnya

Karena blog hosted atau non hosted (self hosted) umum digunakan pada blog berplatform Wordpress, maka pada artikel ini hanya dijelaskan mengenai keduanya.

Blog WordPress Hosted
WordPress Hosted adalah layanan platform WordPress yang menyediakan hosting langsung bagi pengguna. Penggunaan layanan ini adalah gratis dan nama blog masih "menumpang" pada Wordpress. Contoh alamat blognya misalnya www.digipoin.wordpress.com. Untuk membuat blog hosted seperti itu bisa menggunakan dan mengakses halaman www.wordpress.com

Baca Cara Membuat Blog di Wordpress.com Dalam 1 Menit

Blog WordPress Self Hosted
WordPress Self Hosted adalah layanan platform WordPress yang tidak menyediakan domain dan hosting. Untuk menggunakan layanan ini, pengguna (blogger) harus membeli domain dan hostingnya terlebih dulu dan melakukan pemasangan Wordpress.org kedalam hosting sehingga domain bisa diakses. Inilah yang disebut sebagai blog hosted karena membeli hosting sendiri dan tidak menumpang.

Penggunaan blog self hosted ini lebih sulit dari blog hosted, namun sangat bebas digunakan sesuai keinginan pengguna (blogger). Untuk pemula yang masih baru membuat blog, sangat disarankan untuk membaca artikel Cara Membuat Blog Self Hosted di Wordpress.org Dalam 5 Menit agar tidak bingung.

Atau untuk lebih mudahnya dalam belajar membuat blog untuk pertama kali, buatlah blog di Blogspot (Blogger.com). Baca Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com)

Itulah pengertian dan jenis blog hosted dan self hosted yang bisa Anda pahami terlebih dulu sebelum membuat blog. Untuk blog self hosted memang menjadi banyak pilihan para blogger dan internet marketing karena dengan menggunakan blog jenis ini, pengguna sangat bebas berkreasi, bisa memiliki email sendiri dan mengelolanya, bisa menyimpan data base pengunjung blog, dan bisa membuat web toko online, bisa digunakan untuk bisnis, dan sebagainya. Bahkan bisa dilakukan secara otomatis!
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.