--> Skip to main content
Menu

Cara Menambahkan Kolom Widget/Gadget Blog

Cara Menambahkan Kolom Widget Gadget Blog

Untuk menambahkan kolom widget/gadget blog tidak membutuhkan kode apapun yang harus digunakan karena untuk kolom widget ini Blogger sudah menyediakannya untuk anda. Namun perlu diketahui juga setiap widget yang ada, menyesuaikan dengan struktur kode template yang digunakan. Jika anda menggunakan template kustom maka tampilan tata letaknya mengikuti kode template tersebut.

Template kustom adalah template atau theme yang berasal dari luar template yang disediakan oleh Blogger itu sendiri. Contohnya adalah blog saya ini, blog ini menggunakan theme dari luar yang saya dapatkan dengan cara membeli. Sehingga saya tidak menggunakan template bawaan dari yang disediakan oleh Blogspot atau Blogger.

Begitu juga dengan penggunaan widget/gadget kolom yang juga mengikuti masing-masing struktur kode dari template yang digunakan. Sehingga untuk menggunakan bagian ini anda tidak perlu menggunakan atau menambahkan kode CSS untuk menambahkan kolomnya karena secara otomatis sudah ada dibagian menu halaman dasbor blog anda.

Sebelum membahas lebih lanjut, pembahasan tentang widget/gadget di artikel ini saya bahas menjadi beberapa bagian sehingga akan memudahkan dalam memahami apa itu widget dan gadget. Pembagian pembahasan ini saya bagi berdasarkan daftar isi berikut ini:

1. Apa itu Widget/Gadget?

Widget atau gadget pada Blogspot adalah elemen atau kolom yang memiliki fungsi khusus yaitu digunakan untuk menambahkan konten seperti teks atau artikel, gambar atau foto dan video. Serta untuk menambahkan struktur kode seperti CSS, HTML dan Script. Pemasangan widget ini bisa dilakukan di header, sidebar dan footer.

2. Apa Fungsi Kolom Widget/Gadget?

Fungsi kolom widget ini untuk menambahkan berbagai elemen yang sudah disediakan oleh Blogspot. Penambahan elemen ini sesuai dengan masing-masing fungsi yang digunakan. Selain itu, penambahan elemen ini juga bisa dilakukan sendiri.

3. Kenapa Harus Menggunakan Widget/Gadget?

Sebenarnya tidak harus untuk menggunakan widget ini karena beberapa widget yang disediakan oleh Blogspot, terkadang banyak yang tidak memiliki manfaat. Namun untuk beberapa elemen memang harus dipasang untuk menambah keterangan pada halaman blog.

4. Contoh Widget/Gadget

Contoh penggunaan kolom ini yang paling sering digunakan pada halaman blog adalah kolom widget Popular Post, Label, Arsip, Kolom HTML, Profil dan Pengikut Blog. Dan untuk jumlah gadget yang disediakan oleh Blogspot adalah sebanyak 24 gadget.

5. Efek Samping Penggunaan Widget/Gadget

Banyak yang menyimpulkan kalau menggunakan kolom widget terlalu banyak akan menyebabkan loading blog lambat. Memang betul khususnya untuk kolom-kolom berisi Script yang memberatkan loading blog.

6. Dimana Letak Kolom Widget/Gadget?

Untuk mengetahui letak widget ini, anda cukup membuka akun blogger dan masuk kebagian menu Tata Letak yang ada di dasbor blogger anda.

7. Apa Saja Isi Widget/Gadget?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, total ada 24 gadget yang kesemuanya bisa anda gunakan namun lebih baik jangan. Gunakan saja gadget yang benar-benar memiliki fungsi yang baik untuk pengguna blog anda. Ke 24 gadget tersebut yaitu:

  • Entri yang Diunggulkan atau Featured Post : Menampilkan postingan khusus yang dapat diatur secara manual. Untuk defaultnya menampilkan postingan terbaru.
  • Penelusuran Blog atau Blog Search : Kolom yang digunakan untuk menampilkan kolom pencarian di blog
  • HTML/Javascript : Ini adalah gadget dengan tampilan kolom kosong. Digunakan menambahkan kode script seperti CSS, HTML dan Jawascript.
  • Profile : Menampilkan informasi tentang pemilik blog yang ditampilkan dibagian sidebar.
  • Blog Archive atauArsip Blog : Digunakan untuk menampilkan postingan-postingan yang ada di blog.
  • Header Halaman atau Page Header : Menampilkan judul dan deskripsi blog.
  • Followers atau Pengikut : Untuk mendampilkan daftar pengguna yang mengikuti blog anda.
  • Image atau Gambar : Untuk menambahkan gambar.
  • Label : Menampilkan semua atau sebagian label yang dipilih oleh kita.
  • Pages atau Halaman : Menampilkan daftar halaman blog seperti About, Contact, Privacy dll.
  • Link List atau Daftar Link : Lntuk menampilkan link situs atau blog orang lain, sosial media, dan sebagainya.
  • Teks : Untuk menambahkan teks atau tulisan yang ingin ditampilkan di blog.
  • Popular Post atau Postingan Populer: Untuk menampilkan daftar postingan palin populer. Maksimal hanya 10 postingan yang bisa ditampilkan.
  • Blog's Stats atau Statistik Blog: Menampilkan jumlah penayangan blog.
  • Blog List atau Daftar Blog : Merupakan blogroll yang digunakan untuk menampilkan blog-blog favorit.
  • Feed : Menambahkan konten dari feed RSS atau Atom.
  • Logo : Menampilkan logo Blogger.
  • Subscription Links atau Tautan Berlangganan: Memudahkan pembaca blog berlangganan melalui feed populer.
  • Translate atau Terjemahan : Memudahkan pengunjung menerjemahkan blog ke berbagai bahasa.
  • List atau Daftar : Memudahkan menambahkan daftar berbagai list seperti film favorti atau buku-buku favorit.
  • Contact Form atau Formulis Kontak : Form kontak yang digunakan untuk menghubungi pemilik blog.
  • Wikipedia : Memudahkan anda dan pengunjung membuka situs wikipedia.
  • Attribution : Menampilkan data atribusi blog yang biasanya berada dibagian footer blog. Atribusinya biasanya berisi keterangan Hak Cipta untuk blog atau website.
  • Repost Abuse atau Laporkan Penyalahgunaan : Membantu pengunjung blog melaporkan konten yang tidak pantas. Laporan ditujukan ke pihak Blogger atau Google.

Dan beberapa gadget yang sebelumnya ada tapi sudah dihapus oleh Blogger yaitu gadget Adsense, +1 Button, Google+ Followers, dan Google+ Badge dan beberapa gadget lainnya.

8. Menambahkan Kolom Widget/Gadget

Bagaimana cara menambahkan kolom widget? Untuk memasang kolom ini caranya sangat mudah sekali, ikuti beberapa langkah sederhana ini yaitu:

  1. Buka akun Blogger anda untuk masuk ke dasbor blog.
  2. Pilih menu Tata Letak (Layout)
  3. Pada tampilan halaman menu Tata Letak ini terdapat beberapa kolom. Lalu klik pada kolom yang ada tulisannya + Tambahkan Gadget atau + Add a Gadget.
  4. Dengan mengklik + Tambahkan Gadget akan muncul jendela melayang berisi 24 gadget yang sudah saya sebutkan diatas. Pilih gadget apa yang ingin anda pasang dengan cara mengklik gadget yang diinginkan atau mengklik tanda + disebelah kanan.
  5. Selanjutnya klik tombol Simpan atau Save untuk menyimpan kolom gadget yang sudah dipilih.
  6. Selesai dan perhatikan menu Tata Letak pada kolom yang ditambahkan widget/gadget baru tersebut. Akan muncul disana. Tampilan penambahan kolom ini juga tampil di halaman blog anda.

9. Kode CSS Widget/Gadget

Apakah untuk membuat kolom widget ini membutuhkan kode CSS atau Script? Tidak. anda sudah tidak perlu repot-repot untuk menambahkan kode CSS atau kode script karena kolom widget ini sudah terbentuk secara otomatis mengikuti struktur kode template yang anda gunakan.

Namun untuk isi tampilan dari gadget yang ditambahkan, masih bisa di edit dan diatur menggunakan kode CSS atau script seperti untuk mempercantik tampilan widget Populer Post, widget Featured Post, widget Label, widget Profil dan sebagainya. Biasanya untuk tampilan widget-widget ini sudah berubah pada penggunaan template kustom.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]