--> Skip to main content
Menu

8 Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid

8 Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid

8 Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid - Kebanyakan wanita pasti merasakan nyeri saat akan tiba atau ketika haid

8 Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid

8 Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid - Kebanyakan wanita pasti merasakan nyeri saat akan tiba atau ketika haid. Rasa sakit yang dirasakan setiap wanita berbeda, ada nyeri yang tergolong biasa atau bahkan tidak terasa. Akan tetapi ada juga wanita yang merasakan nyeri hingga menyebabkan kram pada perut. Lalu bagaimana cara mengatasi kram perut saat haid?

Perbanyak Minum Air Putih

Pada saat menstruasi atau haid, jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh mengalami peningkatan. Hal ini terjadi karena banyak tenaga yang dikuras dan digunakan untuk mendorong hingga luruhnya dinding rahim.

Memperbanyak minum air putih akan membantu meringankan rasa sakit saat datang bulan. Selain meminum air, bisa juga memakan makanan yang mengandung banyak air, seperti semangka, mentimun, buah beri, seledri, dan selada.

Konsumsi Makanan yang Sesuai

Makanan yang kaya serat dan rendah lemak akan sangat membantu meredakan rasa nyeri saat haid. Hindari makanan cepat saji, gorengan, dan makanan apapun yang mengandung banyak lemak.

Sebagai gantinya, makanlah jenis biji-bijian, kacang-kacangan, buah, dan sayuran hijau. Beberapa jenis makanan tersebut yaitu seperti beras merah, pepaya, buncis, alpukat, pisang, plum, dan sebagainya.

Bergerak Secara Aktif

Bergerak aktif seperti melakukan olahraga ringan akan melepaskan hormon endorfin yang berfungsi untuk meminimalisir rasa sakit. Hormon tersebut juga bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah seperti jalan santai, lari-lari kecil, dan yoga.

Baca Juga: Manfaat Daun Alpukat Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Sebuah penelitian pada 2011 menyebutkan bahwa terdapat tiga pose yoga yang dapat mengatasi kram perut saat haid secara efektif. Ketiga pose tersebut adalah ikan, kobra, dan kucing. Walaupun haid membuat malas beraktivitas, tetapi sebisa mungkin paksakan tubuh untuk bergerak.

Meminum Obat Pereda Nyeri

Meminum obat pereda nyeri akan menghilangkan rasa sakit yang dirasakan saat menstruasi. Namun, apakah berbahaya jika meminum obat pada saat haid? Pertanyaan tersebut sering diutarakan oleh sebagian wanita yang belum memahami hal ini.

Meminum obat saat datang bulan diperbolehkan dan tidak berbahaya, asalkan sesuai dengan petunjuk yang diarahkan oleh dokter. Namun, jika masih ragu-ragu, kamu dapat melakukan hal lain yang dapat menghilangkan rasa nyeri saat haid.

Kompres Air Hangat

Biasanya rasa nyeri timbul saat hari pertama haid. Penggunaan kompres air hangat secara tidak langsung dapat menghilangkan rasa sakit saat datang bulan. Konsep kerja kompres air hangat sebenarnya hampir sama dengan obat pereda nyeri.

Saat haid, dinding rahim mengalami peluruhan. Perut yang dikompres menggunakan air hangat akan menyebabkan percepatan proses peluruhan dinding rahim, sehingga rasa sakit dan kram yang ada di perut pun akan berkurang.

Melakukan Pijatan Relaksasi

Jika beberapa cara di atas belum menghilangkan rasa nyeri pada perut, hal lain yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pijatan. Melakukan pijatan pada beberapa titik tubuh dipercaya dapat meringankan rasa nyeri. Pijatan dapat dilakukan dengan posisi tidur, dan memijat pada titik akupuntur.

Mengoles Minyak Esensial pada Perut

Penelitian National Center for Biotechnology Information menyatakan bahwa pijatan menggunakan minyak esensial akan lebih membantu daripada minyak pijat biasa. Cara ini mungkin bisa dicoba jika pijatan menggunakan minyak biasa tidak terlalu berpengaruh.

Mengonsumsi Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yang mengandung kurkumin, kandungan tersebut dapat mengatasi PMS atau sindrom pramenstruasi. Cara kurkumin bekerja adalah dengan menghambat pelepasan prostaglandin yang berlebihan di dalam rahim.

Sekarang tidak perlu lagi cemas jika merasa nyeri saat datang bulan, karena 8 cara di atas dapat membantu untuk mengatasi kram perut saat haid. Namun, saat rasa rasa sakit melebihi batas biasa ketika haid, Anda dapat pergi ke dokter untuk memastikannya.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]