--> Skip to main content

Manfaat Daun Alpukat Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Manfaat Daun Alpukat Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Daun alpukat adalah daun dari pohon yang berbuah alpukat. Selain buahnya, ternyata daunya juga bisa dikonsumsi dan dijadikan ramuan untuk berbagai penyakit. Salah satu manfaat daun alpukat ini adalah untuk mengobati penyakit darah tinggi dan membantu meluruhkan kencing batu. Dengan memiliki manfaat yang baik tersebut, banyak orang yang mengolah daun hijau ini menjadi ramuan herbal.

Anda mungkin berpikir kalau daun ini tidak bisa dikonsumsi dan hanya buahnya saja yang memiliki cita rasa enak dan empuk. Apalagi jika buahnya dijadikan jus, pasti banyak yang doyan dengan jus alpukat. Ternyata selain buahnya, daun alpukat bisa dimakan juga dan sangat bermanfaat.

Kandungan yang terdapat dalam daun alpukat ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan tersebut yaitu :

  • Anti bakteri yang membantu melindungi tubuh dari bakteri jahat.
  • Anti diuretik yang membantu proses pengeluaran cairan melalui air kencing. Dan juga membantu meluruhkan batu kencing.
  • Anti karminatif yaitu membantu orang yang susah kentut.

Dengan rasanya yang pahit mungkin banyak orang yang tidak mau untuk mengkonsumsi daun hijau ini. Namun dengan adanya kandungan yang bermanfaat tersebut, tentu saja daun ini menjadi pilihan alternatif untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit.

Berikut beberapa penyakit yang bisa diobati dengan mengkonsumsi daun alpukat:

1. Tekanan Darah Tinggi

Dengan kandungan flavonoid yang terdapat dalam daun ini membantu menurunkan tekana darah dengan sangat baik. Namun meskipun begitu, juga harus dipantau karena jika tekanan darah tinggi terlalu menurun atau menyebabkan terjadinya drop maka akan menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Untuk mengkonsumsi daun ini cukup dengan cara seduh daun sebanyak 3 lembar. Dan minum air remusan dari daun tersebut. Maksimal 1x sehari.

2. Nyeri Lambung

Dengan kandungan antiulserogenik, daun ini membantu mengobati penyakit maag atau keluhan perut lainnya. Untuk mengatasi gangguan ini cukup seduh 3 lembar daun ini dan minum air rebusan sehari sekali.

3. Batu Ginjal

Daun alpukat memiliki beberapa senyawa aktif yang sangat baik untuk kesehatan. Alkaloida, flavonoida, polifenol, quersetin, alkaloida dan anti diuretik. Untuk memanfaatkan daun ini sebagai pengobatan batu ginjal caranya sangat mudah yaitu sediakan 7 lembar daun alpukat dan air sebanyak 110 cc. Remus daun dan minum air rebusan tersebut sebanyak 2x sehari.

4. Kencing Batu

Selain bermanfaat untuk masalah ginjal, daun ini juga dapat membantu meluruhkan kencing batu. Dengan sifat diuretik yang dimiliki oleh daun ini, banyak yang memnafaatkannya untuk masalah perkemihan.

Untuk membantu masalah perkemihan ini cukup seduh 7 lembar daun dengan 1/2 gelas air panas. Minum air seduhan tersebut 2x sehari sampai batu (kristal) penyumbat saluran kencing keluar.

Nah itulah manfaat daun alpukat yang bisa dikelola sendiri di rumah. Jika Anda tidak memiliki daun ini, carilah di kebun tetangga dan minta beberapa lembar daunnya. Semoga bermanfaat.

Komentar interaktif
Gunakan kode-kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, video, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:

    Menambahkan Gambar:
  • [img]Tulis link gambar di sini[/img]
    Menambahkan Video Youtube
  • [youtube]Tulis link Video Youtube di sini[/youtube] atau gunakan kode < i rel="youtube">Tulis link Video Youtube di sini< /i >
    Menulis Catatan (Blockquote)
  • [quote]Tulis catatan di sini[/quote] atau [blockquote]Tulis catatan di sini[/blockquote]

4 Komentar