--> Skip to main content
Menu

Link Profile Blogger Penyumbang Broken Link Blog

Link Profile Blogger Penyumbang Broken Link Blog

Berapa banyak broken link di blog anda? Ternyata link profile blogger adalah penyumbang terbanyak link error

Link Profile Blogger Penyumbang Broken Link Blog

Berapa banyak broken link di blog anda? Ternyata link profile blogger adalah penyumbang terbanyak link error. Link error ini adalah link yang menempel di halaman artikel blog yang dilakukan secara tidak sengaja. Tidak sengaja maksudnya adalah karena tautan yang error tersebut berada di halaman khusus yaitu di kolom komentar blog.

Link profil ini adalah link yang muncul sendiri ketika seseorang berkomentar disalah satu artikel blog dan menggunakan akun blog mereka. Ketika mereka berkomentar, mereka secara otomatis menggunakan akun blogger mereka dan akun di halaman komentar ini terhubung dengan link profil blogger mereka. Buruknya adalah ketika mereka tidak mengaktifkan link profile ini maka akan menjadi link mati atau link error atau broken link yang menempel di halaman artikel blog anda.

Baca Juga: Memasang dan Menampilkan Foto Profil Blogger Terbaru

Bagaimana jika link-link profil yang ada di kolom komentar blog anda ada banyak yang tidak aktif? Tentu saja dengan adanya broken link tersebut akan mempengaruhi performa halaman artikel blog. Apa saja pengaruhnya? Mengurangi peringkat artikel di halaman search engine (SERP), lambat terindeks, dan mempengaruhi loading blog.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk selalu melakukan cek link di blog anda. Apakah aktif semua atau sudah tidak aktif. Jika link yang ada sudah tidak aktif maka akan menjadi broken link.

Apa itu Broken Link?

Broken link adalah sebuah tautan atau link yang ketika di akses tidak menampilkan halaman yang seharusnya dan hanya ada pemberitahuan kalau halaman yang di akses tidak tersedia, rusak atau sudah dipindahkan atau dialihkan ke halaman lainnya sehingga menjadi halaman error yang biasanya ditandai dengan kode 404.

Kenapa ada broken link?

Link rusak atau link error yang ada di blog dan tidak bisa di akses disebabkan karena beberapa hal. Link rusak ini terjadi karena faktor sengaja dan tidak disengaja. Faktor sengaja yaitu karena penulisan link yang tidak benar. Sedangkan yang tidak disengaja adalah memasang link dan ternyata setelah beberapa waktu kemudian link tersebut yang awalnya aktif menjadi tidak aktif.

Link Profile Blogger Menjadi Broken Link

Salah satu link atau tautan yang menjadi link rusak adalah link yang ada di kolom komentar blog. Dibagian ini, banyak sekali blogger-blogger yang dengan sengaja memasang link di kolom komentar dan tentunya dengan cara seperti itu jelas-jelas akan sangat merugikan blog yang dipasangi link tersebut.

Selain memasang link didalam kolom komentar, ternyata dibagian komentar ini juga terdapat link yang bisa menjadi link error yaitu link profil. Link profil ini berasal dari akun blogger yang meninggalkan komentar. Dan ternyata link profil mereka tidak aktif. Dengan tidak aktfinya link tersebut, maka akan terbaca sebagai link mati atau link rusak yang menempel di halaman artikel blog.

Link profil yang tidak aktif dan menjadi link rusak ini saya temukan di blog saya ini. Setelah melakukan cek broken link, ternyata link profil komentar blog menjadi broken link terbanyak yang ada di blog ini. Dan mau tidak mau, saya harus menghapus link tersebut yaitu kode untuk link profil. Sehingga saat ada yang berkomentar di blog ini, sudah tidak ada link untuk akun komentar, yang ada hanya nama akun mereka saja.

Setelah dipikir-pikir memang seharusnya untuk menghapus link profil di akun komentar blog ini, karena selain untuk menghindari broken link, juga kurang efektif untuk memberikan link pada nama akun komentar tersebut. Toh meskipun di hapus, link profil ini masih bisa di akses di halaman komentar di dasbor blogger. Sehingga pemilik blog masih bisa mengakses dan mengetahui siapa yang telah berkomentar di blog.

Dibawah ini adalah temuan link profil di blog saya ini yang tidak aktif, ada 8 link:

Link Profile Blogger

Dan setelah tautan dari link profil saya hapus, hasilnya seperti dibawah ini:

Link Profile Blogger

Bagaimana cara cek broken link?

Untuk mengecek link rusak ini, bisa dilakukan dengan cara menggunakan layanan yang bisa anda dapatkan secara gratis di google. Cari saya menggunakan kata kunci "cek broken link", "check broken link". Dan pilih layanan yang menurut anda bagus untuk mengecek secara  keseluruh halaman blog anda.

Saya sendiri menggunakan salah satu diantara layanan cek link tersebut yaitu brokenlinkcheck.com, yang menurut saya sangat simpel untuk digunakan. Selain itu, saya juga menggunakan ahrefs yang bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan pertama kali. Gunakan saja beberapa layanan yang sekiranya bisa mengecek keseluruhan link blog dan menemukan broken link didalam blog anda.

Setidaknya dengan melakukan pembersihan dari beberapa link error yang ada didalam blog atau website akan membantu blog akan menjadi lebih baik kedepannya.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]