Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video

Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video

Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video - Jika Anda terbiasa dalam menulis artikel di Microsoft Word maka Anda juga dengan mudah dalam membuat artikel blog. Karena keduanya memiliki tampilan atau layout yang hampir sama. Menulis artikel di blog itu bukan lah suatu masalah yang dihadapi oleh Anda yang masih baru dalam membuat blog. Tapi yang menjadi masalah dan kendala dalam menulis atau membuat artikel itu adalah mendapatkan ide atau bahan yang akan ditulis. Inilah yang menjadi kendala bagi semua pemula, bahkan banyak yang menyampaikan ke kami kalau mereka tidak bisa mendapatkan artikel sesuai yang diinginkan.

Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video
Memang dalam membuat artikel di blog itu gampang-gampang susah, butuh kesabaran, dan butuh ide-ide kreatif untuk menemukan artikel-artikel selanjutnya. Salah satu syarat blog yang baik adalah selalu diupdate setiap waktu dengan artikel-artikel atau konten yang dibuat sendiri atau ditulis sendiri, bukan dari hasil copy paste atau menyalin dari blog-blog yang lain.

Agar tidak mengalami kendala saat membuat artikel, kami sudah memberikan cara yang bisa Anda terapkan kedalam blog Anda yaitu dalam membuat blog pilih dan tentukan topik blog hanya dengan menggunakan satu topik bahasan saja. Dengan menggunakan satu topik bahasan, akan lebih mudah dalam menemukan ide-ide untuk artikel selanjutnya, yang terpenting artikel harus ditulis sendiri.

Baca juga Cara Memilih Topik (Niche) Blog Agar Blog Dikelola Dengan Baik

Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video

Panduan membuat artikel ini dikhususkan pada blog yang masih baru dan belum ada artikelnya sama sekali. Jadi untuk membuat artikel blog, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini, khususnya tampilan halaman yang digunakan untuk menulis artikel. Dengan memperhatikan tampilan halaman seperti pada gambar dibawah ini, maka Anda bisa dengan mudah membuat artikel, memasukkan gambar kedalam artikel dan memasang video kedalam artikel atau yang lainnya.

Pada halaman dashboard untuk blog yang belum ada artikelnya, maka tampilan awal khususnya di menu Postingan memiliki tampilan seperti gambar dibawah ini dengan tampilan yang masih kosong dan hanya ada tulisan: Tidak ada postingan. Buat postingan baru
Untuk membuat artikel baru, klik pada Buat postingan baru atau tombol Entri baru
Setelah mengklik tombol Entri baru atau Buat postingan baru akan tampil halaman posting
Keterangan dari gambar sebagai berikut:
Cara Membuat Artikel Blog
  • Judul postingan: Diisi dengan judul artikel.
  • Tombol Publikasikan: Digunakan untuk mempublikasikan atau menerbitkan artikel yang sudah dibuat.
  • Tombol Simpan: Digunakan untuk menyimpan artikel, baik saat menulis sambil menyimpan agar artikel tidak hilang karena koneksi internet terputus atau masalah lain. Dan juga digunakan untuk menyimpan artikel atau konten yang tidak akan diterbitkan. Dan bisa diterbitkan di lain waktu.
  • Tombol Pratinjau: Digunakan untuk meninjau hasil artikel atau konten yang telah selesai dibuat sebelum diterbitkan. Dengan adanya pratinjau ini akan membuat artikel Anda semakin baik karena harus dicek telebih dulu.
  • Tombol Tutup: Digunakan untuk menutup halaman posting ini.
  • Tombol Compose dan HTML: Kedua tombol ini sebenarnya digunakan untuk menampilkan mode atau layout halaman posting. Jika mode Compose aktif maka tampilan halaman posting menampilkan menu lengkap seperti gambar diatas. Jika mode HTML aktif maka tampilannya akan berbeda, mode HTML ini adalah mode minimalis. Untuk yang masih baru dalam membuat artikel, lebih baik gunakan mode Compose

    Berikut perbedaan tampilan mode Compose dan HTML
    Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video
    Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video
  • Menu Toolbar
    Menu toolbar ini hampir sama dengan toolbar yang ada di Microsoft Word dan tiap item memiliki fungsi yang berbeda. Di menu toolbar ini yang paling sering digunakan adalah item bentuk huruf (Bold, Italic, Underline), Insert Image, Aligement, Numbered list, dan Bullet list. Saat membuat artikel Anda bisa menggunakan toolbar ini dalam membentuk artikel yang diinginkan.
  • Menu setelan entri
    Di menu ini terdapat beberapa item yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan artikel yaitu:
    1. Labels: Merupakan kolom yang harus di isi dengan kata kunci (keywords) utama yang ada di judul atau didalam artikel.
    2. Jadwal: Artikel yang diterbitkan atau yang akan diterbitkan sesuai dengan waktu atau tanggal yang diinginkan. Misalkan Anda menulis artikel hari ini dan ingin artikel tersebut terbit 2 hari lagi, maka Anda bisa mengatur tanggalnya.
    3. Tautan permanen: Alamat link dari judul artikel yang telah dibuat. Contohnya https://www.jenisbungafavorit.web.id/2019/01/blog-post.html dan atau bisa dibuat sesuai dengan keinginan dengan format link yang sama.
    4. Tautan permanen ini ada 2 yaitu Tautan Permanen Otomatis yang terbentuk secara langsung tanpa ada pengeditan dan Tautan Permanen Khusus yang terbentuk karena adanya pengeditan. Misalnya https://www.jenisbungafavorit.web.id/2019/01/blog-post.html menjadi https://www.jenisbungafavorit.web.id/2019/01/blog-post-pertama-saya.html
    5. Lokasi: Penandaan artikel yang akan diterbitkan pada wilayah atau negara tertentu. Misalkan artikel ingin diterbitkan di negara Arab, maka tanda saja wilayah Arab pada peta. Namun alangkah baiknya untuk Lokasi ini dibiarkan saja, biarkan Blogger yang menentukan.
    6. Deskripsi Penelusuran: Ringkasan artikel yang akan di indeks atau ditampilkan di halaman pencarian Google.
    7. Pilihan
      Pada menu ini terdapat beberapa pilihan yang mengatur tampilan artikel dan komentar artikel. Saran kami, lakukan settingan seperti berikut ini:
      • Komentar pembaca pilih Izinkan
      • Mode tulis pilih Tunjukan HTML apa adanya
      • Baris baru pilih Tekan "Enter" untuk baris baru
Itulah sekilas mengenai tampilan halaman posting yang digunakan dalam membuat artikel. Silahkan dipelajari pelan-pelan sambil membuat artikel, dengan rajin membuat artikel akan memudahkan Anda dalam menggunakan semua item tersebut.

Sekarang Cara Membuat Artikel. Untuk membuat artikel, silahkan ikuti tutorialnya melalui gambar yang kami buat ini. Pelan-pelan saja...
  1. Buka dashboard blogger Anda seperti berikut ini. Lalu klik tombol Entri baru atau Buat postingan baru. Sehingga akan tampilan halaman posting
  2. Menentukan Judul Artikel
    Misalkan artikel yang dibuat akan membahas jenis bunga. Maka judul artikelnya adalah Jenis Bunga Langka yang Selalu Mengeluarkan Wangi Aneh. Pastikan penulisan judul yang benar adalah memiliki huruf besar semua diawal kata, jangan menggunakan huruf kecil semua.

    Penulisan judul yang benar: Jenis Bunga Langka yang Selalu Mengeluarkan Wangi Aneh
    Penulisan judul yang salah: jenis bunga langka yang selalu mengeluarkan wangi aneh
  3. Selanjutnya menulis artikel didalam kolom artikel. Berikut contoh artikel yang sudah kami tulis.
    Membuat Artikel Blogspot
  4. Memasang atau masukkan gambar kedalam artikel.
    Letakkan kursor dan beri jarak antar garis paragrap untuk menempatkan gambar diantaranya. Lalu klik icon Insert Image.
    Upload gambar sesuai dengan topik artikel. Gambar bisa di cari di Google dan disimpan ke laptop atau komputer. Untuk pemasangan gambar jika bukan miliknya sendiri, sertakan sumber dari gambar tersebut.
  5. Memasang atau masukkan video kedalam artikel
    Dalam memasang video kedalam artikel ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara upload langsung dari halaman posting seperti cara memasang gambar yang telah dijelaskan diatas. Dan cara kedua adalah dengan cara menyematkan kode dari video tersebut kedalam artikel.
    Cara Pertama: Upload video dari halaman posting
    1. Letakkan kursor dan beri jarak antar garis paragrap untuk menempatkan video diantaranya. Lalu klik icon Insert Video.
    2. Silahkan upload video sesuai dengan topik artikel. Gambar bisa di cari di Google dan disimpan ke laptop atau komputer.
    3. Video berhasil diupload ke halaman artikel. Namun tampilannya kurang menarik.
    Cara Kedua: Embed kode video dari Youtube
    Cara kedua ini adalah dengan memasang kode video yang ada di Youtube kedalam artikel
    1. Buka Youtube
    2. Cari video yang sesuai dengan artikel blog yang dibahas. Misalkan artikelnya tentang Bunga. Lalu buka video tersebut dan tonton sebentar, lalu pause.
    3. Lalu klik Bagikan >> Klik Sematkan >> Klik Salin
    4. Kembali ke halaman posting blog. Sekarang beralih ke mode tulis HTML. Dan letakkan kursor pada pada area untuk menempatkan videonya. Klik kanan pada area tersebut dan gunakan Ctrl V pada keyboard atau klik kanan pada mouse dan pilih Tempel untuk menyalin kode video dari Youtube
  6. Sekarang beralih ke mode Compose. Jika berhasil maka tampilan halaman posting artikel seperti berikut
    Jika Pratinjau sudah berhasil dan menampilkan artikel yang dibuat sudah sesuai dengan keinginan. Kembali lagi ke halaman posting artikel
    Cara Membuat Artikel dan Memasang Gambar dan Video
  7. Selanjutnya lakukan Setelah entri
    • Dibagian menu Label: isi dengan label sesuai dengan keywords atau kata kunci judul artikel. Misalnya labelnya adalah bunga,bunga langka,jenis bunga langka. Untuk pamasangan label ini gunakan 3 kata saja.
    • Cara memasukkan, klik menu Label >> ketikkan label >> klik Selesai
    • Memasukkan link artikel kedalam halaman posting. Klik menu Tautan Permanen >> blok link >> klik kanan pada mouse dan Salin >> Selesai
    • Pilih salah satu kata kunci (keywords) dalam artikel dan masukkan link kedalamnya dengan cara klik menu Link pada toolbar dan masukkan link pada kolom Web addres dan klik OK
    • Selanjutnya masukkan Deskripsi penelusuran
  8. Jika artikel sudah selesai semua, maka hasilnya seperti berikut:
    Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video
    Atau lihat hasil artikelnya di Disini
Video Cara Membuat Artikel
Untuk tutorial videonya bisa Anda lihat dibawah ini:


Dengan adanya panduan atau cara membuat artikel blog diatas bisa menjadi bagian dari diri Anda dalam pembuatan blog. Pelajari pelan-pelan, jika ada yang mau ditanyakan silahkan hubungi kami melalui halaman kontak atau bisa berkomentar dibawah artikel ini.
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

Tidak ada komentar