Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Mengenal Tampilan dan Isi Menu Dashboard Blog

Mengenal Tampilan dan Isi Menu Dashboard Blog
Mengenal Tampilan dan Isi Menu Dashboard Blog - Setelah berhasil membuat blog yang telah kami jelaskan pada artikel sebelumnya, untuk langkah selanjutnya adalah mengena tampilan dan isi menu dashboard blog Anda. Didalam dashboard ini tidak hanya berisi halaman untuk menulis artikel saja tapi banyak sekali menu-menu yang harus dipelajari dan dipahami. Mempelajari tampilan dan isi dashboard blog akan memudahkan Anda dalam mengatur tampilan halaman blog Anda.

Mengenal Tampilan dan Isi Menu Dashboard Blog
Baca juga: Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com) Terlengkap & Terbaru

Berikut beberapa isi menu dari tampilan dashboard blog yang perlu Anda ketahui:
  1. Postingan
    Digunakan untuk membuat artikel, menyimpannya artikel yang belum jadi, mengelola semua konten blog seperti teks (artikel), gambar dan video. Didalam menu Postingan ini terdapat sub menu yaitu:
    Baca juga Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video
    • Semua Postingan: Menampilkan keseluruhan jumlah postingan termasuk yang diterbitkan dan disimpan sebagai Draf
    • Draf: Berisi artikel yang belum diterbitkan atau artikel yang akan dibuat tapi masih tersimpan.
    • Diterbitkan: Menampilkan jumlah artikel yang telah terbit.
  2. Statistik
    Mengetahui perkembangan lalu lintas blog dan jumlah pengunjung blog (trafik) setiap hari. Didalam menu Statistik ini dibagi menjadi beberapa menu lagi yaitu:
    • Ikhtisar: Menampilkan grafik statistik penayangan blog setiap waktu.
    • Postingan: Menampilkan postingan atau artikel atau halaman blog yang sering dibaca atau dikunjungi.
    • Sumber lalu lintas: Menampilkan asal sumber lalu lintas kunjungan.
    • Pemirsa: Menampilkan asal negara yang berkunjung ke blog, browser yang digunakan untuk membuka blog, dan perangkat yang digunakan.
  3. Komentar
    Menampilkan jumlah dan orang-orang berkomentar pada artikel blog.
  4. Halaman
    Sama halnya dengan menu Postingan, dalam menu Halaman ini terdapat sub menu dari setiap halaman blog yang telah dibuat, diterbitkan atau disimpan. Menu Halaman ini digunakan untuk membuat Halaman Statis seperti Halaman Kontak, Halaman Privasi, Halaman Disclaimer, Halaman Tentang, Halaman Sitemap dan sebagainya.

    Cara Membuat Halaman blog ini sudah kami bahas di artikel sebelumnya yaitu Cara Membuat Halaman About Blog Di Halaman Statis
  5. Tata Letak
    Tata Letak ini merupakan bentuk dasar atau struktur tampilan dari blog. Struktur didalam Tata Letak sesuai dengan kode template. Umumnya didalam Tata Letak terdapat beberapa widget atau kolom yaitu:
    • Kolom Favicon
      Digunakan untuk menggnati icon web browser.
    • Header
      Umumnya, header terbagi menjadi 2 kolom yaitu header kanan dan header kiri. Header kanan merupakan Judul Blog dan header kiri merupakan widget atau kolom yang bisa diisi dengan teks, gambar atau video. Biasanya widget header kanan ini diisi teks atau kode iklan.

      Untuk kolom Header Kanan juga bisa diisi sesuai dengan widget-widget yang sudah disediakan oleh Blogger. Untuk memasangnya bisa di klik pada tulisan +Tambahkan Gadget maka akan muncul banyak widget namun karena kolom header kanan ini kecil, biasanya hanya teks atau gambar yang susai dengan lebar kolom.
    • Main/Posting Blog
      Didalam widget atau kolom ini berisi beberapa pengaturan yang digunaka untuk mengonfigurasi postingan atau halaman artikel blog. Baik itu tampilan halaman depan blog atau tampilan halaman artikel dan halaman statis. Tidak perlu ada penjelasan lebih dalam penggunaan widget Main/Postingan Blog ini, jika Anda membukanya pasti bisa langsung paham.
    • Bilah Sisi/Sidebar
      Widget atau kolom Bilah Sisi ini biasanya hanya ada disebelah kanan. Namun untuk beberapa template blog, terkadang ada Sidebar disebelah kiri juga. Bilah Sisi atau Sidebar berisi beberapa kolom yang bisa diisi apa saja sesuai dengan kebutuhan.

      Blogger sendiri sudah menyiapkan berbagai widget yang bisa dipasang dibagian Sidebar ini. Untuk memasang widget, bisa di klik pada tulisan +Tambahkan Gadget maka akan muncul banyak widget. Biasanya widget-widget yang dipasang adalah Popular Posts, Labels, dan Arsip.
    • Footer
      Dibagian ini berisi beberapa kolom yang tampilannya ada dibawah bagian bawah halaman blog. Footer biasanya berisi beberapa kolom yang digunakan untuk menampilkan beberapa widget. Biasanya widget yang dipasang adalah Form Formulir Kontak, Fans Page Facebook, Google Followers dan sebagainya sesuai keinginan pemilik blog.
  6. Tema
    Manu Tema digunakan untuk merubah tampilan halaman blog dengan mengganti template yang diinginkan. Untuk panduannya sudah kami buatkan, silahkan baca Cara Mengganti Template (Tema) Blog di Blogspot
  7. Setelan
    Pada isi menu Setelan atau Setting ini terdapat beberapa sub menu yang digunakan untuk mengatur blog seperti optimasi SEO, bahasa, tanggal, pengguna, dan sebagainya. Di artikel ini kami hanya menyebutkan bagiannya saja, untuk penggunaan menu Setelan ini sudah kami bahas di Cara Mengatur Setelan (Setting) Blog di Blogspot

    Tampilan dan Isi Menu Dashboard Blog
    Mengenal Tampilan dan Isi Menu Dashboard Blog

    Didalam menu Setelan ini terdapat beberapa sub menu yaitu:
    1. Dasar
    2. Postingan, komentar, dan berbagi
    3. Email
    4. Bahasa dan pemformatan
    5. Preferensi penelusuran
    6. Lainnya
    7. Setelan pengguna
  8. Daftar Bacaan
    Didalam menu ini akan ditampilkan blog-blog yang diikuti atau yang ditambahkan sebagai daftar bacaan.
  9. Bantuan
    Digunakan untuk mencari bantuan terkait masalah yang berhubungan dengan blog.
Untuk yang masih baru dalam membuat blog, masih banyak yang perlu dipelajari dan dipahami. Jadi jika selama ini yang Anda pikirkan kalau blog itu hanya sekedar menulis artikel atau bisa menghasilkan uang, maka pemikiran Anda agak keliru. Jika ingin serius dalam pembuatan blog, serius juga dalam belajar dari awal termasuk mengenal tampilan dan isi menu dashboard blog yang telah kami jelaskan diatas.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.