Cara Mengatur Setelan (Setting) Blog di Blogspot

Cara Mengatur Setelan (Setting) Blog di Blogspot

Cara Mengatur Setelan (Setting) Blog di Blogspot - Didalam halaman Setelan atau pengaturan yang ada di dashboard blogger wajid dilakukan untuk mengoptimalisasikan keberadaan blog. Bisa dikatakan, di halaman Setelan ini digunakan untuk mengatur SEO blog secara dasar yang termasuk dalam SEO On page. Tujuan melakukan Setelan ini agar blog lebih mudah terindeks di halaman pencarian Google dan bisa bersaing dengan blog-blog yang yang memiliki kategori atau topik artikel yang sama. Cara mengatur Setelah Blog di blogspot yang kami jelaskan ini harus dilakukan sebelum menulis atau membuat artikel atau saat setelah membuat blog.

Didalam menu Setelan ini ada beberapa item yang perlu diatur dan ada yang tidak perlu diatur. Dan semua item yang ada di menu Setelan (Setting) Blog ini akan kami jelaskan secara singkat agar bagi Anda yang masih baru mulai dalam membuat blog bisa dengan mudah melakukan setting sendiri. Didalam menu Setelan dibagi menjadi beberapa item atau sub menu yaitu:

Baca juga https://www.digitalpoin.com/2019/01/mengenal-tampilan-dan-isi-menu.html

Cara Mengatur Setelan (Setting) Blog di Blogspot
Berikut beberapa sub menu (item) yang ada didalam menu Setelan:
  1. Dasar
  2. Postingan, komentar, dan berbagi
  3. Email
  4. Bahasa dan pemformatan
  5. Preferensi penelusuran
  6. Lainnya
  7. Setelan pengguna
Dari setiap item yang ada, kami tidak menjelaskan semuanya, hanya beberapa yang penting saja dan mudah dipahami. Untuk yang lainnya yang tidak dijelaskan disini, akan menjadi bagian dari artikel lanjutan yang akan kami update berikutnya. Berikut beberapa item yang hanya kami bahas di artikel ini.
  1. Dasar
    Setelah membuka dashboard blog Anda, klik menu Setelan sehingga akan langsung tampil dari sub menu yang pertama yaitu sub menu Dasar. Didalam sub menu Dasar ini ada 2 poin yang harus Anda perhatikan yaitu Judul dan Deskripsi.
    • Judul
      Untuk Judul adalah judul blog yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan judul ini jangan pernah diganti. Kecuali untuk pertama kali. Jadi pastikan Judul yang dibuat benar-benar sesusai dengan topik blog yang Anda bahas.
    • Deskripsi
      Deskripsi ini menjelaskan isi dari blog yang Anda buat. Tentang apa blog tersebut bisa Anda tulis ringkasannya didalam kolom deskripsi ini. Untuk penulisan deskripsi sudah dijelaskan jumlah karakter maksimal atau panjang deskripsi tidak boleh lebih dari 500. Untuk mengisi deskripsi blog, klik Edit maka akan muncul kolom dan isi kolom tersebut dengan deskripsi blog Anda.
      Cara Mengatur Setelan (Setting) Blog
      Cara Mengatur Setelan (Setting) Blog
    • Publikasi
      Di sub menu Publikasi ini merupakan alamat blog yang Anda buat dan bisa di setting menjadi Custom Domain yang telah kami jelaskan di Cara Melakukan & Membuat Custom Domain Blogspot
      Cara Mengatur Setelan (Setting) Blog
    • HTTPS
      Di sub menu ini terdapat 2 tem yaitu Ketersediaan HTTPS dan Pengalihan HTTPS. Pastikan kedua item ini dalam keadaan aktif yaitu dengan pilihan Ya.
      Cara Mengatur Setelan Blog
    • Izin
      Dibagian Anda bisa mengatur tampilan akses blog yaitu bisa menambahkan penulis blog dan akses blog untuk publik atau khusus pembaca blog yang di undang.
  2. Postingan, komentar dan berbagi
    • Postingan
      Dibagian ini Anda bisa mengatur jumlah postingan atau artikel di halaman depan blog. Misalkan jumlah postingan yang diinginkana dalah 7, maka postingan yang tampil juga. Contoh untuk blog Digital Poin ini kami menggunakan jumlah postingan yang tampil hanya 5. Silahkan cek dihalam depan blog ini www.digitalpoin.com
    • Template entri
      Digunakan untuk menambahkan teks secara otomatis yang digunakan saat pembuatan artikel di halaman posting. Penjelasan panjangnya akan kami update di artikel berikutnya.
    • Tampilkan gambar dengan Lightbox. Apa itu lightbox? Silahkan browsing di Google ya :) Untuk lightbox ini kami mengaktifkannya dengan pilihan Ya
    • Komentar
      Jika kolom komentar di halaman artikel masih menggunakan kolom komentar dari blogger dan tidak menggunakan kolom komentar yang lain. Atau menggunakan keduanya. Untuk mengatur tampilan komentar, ikuti opsi berikut ini:
      1. Lokasi Komentar : Tersemat
      2. Siapa yang dapat mengomentari : Pengguna dengan Akun Google
      3. Moderasi Komentar : Tidak pernah
      4. Tampilkan verifikasi kata : Ya
      5. Pesan Formulir Komentar : Klik Tambahkan jika ingin menambahkan pesan diatas kolom komentar di halaman artikel. Misalkan pesannya adalah "Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel yang dibahas. Tidak boleh memasang link."
    • Komentar Google+
      Jika ingin menonaktifkan kolom komentar blogger, Anda bisa menggunakan kolom komentar dari Google+ dengan cara mengaktifkan pilihan Ya.
    • Bagikan ke Google+
      Jika blog yang Anda buat sudah terkait atau terhubungan dengan profil Google+ Anda maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini:
      Dibagian ini lakukan pengaturan aktif agar artikel yang Anda buat langsung terPosting ke profil Google+ Anda secara otomatis. Pastikan pilihan Ya dipilih untuk Bagi Otomatis postingan yang baru dipublikasikan ke profil Google+ Anda dan piliha Tidak untuk Ingatkan untuk berbagi setelah memposting
    Jangan lupa klik tombol Simpan setelan jika Anda melakukan perubahan.
  3. Email, abaikan saja dulu nanti akan kami jelaskan pada update berikutnya.
  4. Bahasa dan pemformatan
    Pada bagian ini digunakan untuk mengatur bahasa yang digunakan serta tanggal dan waktu (jam). Untuk pengaturan bisa seperti berikut:
    • Bahas : Indonesia
    • Aktifkan transliterasi : Dinonaktifkan
    • Zona Waktu : (GMT+07:00) Jakarta
    • Format Header Tanggal : Minggu, 13 Januari 2019
    • Format Timestamp : Januari 13, 2019
    • Format Stempel Waktu Komentar : 13 Januari 2019 14.00
  5. Preferensi penelusuran
    Pada bagian ini Anda bisa mengatur SEO blog ada. Apa itu SEO? Silahkan baca di Apa itu SEO - Pengertian Cara Kerja dan Panduan Dasar SEO Blog

    Dibagian Preferensi penelusuran ini terdapat 4 item yang perlu diperhatikan yaitu Tag meta, Kesalahan dan pengalihan, Perayap dan pengindeksan dan Monetisasi. Dari keempat item tersebut hanya 2 yang kami jelaskan yaitu:
    • Tag meta
      Pada tag meta ini berisi Deskripsi. Untuk mengaktifkannya klik Edit >> pilih Ya >> isi kolom deskripsi >> klik Simpan

      Cara Mengatur Setting Blog
      Cara Mengatur Setting Blog

      Kenapa ada 2 deskripsi? Jika pada Deskripsi sebelumnya Anda bisa mengabaikannya atau tidak perlu mengisinya, namun pada Deskripsi di Tag meta ini harus diisi. Kenapa karena pada deskripsi ini terkait dengan pengaturan SEO blog Anda. Dengan adanya deskripsi ini akan memudahkan blog terindeks oleh Google dan bisa berada di halaman depan pencarian Google.

      Untuk deskripsi dibagian ini boleh sama dengan deskripsi yang sebelumnya dibagian menu Dasar. Bedanya, jika deskripsi di menu Dasar boleh saja diabaikan atau diisi sesukanya namun Deskripsi di Tag meta ini harus sesuai dan difokuskan pada topik blog. Pastikan juga didalam deskripsi ini terdapat kata kunci (keywords) utama yang dibidik atau ditargetkan.

      Misalnya blog Anda membahas tentang Jenis Bunga Favorit. Maka Anda bisa membuat deskripsi seperti berikut: Macam-macam jenis bunga favorit untuk hiasan berbagai kebutuhan, tips menanam dan merawat bunga, dan cara menjual jenis bunga favorit secara online.

      Pastikan jumlah atau panjang deskripsi tidak lebih dari 150 kata. Untuk mengetahui jumlah kata yang digunakan, bisa menggunakan layanan penghitung kata di http://www.charactercountonline.com

      Dengan mengaktifkan Deskripsi di bagian ini, akan mengaktifkan Deskripsi pada artikel blog yang berada di halaman posting atau di halaman pembuatan artikel seperti yang telah kami tulis di Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video
  6. Lainnya
    Pada menu Lainnya terdapat beberapa item, kami hanya menjelaskan 1 item saja yaitu Feed Situs. Didalam Feed situs terdapat beberapa item juga, yang perlu diatur adalah Izinkan Feed Blog dan pilih Singkat. Item ini dipilih singkat untuk mencegah pencurian konten otomatis melalui feed blog.

    Cara Setting Blog

    Masih didalam menu Lainnya dibagian Google Analytics masukkan kode ID Properti Web Analytics. Untuk mendapatkan kodenya silahkan baca Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics

    Untuk yang lainnya biarkan seperti pengaturan defaultnya tidak perlu dilakukan perubahan.

  7. Setelan pengguna
    Didalam menu ini terdapat 2 item yaitu Umum dan Bahasa. Untuk item Umum digunakan untuk menampilkan Profil Pengguna, apakah menggunakan profil Blogger atau Profil Google+? Saran kami gunakan profil Google+. Dan pada Gunakan Draf Blogger pilih pilihan Ya.

    Untuk Bahasa adalah bahasa keseluruhan yang digunakan untuk Blogger.com yang bisa diatur di akun Google Anda. Lebih baik gunakan bahasa Indonesia saja.
Cara mengatur Setelan (Setting) blog di Blogger.com diatas sangat mudah dilakukan dan merupakan langkah awal yang harus di Setting setelah membuat blog atau sebelum membuat atau mengisi blog dengan artikel.
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

Tidak ada komentar