Skip to main content
➜ Bikin Websitemu.. GRATIS Domain & Unlimited Hosting

Cara Membeli Hosting Dengan Domain yang Sudah Ada Di Layanan yang Berbeda

Cara Membeli Hosting Dengan Domain yang Sudah Ada Di Layanan yang Berbeda
Cara Membeli Hosting Dengan Domain yang Sudah Ada Di Layanan yang Berbeda - Sudah punya domain? Dan ingin domain yang memiliki hosting? Atau sudah punya domain di layanan yang lain dan ingin menggunakan hosting di layanan yang lainnya? Bisa? Bisa-bisa saja, dimanapun Anda membeli domain dan ingin menggunakan layanan yang lain untuk membeli hosting, sangat bisa dilakukan. Lalu bagaimana jika domain yang sudah ada, sudah aktif pada blog dan memiliki konten? Dan tidak ingin konten tersebut hilang atau tidak ingin dipindahkan ke hosting yang akan digunakan, apakah juga bisa? Sangat bisa dan Anda bisa membaca panduannya di 2 in 1 Cara Membuat Blog Blogspot Wordpress Dengan Domain & Hosting

Cara Membeli Hosting Dengan Domain yang Sudah Ada Di Layanan yang Berbeda
Dalam membuat blog yang pertama dibutuhkan adalah sebuah domain, baik itu domain dengan nama sendiri atau dengan menggunakan subdomain. Selain membutuhkan domain, sebuah blog atau website juga membutuhkan sebuah hosting yang digunakan untuk menyimpan seluruh berkas yang ada didalam blog. Namun meski tanpa adanya hosting, sebuah tetap bisa tayang meskipun hanya menggunakan domain atau subdomain saja. Karena penggunaan hosting tidak selalu ada saat domain sudah tersedia.

Baca Juga Perbedaan Domain dan Hosting

Hosting bisa didapatkan dengan cara gratisan atau berbayar. Untuk yang gratisan bisa didapatkan dengan dua cara yaitu hosting yang berasal dari layanan domain itu sendiri seperti Blogspot. Saat Anda membuat blog dengan subdomain Blogspot maka hosting yang Anda gunakan adalah dari Blogspot itu sendiri. Hosting jenis ini bisa digunakan untuk blog yang menggunakan subdomain dari Blogspot seperti digitpoin.blogspot.com atau blog yang menggunakan domain dari hasil custom domain seperti blog ini, digitalpoin.com

Hosting gratisan lainnya bisa didapatkan dari penyedia layanan hosting gratis yang bisa Anda temukan di Google. Jenis hosting ini bisa digunakan untuk menyimpan file-file atau berkas yang ada di blog seperti gambar, video dan sebagainya. Namun hosting gratisan ini memiliki banyak kekurangan dan kurang baik jika digunakan untuk blog atau website. Salah satu kekurangannya adalah membuat performa blog buruk.

Baca Juga Web Hosting Gratis Untuk Website & Blog Anda

Cara Membeli Hosting Dengan Domain yang Sudah Ada
Selain kedua jenis hosting gratisan diatas, ada lagi yang lebih baik digunakan untuk blog atau website yaitu hosting berbayar atau premium hosting. Hosting jenis ini benar-benar sangat bagus untuk kebutuhan blog atau website. Dan jika domain dipadukan dengan hosting berbayar maka ibaratnya Anda sudah menguasai blog Anda tersebut tanpa embel-embel dari siapapun, bebas. Dan semuanya dikendalikan oleh Anda sendiri dan tidak terikat dengan siapapun, selama blog tidak berisi ancaman yang membahayakan suatu bangsa atau negara.

Lalu bagaimana cara membeli hosting berbayar ini?
Biasanya jika hosting sudah terbeli maka domain juga sudah ada. Namun seperti yang kami sampaikan diatas, meskipun domain sudah ada, hosting belum tentu ada. Hosting digunakan karena adanya domain dan domain digunakan belum tentu ada hosting. Bagaimana jika domain sudah ada terlebih dulu dan membeli hosting setelahnya? Apakah hosting masih bisa digunakan untuk blog tersebut? Bisa dan berikut caranya...

Membeli hosting untuk digunakan pada domain yang sudah ada bisa dilakukan dengan cara membeli hosting pada layanan yang sama saat Anda membeli domain atau membeli di penyedia yang lainnya. Misalnya Anda membeli domain di Hostinger, untuk hostingnya Anda bisa membeli di Dracoola. Atau Anda bisa membeli di layanan yang sama yaitu Hostinger.

Dan dibawah ini adalah cara membeli hosting dengan domain yang sudah ada di layanan yang berbeda. Misalkan domain blog ini kami beli di Hostinger dan untuk hostingnya kami beli di Dracoola, berikut caranya:
  1. Buka link website www.dracoola.com
  2. Pilih menu Web Hosting sehingga muncul daftar harga hosting dengan beberapa kapasitas hosting seperti gambar dibawah ini. Untuk server, silahkan pilih sesuai keinginan. Sebagai contoh kami memilih server di Amerika Serikat

    cara membeli hosting

    Untuk harga hosting dan kapasitas, pilih sesuai kebutuhan atau paket dan sebagai contoh kami memilih hosting paket DUSK dengan harga Rp 200 ribu dan kapasitas sudah lumayan besar untuk kebutuhan blog ini.

    Jika Anda menginginkan kapasitas yang lebih besar yang ada diluar paket tersebut, silahkan hubungi admin dracoola dengan melakukan chatting langsung yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Setelah memilih paket hosting, klik Order untuk melanjutkan proses pembelian. Karena Anda sudah memiliki domain, maka pilih Hanya memesan Paket Hosting atau Reseller Hosting saja dan masukkan nama domain Anda seperti gambar dibawah ini:

    membeli hosting

  4. Jika pada paket di pilih 1 bulan, ganti ke yang 1 tahun dan klik Update. Selanjutnya klik Order.

    panduan hosting

    Jika Anda belum memiliki akun di Dracoola, silahkan daftar terlebih dulu dengan mengisi kolom pendaftaran atau jika Anda sudah memiliki akun di Dracoola, langsung saja Login.

    hosting

    premium hosting

  5. Jika proses login atau pembuatan akun sudah selesai, maka akan ada tampilan ringkasan pesanan hosting Anda. Silahkan lakukan pembayaran pembelian hosting dengan memilih jenis pembayaran dengan cara transfer saja. Selanjutnya centang terms of service dan klik tombol Submit

    hosting berbayar

  6. Dan akan tampil nomor rekening pemilik Dracoola. Silahkan transfer ke rekening tersebut dan saat melakukan transfer, pastikan untuk memasukkan id voice kedalam berita acara saat proses transfer dilakukan.

    web hosting

  7. Setelah transfer dilakukan, lakukan konfirmasi via chatting agar proses aktivasi lebih cepat dilakukan.

    tutorial hosting
  8. Jika pembayaran sudah diterima, maka akan ada notifikasi melalui email dan tentang informasi hosting yang telah Anda beli termasuk username dan password yang akan digunakan saat menggunakan hosting tersebut melalui cPanel. Apa itu cPanel?
Baca Juga Apa itu cPanel?

Kini Anda sudah memiliki hosting untuk domain yang sudah ada dan Anda bisa mengakses atau menggunakan hosting tersebut dengan menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya atau memlihat informasi akun cPanel di email pemberitahuan. Bagaimana cara menggunakan cPanel? Silahkan baca Cara Login ke cPanel

Itulah cara membeli hosting dengan domain yang sudah ada dengan tetap menggunakan domain tersebut di dua layanan yang berbeda yaitu Blogspot dan Wordpress.org. Semoga artikel ini bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.