Saran Pencarian

Apa itu cPanel? Pengertian Cpanel, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Apa itu cPanel? Pengertian Cpanel, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan
Apa itu Cpanel? Pengertian Cpanel, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan - Jika Anda masih baru dalam membuat blog khususnya blog yang menggunakan domain dan hosting akan berhadapan dengan Cpanel Hosting
Apa itu Cpanel? Pengertian cPanel, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan - Jika Anda masih baru dalam membuat blog khususnya blog yang menggunakan domain dan hosting akan berhadapan dengan cPanel Hosting. Di Cpanel inilah Anda akan mengontrol segala tetek bengek yang berhubungan dengan blog Anda. Semuanya ada disini, bahkan kalau bisa dibilang pusat kontrol sebuah blog atau website adalah ada di cPanel. Apa itu cPanel? cPanel merupakan kependekan dari Control Panel. Melalui panel ini, Anda bisa mengelola semua layanan dan database blog dalam satu tempat.

Apa itu cPanel? Pengertian Cpanel, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Apa itu cPanel?

cPanel atau Control Panel adalah kontrol panel yang digunakan untuk mengelola atau mengatur domain, hosting ataupun website. cPanel membantu memberikan tampilan grafis dan automasi pada sebuah blog atau web dan untuk memudahkan proses hosting. Dalam penerapannya, cPanel berjalan dalam server dengan menggunakan sistem operasi centOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD.

Berikut tampilan dari cPanel Digital Poin:

pengertian cpanel

Fungsi Cpanel

Fungsi cPanel adalah mempermudah dalam pengelolaan website, domain dan hosting itu sendiri. Berikut beberapa fungsi cPanel:
  1. Mempermudah proses manajemen web hosting
  2. Mempermudah dalam melakukan setting website
  3. Mempermudah pengelolaan email
  4. Mengatur pengelolaan domain seperti menambahkan atau pembuatan subdomain, addon domain dan lainnya
  5. Melakukan pengaturan file
  6. Mempermudah dalam manajemen database website

Kelebihan cPanel

  1. Mudah dipelajari
  2. Mudah digunakan
  3. Menghemat waktu
  4. Tersedia software auto installer
  5. Tersedia tutorial dan panduan online

Kekurang cPanel

  1. Memiliki banyak fitur yang ada jarang digunakan
  2. Pengaturan terkadang berubah otomatis
  3. Biaya sewa lebih mahal untuk jangka panjang
Itulah sedikit penjelasan kami tentang apa itu cPanel yang meliputi pengertian cPanel, fungsi, kelebihan dan kekurangan cPanel. Jika Anda ingin menggunakan cPanel, silahkan beli dulu sebuah domain dan hosting untuk blog atau website Anda. Semoga bermanfaat.
Ambil Kesempatan Selagi Ada Peluang, Walau Peluang itu Tidak Membuatmu Sukses. Setidaknya Kamu Pernah Mendapatkan Kesempatan. ~ DigitalPoin

Posting Komentar