Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Cara Membuat Sub Domain Dari Custom Domain Blogspot

Cara Membuat Sub Domain Dari Custom Domain Blogspot
Cara Membuat Sub Domain Dari Custom Domain Blogspot - Blog yang Anda buat menggunakan Blogspot bisa digunakan untuk menambahkan sub domain pada domain utama dan yang terpenting blog tersebut sudah di custom domain atau menggunakan TLD (Top Level Domain). Dengan membuat sub domain pada domain utama akan memberikan keuntungan bagi Anda yaitu tidak perlu membeli domain lagi.

Cara Membuat Sub Domain Dari Custom Domain Blogspot
Selain tidak perlu membeli domain lagi, menambahkan subdomain ini juga bisa digunakan untuk membuat blog dengan topik-topik tertentu yang bisa dimasukkan kedalam blog utama Anda. Sehingga akan membantu nilai optimasi pada blog utama atau pada blog-blog dengan sub domain tersebut.

Contoh tampilan dari subdomain pada blog utama:
Misalkan domain utama blog Digital Poin ini adalah www.digitalpoin.com, maka subdomain dari blog tersebut adalah www.fashion.digitalpoin.com sesuai dengan topik atau niche blog yang akan dibahas. Atau Anda ingin membuat blog dengan topik Teknologi maka sub domain yang dibuat adalah www.tekno.digitalpoin.com dan begitu seterusnya.

Cara Membuat Sub Domain Dari Custom Domain Blogspot

Untuk membuat sub domain dari custom domain yang telah Anda miliki, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:
  1. Buat blog baru di Blogspot dan setelah dibuat, biarkan saja dulu. Jika sudah lupa cara membuat blog di Blogspot, silahkan baca panduannya di Cara Membuat Blog Blogspot
  2. Selanjutnya masuk ke halaman member area domain Anda. Misalkan blog Digital Poin ini menggunakan niagahoster.co.id, maka kami akan login ke member area disana.
  3. Kelola domain dan buka bagian manage DNS atau DNS Management.
  4. Tambahkan record baru, pilih CNAME pada bagian Record Type dan pada kolom Name atau Sub Domain isi dengan nama subdomain, sebagai contoh adalah ebookpremium dan pada kolom Hostname diisi dengan ghs.google.com. Sedangkan untuk TTL menyesuaikan dengan pengaturan yang ada di layanan masing-masing. Setelah itu klik Save.

    subdomain blog custom domain

    subdomain blog

  5. Selanjutnya buka kembali blog baru yang telah dibuat di Blogspot.
  6. Dihalaman dashboard pilih menu Pengaturan (Setelan) >> Dasar (Basic) >> Alamat Blog (Blog Address) dan klik pada Setelan domain pihak ketiga (Set up a third-party URL for your blog) untuk menggunakan subdomain.
  7. Masukkan URL subdomain yang telah dibuat di member area pengaturan DNS Domain. Sebagai contohnya adalah ebookpremium.digitalpoin.com

    membuat subdomain blogspot

  8. Jika sudah klik Simpan/Save
  9. Selesai.
Silahkan tunggu beberapa detik atau menit, jika tidak ada kendala perubahan URL blog yang menggunakan subdomain dari Blogspot akan berubah ke subdomain dengan menggunakan domain utama blog tersebut.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.