Skip to main content
Menu

Cara Membuat Subdomain Dari Custom Domain Blogspot

Cara Membuat Subdomain Dari Custom Domain Blogspot

Cara Membuat Subomain Dari Custom Domain Blogspot - Blog yang Anda buat menggunakan Blogspot bisa digunakan untuk menambahkan subdomain pada domain utama dan yang terpenting blog tersebut sudah di custom domain

Baca Juga

Blog yang Anda buat menggunakan Blogspot bisa digunakan untuk menambahkan subdomain pada domain utama dan yang terpenting blog tersebut sudah di custom domain atau menggunakan TLD (Top Level Domain). Dengan membuat subdomain pada domain utama akan memberikan keuntungan bagi Anda yaitu tidak perlu membeli domain lagi.

Cara Membuat Subdomain Dari Custom Domain Blogspot

Selain tidak perlu membeli domain lagi, menambahkan subdomain ini juga bisa digunakan untuk membuat blog dengan topik-topik tertentu yang bisa dimasukkan kedalam blog utama Anda. Sehingga akan membantu nilai optimasi pada blog utama atau pada blog-blog dengan subdomain tersebut.

Contoh tampilan dari subdomain pada blog utama:

Misalkan domain utama blog Digital Poin ini adalah www.digitalpoin.com, maka subdomain yang bisa ditambahkan dari blog tersebut adalah fashion.digitalpoin.com sesuai dengan topik atau niche blog yang akan dibahas.

Atau Anda ingin membuat blog dengan topik Teknologi maka subdomain yang dibuat adalah tekno.digitalpoin.com dan begitu seterusnya yang bisa ditambahkan sesuai dengan topik yang akan dibahas.

Cara Membuat Subdomain Dari Custom Domain Blogspot

Untuk membuat sub domain dari custom domain yang telah Anda miliki, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:

  1. Buat blog baru di Blogspot dan setelah dibuat, biarkan saja dulu.

    Baca panduannya di Cara Membuat Blog Blogspot

  2. Selanjutnya masuk ke halaman member area domain Anda. Misalkan blog Digital Poin ini menggunakan Idwebhost, maka kami akan login ke member area disana.
  3. Kelola domain dan buka bagian manage DNS atau DNS Management.
  4. Tambahkan record baru, pilih CNAME pada bagian Record Type dan pada kolom Name atau Sub Domain isi dengan nama subdomain, sebagai contoh adalah ebookpremium dan pada kolom Hostname diisi dengan ghs.google.com.

    Sedangkan untuk TTL menyesuaikan dengan pengaturan yang ada di layanan masing-masing. Setelah itu klik Save.

    subdomain blog custom domain
    subdomain blog
  5. Selanjutnya buka kembali blog baru yang telah dibuat sebelumnya di Blogspot.
  6. Dihalaman dashboard pilih menu Pengaturan (Setelan) >> Dasar (Basic) >> Alamat Blog (Blog Address) dan klik pada Setelan domain pihak ketiga (Set up a third-party URL for your blog) untuk menggunakan subdomain.
  7. Masukkan URL subdomain yang telah dibuat di member area pengaturan DNS Domain. Sebagai contohnya adalah ebookpremium.digitalpoin.com
    membuat subdomain blogspot
  8. Jika sudah klik Simpan/Save
  9. Selesai.

Silahkan tunggu beberapa detik atau menit, jika tidak ada kendala perubahan URL blog yang menggunakan subdomain dari Blogspot akan berubah ke subdomain dengan menggunakan domain utama blog tersebut.

Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: