Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Cara Membuat Sub Domain di cPanel

Cara Membuat Sub Domain di cPanel
Cara Membuat Sub Domain di cPanel - Jika sebelumnya kami telah memberikan penjelasan tentang cara membuat sub domain dari custom domain di Blogspot, sekarang kami akan memberikan penjelasan tentang topik yang sama yaitu sub domain. Namun penambahan sub domain pada artikel ini menggunakan hosting yaitu dengan cPanel. Lantas apa bedanya antara kedua cara ini? Tentu sangat beda, salah satu perbedaannya adalah cara membuatnya, kalau membuat subdomain di cPanel itu sangat mudah sedangkan yang dari custom domain terlalu rumit.

Cara Membuat Sub Domain di cPanel
Membuat blog yang menggunakan hosting sendiri sebenarnya sangat mudah dilakukan daripada menggunakan layanan gratisan. Dengan memiliki hosting sendiri maka pemilik blog akan lebih mudah dalam segala hal. Salah satunya adalah membuat subdomain atau membuat tambahan domain dengan domain yang sudah ada. Bahkan salah satu kelebihan blog dengan hosting sendiri adalah bisa membuat blog tanpa harus menginstall Wordpress sebagai CMSnya. Dan ini adalah salah satu fitur yang kami favoritkan.

Begitu juga sub domain, alamat blog yang berasal dari domain utama yang dibuat sebagai tambahan dari konten utama. Dengan adanya sub domain ini sangat memudahkan dalam membagi konten dalam beberapa kategori. Misalnya salah satu portal yang menggunakan banyak sub domain adalah Okezone. Coba Anda perhatikan di bagian menu utama situs ini. Hampir semuanya menggunakan sub domain, bukan permanen link lagi.

Lantas bagaimana cara membuat sub domain di cPanel?

Untuk membuat suddomain di cPanel, kami tegaskan bahwa Anda harus menyiapkan satu hosting sebagai media penyimpanannya. Dan berikut caranya:
  1. Login ke cPanel blog Anda.
  2. Buka menu Domains seperti gambar dibawah ini dan klik Subdomain

    Cara Membuat Sub Domain

  3. Masukkan nama subdomain pada kolom Sub Domain. Sebagai contoh kami menggunakan nama wp dan klik tombol Create

    Membuat Sub Domain

  4. Sehingga akan muncul Success: "wp.digitalpoin.com" has been created. dan klik Go back

    Sub Domain

  5. Pada halaman Subdomain akan muncul daftar seubdomain baru dengan URL wp.digitalpoin.com
  6. Selesai
Subdomain yang telah di buat di cPanel bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dan juga bisa di hapus jika sewaktu-waktu subdomain tidak digunakan.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.