Skip to main content
Menu

Perpanjang Domain dan Statistik Blog

Perpanjang Domain dan Statistik Blog

Perpanjangan domain bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu masa berakhirnya domain tersebut habis

Perpanjang domain bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu masa berakhirnya domain tersebut habis. Karena jika menunggu tanggal perpanjang domain bisa-bisa domain tidak bisa diperpanjang lagi. Jika domain sudah tidak bisa diperpanjang, menyebabkan blog atau website tidak bisa di akses.

Perpanjangan Domain dan Statistik Blog

Untuk menambah usia atau mumur domain ini yaitu dengan cara diperpanjang, sebenarnya tidak akan pernah terabaikan atau lupa untuk dilakukan perpanjangan. Karena masing-masing penyedia domain atau registrar domain selalu memberikan notifikasi.

Baca Juga: Perbedaan Domain dan Hosting

Notifikasi ini berupa pemberitahuan melalui email yang terdaftar, pesan singkat atau SMS dan melalui pesan Whatsapp. Jadi Anda tidak perlu mengingat aau khawatir lupa, kapan harus memperpanjang domain, karena sudah ada sistem pengingat otomatis yang disampaikan oleh registrar domain.

Bahkan untuk notifikasi pengingat perpanjangan domain ini tidak pada saat tanggal domain tersebut habis atau expired. Tapi dari penyedia domain sudah memberitahukan sejak 60 hari sebelum masa tanggal domain habis.

Artinya selama 60 hari kedepan akan selalu ada pemberitahuan kalau domain blog aau website akan habis. Pemberitahuan ini biasanya disampaikan melalui pesan email, SMS atau Whatsapp.

Seperti halnya domain digitalpoin.com ini, 30 hari lagi domain ini akan habis masa berlakunya. Dan sebelum masa berlaku habis, maka harus diperpanjang agar domain tetap bisa digunakan.

Cara Perpanjang Domain

Bagaimana cara perpanjang domain? Sebenarnya sangat mudah banget untuk memperpanjang masa aktif domain website atau blog Anda. Tidak perlu tata cara khusus, karena caranya hampir sama dengan saat pertama kali membeli atau order domain.

Baca Juga: Perbedaan Website, Domain dan Hosting

Untuk cara efektifnya, jika Anda menggunakan layanan domain di Indonesia, ada 2 cara efektif untuk memperpanjang masa aktif domain yaitu:

1. Melalui akun domain

Login ke akun penyedia domain Anda dan temukan daftar domain yang masa berlakunya akan habis. Lalu klik bagian tombol perpanjang domain atau tombol lainnya yang mengarahkan untuk memperpanjang domain tersebut.

Langkah selanjutnya, ikuti semua prosesnya sampai dengan menampilkan rincian orderan yang harus ditransfer sesuai dengan harga domain. Atau jika menggunakan Hosting, lakukan juga perpanjangan hosting.

2. Melalui pesan SMS/Whatsapp

Jika tidak ingin ribet dengan Login, dan ada notifikasi di SMS atau Whatsapp yang memberitahukan bahwa domain akan habis masa berlakunya, langsung saja lakukan transfer.

Biasanya pada pesan masuk SMS atau pesan Whatsapp ada detail tentang tagihan perpanjangan domain yang disertai dengan total yang harus dibayar dan nomor rekening untuk ditransfer.

Tanpa melalui halaman login akun di penyedia layanan domain, Anda bisa melakukan perpanjangan domain dengan sangat mudahdan cepat.

Perpanjang Domain Digitalpoin.com

Dalam beberapa hari ini saya menerima notofikasi atau pemberitahuan perpanjangan domain blog ini. Tanpa terasa blog ini sudah berusia 3 tahun yang akan diperpanjang pada bulan Desember 2022.

Domain ini saya beli di IDWebhost, penyedia layanan Domain dan Hosting di Inddonesia dengan beberapa layanan lainnya, termasuk SEO.

Statistik Blog

Dengan umur blog yang sudah 3 tahun ini, Alhamdulillah blog ini sudah memberikan penghasilan yang sangat banyak, hampir Rp 10 juta. Diluar penghasilan sebagai publisher adsense yang ada di blog ini.

Dari mana saja penghasilan blog ini? Penghasilan utama blog ini ada 3 yaitu Jasa, Iklan dan Publisher. Ketiga sumber uang ini tidak serta merta datang begitu saja tapi butuh proses dan kesabaran.

Untuk statistik blog ini sebenarnya tidak jelek-jelek amat lah, apalagi dengan berbagai konten yang ada didalam blog ini.Apalagi untuk urusan optimasi, blog ini tidak terlalu maksimal untuk bersaing dengan blog-blog sejenis.

Semua sumber trafikatau pengunjung blog datang dari mesin pencari, datang dengan sendiri dan pulang dengan sendirinya juga.

Dibawah ini adalah gambaran statistik untuk pengguna aktif blog ini yang saya ambil di Google Analisis

pengguna aktif blog

Dari tampilan gambar diatas, bisa dilihat bagaimana jumlah kunjungan yang datang ke blog ini. Tentu saja jumlah kunjungan ini tidaklah terlalu bagus untuk blog yang sudah berusia 3 tahun.

Untuk beberapa bulan terakhir ini, trafik blog mengalami banyak penurunan. Mungkin disebabkan karena jarang update. Memang, jika ingin trafik blog tetap stabil, setidaknya selalu rutin update postingan atau membuat artikel viral.

Dengan umur blog yang sudah 3 tahun dan jumlah kunjungan blog yang kurang tersebut, setidaknya sudah memberikan kelebihan buat saya, yaitu menghasilkan uang. Sudah memberikan keuntungan buat saya.

Jika dihitung selama 3 tahun ini, biaya perpanjang domain kurang lebih Rp 500 ribu dan sudah memberikan hasil kurang lebih hampir Rp 10 juta. Maka keuntungan yang saya dapatkan selama 3 tahun dari blog ini kurang lebih Rp 9,5 juta!

Itulah enaknya punya blog, cuma bikin artikel saja sudah bisa memberikan penghasilan yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Jika Anda ingin membuat blog atau belajar membuat blog secara private, coba saja deh hubungi nomor Whatsapp ini: 082250383500. Khusus yang benar-benar dan serius belajar membuat blog!

Itulah sekilas gambaran tentang blog ini, berharap semua konten yang ada di blog ini tetap bermanfaat buat semuanya. Jika ada pertanyaan atau ingin konsultasi tentang blog, bisajuga melalui nomor ponsel diatas.


Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]