Apa Itu Pengertian Website, Domain, dan Hosting?

Apa Itu Pengertian Website, Domain, dan Hosting?

Apa Itu Pengertian Website, Domain, dan Hosting? Ketika akan membuat sebuah blog, Anda akan bertanya-tanya apa itu sebenarnya blog? Dan juga akan bertanya-tanya apa itu website? Apa itu situs? Apa itu portal? Bahkan semua pertanyaan yang berhubungan dengan semua itu langsung muncul dibenak Anda. Seperti apa itu hosting? Dan bagaimana cara memiliki dan membuat semua itu?

Jika sudah membahas atau membicarakan tentang internet mulai dari awal kemunculannya, maka yang pertama yang dibicarakan adalah website, blog, domain dan hosting. Karena keempat komponen ini merupakan unsur terpenting dalam internet yaitu sebagai media internet. Dan seiring perkembangan teknologi dan media, perlahan-lahan muncul lah istilah media sosial yang saat ini menjadi bagian terpenting dalam sebuah internet. Media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan adalah Whatsapp, Facebook, Instagram, dan Twitter yang sering banyak digunakan oleh orang.

Apa Itu Pengertian Website, Domain, dan Hosting?

Dibawah ini sedikit kami jelaskan mengenai pengertian pengertian website, hosting dan domain. Penting untuk mengetahui arti dari ketiga komponen yang ada di internet ini dan juga sebagai bekal sebelum Anda membuat website.

Apa Itu Pengertian Website, Domain, dan Hosting
Website
Website atau situs adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi berupa data teks, data gambar yang diam, bergerak, atau dalam bentuk animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya. Website memiliki sifat statis dan dinamis yang saling terkait yang dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Website bersifat statis adalah yang memberikan informasi yang berasal dari satu pengguna atau pemilik website itu sendiri. Sedangkan website bersifat dinamis adalah yang memberikan informasi yang interaktif, berubah-ubah yang tidak hanya berasal dari pemilik website tapi dari pengguna lainnya yang mengakses website tersebut atau sebagai member website.

Selain bersifat dinamis dan statis, website juga bisa didapatkan dengan cara gratis dan berbayar. Silahkan baca Layanan Penyedia Website Gratis dan Berbayar.

Apakah website sama dengan blog? Tentu saja berbeda, meskipun secara struktur memiliki komponen yang sama namun keduanya memiliki perbedaan. Silahkan baca mengenai Apa itu Blog? Perbedaan Blog dan Website.

Domain
Domain atau domain name namun sering disebut domain adalah alamat unit di internet yang disebut dengan URL (Uniform Resource Locator) yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website. Url sendiri merupakan bentuk dari sebuah link dari nama domain itu sendiri. Sehingga URL ini juga sering disebut sebagai link domain.

Jadi domain ini merupakan alamatnya website dan hosting adalah ruangannya. Sehingga untuk mengakses sebuah website maka yang dituju, yang didatangi, dan yang dibuka adalah alamat domainnya atau link domain. Contoh domain yang bisa diakses di internet adalah digitalpoin.com atau untuk penulisan alamat lengkapnya adalah http://www.digitalpoin.com atau https://www.digitalpoin.com atau www.digitalpoin.com

Dari mana domain didapatkan?
Sama halnya dengan hosting, domain didapatkan di internet dengan status sewa pertahun yang didapatkan dari penyedia domain dan hosting. Domain juga bisa didapatkan secara gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar, Anda mendapatkan nama domain secara utuh. Sedangkan yang gratis, Anda akan mendapatkan nama domain sebagai subdomain dari nama domain utama.

Jika domain berbayar, Anda akan memiliki nama domain seperti contohnya digitalpoin.com. Jika domain gratis maka ada ada domain utama di alamat domain yang Anda miliki. Misalnya Anda memiliki nama domain "Tampilan Domain", jika Anda membuat domain yang gratis maka akan memiliki tampilan; tampilandomain.blogspot.com atau www.tampilandomain.blogspot.com. Dengan tampilan domain seperti itu, maka dinamakan subdomain dari domain utama yang didapatkan secara gratis.

Jika Anda menggunakan layanan domain gratis di blogspot.com maka pada domain yang Anda gunakan terdapat alamat Blogspot setelahnya. Contohnya seperti yang telah disebutkan diatas yatiu www.tampilandomain.blogspot.com

Apa itu subdomain? Silahkan baca Perbedaan Domain dan Subdomain Website atau Blog

Untuk nama domain sendiri mempunyai ekstensi/akhiran yang berbeda-beda sesuai dengan kepentingan atau keberadaan website tersebut. Misalkan untuk domain internasional com, net, org, info, biz, name, ws dan sebagainya. Sedangkan untuk domain lokal atau dari Indonesia yaitu co.id, ac.id, go.id, or.id, sch.id, web.id, id dan sebagai.

Untuk penulisan nama domain dilakukan seperti biasanya namun untuk bacaan nama domain yang terdapat tanda baca titik dibaca dot, sehingga jika alamat domainnya adalah digitalpoin.com maka dibaca [digitalpoindotcom]

Hosting
Hosting atau web hosting adalah tempat penyimpanan dari file-file yang ada di website. Misalnya file berupa gambar, teks, video, animasi, statistik, dan database lainnya. Atau istilah gampangnya hosting ini adalah harddisk atau memori. Berapapun ukurannya, semua file-file yang ada dalam website akan tersimpan dalam hosting.

Sama halnya dengan sebuah harddisk atau memori, jika file yang disimpan semakin banyak maka kapasitas ruang penyimpanan hosting akan semakin berkurang dan lama-kelamaan akan penuh. Bagaimana jika penyimpanan hosting penuh?

Hosting didapat dengan cara menyewa saat pembuatan website. Setiap kapasitas hosting tergantung dari besar ukuran yang akan digunakan. Besarnya hosting dalam bentuk Megabyte (MB) atau Gigabite (GB) yang didapatkan dalam batasan waktu setahun atau lama sewa yang dibutuhkan. Jika kapasitas hosting penuh sebelum satu tahun maka pengguna harus melakukan upgrade hosting dengan kapasitas yang lebih besar.

Hosting didapatkan dari penyedia atau provider yang bisa ditemukan di Internet yang saat ini sudah banyak sekali yang menyediakan layanan sewa hosting tersebut. Untuk informasi provider hosting, silahkan baca di Jasa Penyedia Hosting Terbaik di Indonesia.

Apakah dalam membuat website harus memiliki hosting?
Tidak semua website memiliki hosting karena dalam membuat website ada yang gratis dan berbayar. Website yang gratis inilah yang tidak membutuhkan hosting. Namun dalam pengelolaannya antara website gratis dan berbayar juga sangat berbeda. Silahkan baca Perbedaan Website Gratis dan Berbayar.

Apakah Bisa Hanya Beli Domain Tanpa Hosting?
Tentu saja bisa! Anda tetap bisa memiliki sebuah website atau blog dengan hanya membeli domainnya saja tanpa perlu hosting yaitu dengan cara melakukan custom domain. Custom domain adalah melakukan pergantian alamat domain dari suatu media blog gratis namun tetap masih menggunakan hosting dari blog tersebut.

Misalnya, Anda memiliki blog dengan menggunakan layanan penyedia blog di Blogspot.com dengan alamat tampilan.blogspot.com dan ingin menggantinya dengan alamat tampilan.com. Maka Anda bisa melakukannya dengan cara custom domain dan tanpa perlu beli hosting karena hosting yang digunakan tetap pada domain utama yaitu Blogspot sebagai hosting domain baru Anda yaitu tampilan.com

Baca juga Custom Domain Blogspot

Untuk yang baru mengenal tentang website, domain, hosting, custom domain atau sebagainya dari artikel Apa Itu Pengertian Website, Domain, dan Hosting? yang telah diatas mungkin masih merasa bingung. Namun setelah langsung dipraktekkan atau membuat blog atau website, dalam 1 hari pasti sudah paham mengenai website, domain, blog, custom domain, dan hosting.
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
This Is The Oldest Page
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

Tidak ada komentar