--> Skip to main content
Menu

8 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Penting untuk Diperhatikan!

8 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Penting untuk Diperhatikan!

Cara merawat wajah berjerawat memang gampang-gampang susah. Kulit wajah yang berjerawat memerlukan perawatan yang lebih intensif

Cara Merawat Wajah Berjerawat

Semua wanita pasti ingin tampil sempurna dengan wajah yang bebas jerawat. Maka tak heran jika banyak wanita yang bergonta-ganti produk perawatan wajah demi mendapatkan wajah yang diinginkan. Saat ini, banyak wanita dengan jenis wajah acne prone belum paham bagaimana cara merawat wajah berjerawat mereka.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat wajah yang berjerawat. Namun perlu diingat, setiap tips yang mengharuskan memakai suatu produk, produk tersebut juga yang ditujukan untuk wajah berjerawat ya. Inilah beberapa cara merawat wajah berjerawat:

Membersihkan Wajah dengan Double Cleansing

Membersihkan muka atau wajah bagi sebagian wanita mungkin dianggap sebagai hal yang biasa dan tidak dapat memberikan efek apapun. Namun, sebenarnya ini salah. Membersihkan wajah memberikan dampak positif yang sangat besar pada kesehatan kulit pada bagian wajah.

Apalagi, sekarang sudah ada produk double cleansing. Double cleansing merupakan pembersihan wajah dengan dua tahap. Tahap pertama ini bisa dilakukan dengan produk micellar water, milk cleanser, atau cleansing oil. Fungsi dari tahap pertama ini adalah membersihkan pori-pori dari riasan (makeup) maupun dari debu yang menempel.

Mencuci Wajah dengan Sabun

Setelah membersihkan wajah menggunakan produk double cleansing, kini saatnya mencuci wajah menggunakan sabun. Pertumbuhan jerawat pada wajah biasanya dipicu oleh bakteri yang masuk ke pori-pori kulit wajah. Dengan menggunakan sabun, maka bakteri akan mati, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Pola Makan Sehat

Beberapa wanita mengira jerawat selalu disebabkan oleh bakteri dan kotoran yang ada pada bawah lapisan sel kulit epidermis. Padahal, ada banyak hal yang dapat memicu timbulnya jerawat, seperti pola makan yang tidak sehat.

Secara alami, segala makanan yang masuk dalam pencernaan akan berdampak pada kesehatan kulit, terlebih kulit wajah. Hindari makan makanan yang berminyak, seperti gorengan, makanan produk susu, dan lain-lain. Menghindari makanan berminyak akan menjaga kulit wajah dari serangan jerawat.

Hindari Begadang Terlalu Sering

Jam tidur yang kurang atau pola tidur yang terganggu dapat menyebabkan hormon kortisol dilepas secara berlebihan. Hormon ini bisa membuat peradangan di tubuh, termasuk di bagian wajah. Hal tersebut yang membuat begadang bisa menjadi faktor timbulnya jerawat.

Pilih Produk Kecantikan Terpercaya

Gunakan skincare untuk kulit berjerawat dan hindari produk kecantikan yang berbahaya bagi kulit. Untuk mengetahui apakah produk kecantikan tersebut berbahaya atau tidak, Anda dapat mengeceknya sendiri dengan melihat komposisi dari produk tersebut.

Beberapa komposisi yang cocok digunakan untuk kulit berjerawat di antaranya yaitu:

  1. Benzoil peroksida untuk membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat
  2. Asam salisilat untuk membersihkan pori-pori kulit dan meredakan radang pada jerawat
  3. Retinoid untuk mengangkat sel kulit mati, mengurangi minyak pada wajah, membersihkan pori-pori, dan membantu meringankan peradangan

Gunakan Toner untuk Kulit Berjerawat

Penggunaan toner khusus untuk kulit sensitif atau berjerawat dapat membantu untuk menghilangkan jerawat secara berangsung-angsur. Hal ini tentunya harus konsisten dilakukan, sehingga jerawat pun akan hilang dengan sendirinya.

Menggunakan Pelembab

Penggunaan produk untuk kulit berjerawat biasanya memiliki efek kulit menjadi kering. Maka dari itu, pelembab sangat penting digunakan untuk kulit berjerawat. Namun, jangan asal memilih pelembab. Kulit berjerawat akan cocok untuk memakai pelembab dengan tekstur lotion atau gel karena sifatnya lebih ringan.

Menggunakan Tabir Surya

Jika pelembab yang digunakan sudah mengandung SPF, penggunaan tabir surya dapat dilewati. Namun, jika belum, maka tabir surya sangat penting untuk digunakan. Sejumlah produk untuk kulit berjerawat rentan pada sinar matahari. Tabir surya akan meminimalisir dampak buruk sinar matahari terhadap wajah.

Cara merawat wajah berjerawat memang gampang-gampang susah. Kulit wajah yang berjerawat memerlukan perawatan yang lebih intensif, karena jenis kulit wajah sangat sensitif. Untuk mendapatkan perawatan kulit wajah yang intensif, Anda juga bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan. Di sana, Anda akan mendapatkan perawatan untuk kulit wajah yang berjerawat.

2 komentar

  1. Rudi Chandra
    Terima kasih buat tips dan infonya Mas.
    Soalnya jerawat di wajah emang bikin nggak nyaman banget.
    • Roni
      Terimakasih mas, semoga lekas sembuh dan hilang masalah jerawatnya :)
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]