Skip to main content
Menu

Sedang Populer, Kain Rayon Crinkle Airflow Bahan Seperti Apa?

Sedang Populer, Kain Rayon Crinkle Airflow Bahan Seperti Apa?

Kain crinkle kini sedang tren. Kain ini punya beberapa kelebihan sehingga punya banyak peminat. Penggunaannya beragam, bisa untuk baju gamis, kulot

Kain crinkle kini sedang tren. Kain ini punya beberapa kelebihan sehingga punya banyak peminat. Penggunaannya beragam, bisa untuk baju gamis, kulot, tunik, bawahan seperti celana dan rok, hijab, bahkan mukenah. Banyak jenis kain crinkle, beberapa yang populer adalah rayon crinkle airflow.

Sedang Populer, Kain Rayon Crinkle Airflow Bahan Seperti Apa?

Ada jenis crinkle yang disebut sebagai rayon crinkle atau crinkle rayon dan ada jenis crinkle airflow. Selain itu, ada jenis crinkle silk, katun crinkle, crinkle crepe, dan lain sebagainya. Pada umumnya kain crinkle ini terlihat pada teksturnya yang terkesan kasar. Berikut penjelasan lengkapnya.

Penjelasan Lengkap Rayon Crinkle Airflow

Jika Anda cari kain crinkle di pasaran, mungkin Anda bingung menemui jenis rayon crinkle dan crinkle airflow. Lantas apakah keduanya sama dengan rayon crinkle airflow? Tak perlu bingung. Itu hanya sebutan atau nama lain saja.

Keduanya serupa namun tak sama, karakteristiknya serupa dan fungsinya tetap sama.. Penjual biasanya juga langsung menyebut keduanya sebagai rayon crinkle airflow. Biasanya ada keterangan tambahan, apakah terbuat dari bahan rayon crinkle atau crinkle airflow. Simak penjelasan berikut.

Perbedaan Rayon Crinkle dan Crinkle Airflow

Perbedaan rayon crinkle dan crinkle airflow adalah rayon crinkle lebih adem daripada crinkle airflow. Teksturnya mirip, namun yang airflow tampak lebih halus dan kerutannya lebih samar dibandingkan bahan rayon crinkle. Begitupun ketika Anda cuci, bahan airflow tidak mengkerut.

1. Karakteristik Kain

Karakteristik kain sama dengan crinkle lainnya, yaitu bertekstur mirip kulit jeruk. Bahannya halus dan lembut, tidak panas, tidak licin, mampu menyerap keringat, tidak menyebabkan sensasi gatal pada kulit, dan kainnya jatuh yang berarti kain tidak kaku ketika Anda pakai.

Selain itu, kain ini banyak disukai karena meskipun tipis dan ringan, kain crinkle airflow maupun rayon crinkle tidak menerawang. Kain ini sangat cocok untuk aktivitas sehari-hari. Apakah bahan melar atau tidak? Ya, bahan crinkle bisa melar dan dapat kembali ke bentuk semula.

2. Kelebihan dan Kekurangan Bahan Crinkle Airflow dan Rayon Crinkle

Kelebihan dan kekurangan beberapa jenis crinkle kurang lebih sama karena karakteristiknya tidak jauh berbeda. Kelebihannya adalah Anda tidak perlu menyetrika pakaian dengan kain crinkle, karena baju bahan crinkle tidak mudah kusut.

Biasanya yang jadi dilema adalah cari kain yang tidak menerawang. Jadi, menggunakan kain yang tebal sehingga panas. Menggunakan crinkle tentu lebih nyaman, karena kainnya tipis dan tidak menerawang. Jenis rayon pun bahannya lebih adem, sangat cocok dengan suhu Indonesia yang lumayan panas.

Sementara itu, kekurangannya adalah mudah rusak apabila perawatannya tidak tepat. Khususnya ketika Panas yang berlebihan dari matahari atau setrika. Baju mudah menyusut dan kusut jika terpapar panas tinggi dan lama.

3. Harga Rayon Crinkle Airflow

Harga yang polos dan motif kurang lebih sama. Contoh, motif bunga, polkadot, kotak, dan lain-lain. Harga kain berikut hanya kisaran harga umum di pasaran. Harga bisa berbeda tergantung merk dan produsen kain.

4. Harga Kain Biasa dan Premium

Harga per meter untuk jenis yang biasa adalah kisaran belasan hingga puluhan ribu rupiah atau sekitar 13 ribu sampai 20 ribu rupiah untuk panjang setengah meter dan lebar sekitar 1,5 meter. Butuh berapa meter untuk membuat baju? Tergantung ukuran tubuh masing-masing individu.

Kain Rayon Crinkle Airflow

Umumnya untuk celana wanita kurang lebih 1,5 x 2 meter atau 1,5 x 2,5 meter. Kebutuhan lain, seperti gamis, mukenah, atau tunik tentu butuh kain yang lebih banyak. Selain itu, ada kain rayon airflow dan kain crinkle airflow premium Kisaran harganya, yaitu 30 sampai 35 ribu rupiah per meter.

5. Perbedaan Kain yang Biasa dan Premium

Apa yang membedakan kain biasa dan premium? Komposisi atau material kain bisa berbeda, ada campuran bahan tertentu. Karakter kain lebih bagus yang premium, dan harganya bisa lebih mahal. Anda bisa beli di online shop atau langsung ke toko kain atau bahan tekstil.

Tak jarang ada harga murah pada produk kain crinkle premium. Namun, ternyata crinkle biasa. Jika melihat saja maka akan sulit untuk membedakan kain biasa dan premium. Lebih jelas jika Anda membandingkan langsung dari 2 sampel.

6. Tips Merawat Pakaian dari Kain Crinkle Airflow atau Rayon Crinkle

Perawatan baju tiap kain biasanya berbeda. Hal ini bertujuan merawat baju atau kain agar tetap bagus, tidak cepat rusak dan awet. Petunjuk perawatan biasanya ada pada kemasan ketika baru membeli atau ada pada label baju. Namun, tidak semua produk mencantumkan hal itu.

Selain itu, perawatan yang salah bisa menyebabkan perubahan tekstur kain, terlebih kain crinkle bisa tambah kusut, ukuran menyusut dan lain sebagainya. Oleh karena itu, berikut tips merawat pakaian yang terbuat crinkle rayon atau airflow.

7. Tips Mencuci Kain Crinkle Rayon atau Airflow

Cuci kain menggunakan tangan, cuci manual akan membuat baju semakin tahan lama. Karakteristik kain crinkle yang tipis akan rawan rusak jika sering cuci menggunakan mesin cuci. Tidak hanya itu, warna kain crinkle juga bisa cepat pudar.

Rugi bukan jika baju cepat rusak? Jadi, cuci menggunakan tangan. Tidak perlu terlalu keras, cuci biasa saja bagian yang kotor menggunakan detergen dan bilas menggunakan air hingga busa detergen benar-benar bersih, peras baju, lalu jemur.

8. Tips Menjemur Kain Crinkle Rayon atau Airflow

Bagian menjemur juga tidak bisa sembarangan. Sebaiknya jemur dengan cara diangin-anginkan saja. Tidak perlu menggunakan mesin pengering baju atau terkena matahari langsung. Boleh terkena panas matahari. Namun, hindari terkena panas matahari dalam waktu yang lama, misal dari pagi sampai sore.

Menjemur dibawah panas matahari langsung berpotensi membuat baju menyusut atau mengecil. Sebenarnya tak hanya crinkle, jenis kain lain juga sebaiknya tidak terkena panas matahari dalam waktu yang lama, karena warna kain bisa cepat memudar.

9. Tips Menyetrika Crinkle Rayon atau Airflow

Setelah cuci dan jemur yang tepat. Apakah perlu setrika? Sebaiknya tidak usah setrika karena bukannya membuat licin, malah bisa tambah kusut. Produk baru biasanya ada lipatan atau bagian yang terlalu kusut sehingga Anda bisa setrika dengan syarat jangan terlalu panas.

Bagaimana caranya? Jangan memaksimalkan suhu setrika. Sebelum menyetrika coba dahulu pada kain lain sebentar saja dan rasakan. Jika terlalu panas maka turunkan suhu, apabila sudah pas maka setrika pakaian. Tidak perlu semua bagian disetrika, bagian tertentu saja.

Bagaimana Jika Crinkle Rayon atau Airlow Terlanjur Menyusut atau Kusut?

Jika terlanjur menyusut maka sulit untuk kembali ke bentuk semula. Namun, jika kusut masih ada kesempatan untuk kembali ke bentuk awal. Caranya adalah dengan mencuci lagi, keringkan dengan angin saja, dan jangan mengulangi menyetrika.

Rayon crinkle airflow bisa jenis rayon crinkle atau crinkle airflow. Keduanya punya karakteristik yang mirip. Kain ini bisa jadi pilihan yang tepat karena selain trendi, kain crinkle ini juga cocok untuk berbagai model pakaian, memberi kesan mewah, sangat nyaman, dan punya banyak kelebihan.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]