Skip to main content
Menu

Ada Berapa Jenis Kain Rayon yang Paling Bagus dan Premium?

Ada Berapa Jenis Kain Rayon yang Paling Bagus dan Premium?

Jenis kain rayon menjadi bahan pakaian yang terkenal dalam perindustrian tekstil. Terutama untuk jenis jenis rayon yang paling bagus. Penggunaan kain

Jenis kain rayon menjadi bahan pakaian yang terkenal dalam perindustrian tekstil. Terutama untuk jenis jenis rayon yang paling bagus. Penggunaan kain rayon bisa beragam. Bukan hanya untuk kaos, tetapi bisa juga untuk mukena maupun untuk daster.

Ada Berapa Jenis Kain Rayon yang Paling Bagus dan Premium

Macam Macam Jenis Kain Rayon yang Bagus

Jenis bahan rayon ada banyak macamnya. Popularitasnya pun tak kalah dengan kain katun. Jadi penting untuk memilih kain rayon yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, agar lebih berguna. Berikut contoh terbaik dari banyak kain:

1. Rayon Crinkle

Satu ciri paling jelas untuk membedakan bahan ini dengan lainnya adalah jenis kain rayon crinkle punya tekstur yang tidak rata. Keunikan ini membuatnya tampak berkerut-kerut seperti kulit jeruk. Meski teksturnya sendiri tetap terasa lembut, halus, serta tidaklah terlalu tebal.

Dress dengan bahan dasar pembuatan dari rayon crinkle bisa memberi kenyamanan ke pemakainya, walau cuaca sedang panas. Dengan rasa lembut dan dingin saat bersentuhan dengan kulit, penggunaan jenis kain berbahan crinkle biasanya adalah untuk dress atau tentunya jilbab.

2. Rayon Janger

Ada lagi jenis kain yang biasa untuk bahan pembuatan mukena karena kecocokannya, yakni rayon janger. Bahan kain yang merupakan campuran dari beberapa serat ini punya karakteristik kain yang adem, dingin, atau sejuk.

Kainnya sendiri pun yang paling tebal ketimbang rayon lain pada umumnya. Dengan tekstur yang lembut dan halus, serta punya daya serap yang tinggi terhadap air. Jika Anda hendak membeli mukena, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih yang dari bahan ini.

3. Rayon Jersey

Jenis kain rayon ini adalah pencampuran antara serat rayon dan serat jersey. Bahan-bahannya sendiri terdiri dari campuran katun, wol, serta bahan yang sintetis. Jadi rayon jersey juga bisa dikatakan sebagai jenis rayon yang menjadi turunan dari gabungan beberapa kain bahan.

Penggunaan salah satu jenis kain dari rayon ini banyak menjadi bahan untuk pakaian-pakaian bawahan. Misalnya rok, gamis, atau yang lainnya. Karakteristik kain ini paling bagus memang untuk pakaian-pakaian tersebut, karena jenisnya yang tidak mudah kusut dan bersifat jatuh.

Ada pula tekstur mengkilap dari jenis kain ini, karena bahannya. Namun jika Anda tidak merawat kain ini dengan baik, maka akan mudah melar. Sebagai bahan untuk atasan, jenis ini tidak cocok karena daya serap airnya yang rendah. Jadi akan agak panas.

Namun kain ini punya kelembutan. Oleh karena itu lebih pas kalau untuk rok atau gamis wanita. Apalagi, pakaian-pakaian bawahan itu cenderung tidak terhindarkan untuk kusut, atau berhadapan dengan lekukan maupun tekanan. Kainnya pun tidak menerawang, karena serat-seratnya yang rapat.

4. Rayon Polyester (PE)

Jenis kain PE rayon mengombinasikan rayon dengan polyester. Nilai benda-benda buatan Polyester bisa ditentukan dari harga dan besaran polyester yang terkandung. Apakah besar atau kecil. Jika kandungan polyester-nya tinggi, maka harganya akan menjadi murah.

Ketika kandungan polyester-nya tinggi, maka karakteristik kainnya akan jadi cukup kasar, kaku, bahkan mudah robek saat Anda menggunakannya. Jika Anda menjumpai jenis kain ini di pasaran, maka harganya mestinya murah. Kainnya saja tak seperti bahan rayon pada umumnya.

Anda mesti hati-hati saat menggunakan jenis kain polyester rayon. Jangan sampai tersangkut ke benda-benda keras, terutama yang tajam, atau mendapat tekanan kuat. Jenis rayon ini juga terbilang agak panas. Biasanya, penggunaan kain ini adalah untuk mukena.

jenis kain rayon

5. Rayon Spandeks

Boleh jadi jenis bahan kain rayon inilah yang paling bagus daripada jenis rayon lainnya. Teksturnya saja lebih lembut, nyaman, serta punya elastisitas lebih baik. Ciri khasnya yang paling kentara adalah punya warna sangat beragam, dengan nuansa yang cerah.

Jadi tak heran lagi, ketika jenis ini banyak menjadi bahan dasar dalam pembuatan jilbab, kaos, maupun pakaian olahraga. Hasil dari pencampuran antara serat spandex dan rayon ini memberikan karakteristik baru pada sebuah kain bahan.

Selain punya warna lebih cerah, jenis kain spandek rayon juga bisa menunjukkan lekukan badan. Jadi bila ingin menghindari bentuk badan untuk terlihat, maka jangan gunakan pakaian berbahan ini. Namun kelenturan kainnya berguna untuk membuat kaos atau pakaian olahraga.

6. Rayon Twill

Bahan rayon twill juga terbilang sering ada dalam proses pembuatan pakaian. Salah satu jenis dari rayon yang bagus ini pas untuk keperluan pembuatan atasan maupun bawahan. Misalnya rok atau celana panjang. Perbedaan besar antara rayon twill dengan yang lainnya adalah pada teksturnya.

Tekstur jenis bahan rayon twill memiliki motif atau serat yang beralur-alur secara diagonal. Bahkan sampai dikenal luas punya kualitas yang tinggi dan nyaman setiap terkena kulit. Jika melihat dari namanya, jenis kain ini menyatukan rayon dan twill.

Gabungan antara jenis kain berserat dari dinding sel (selulosa) tumbuhan, dengan teknik penenunan terhadap kainnya. Jika Anda melihat tampilannya, jenis rayon ini memang tampak menyerupai kain-kain twill sebagaimana umumnya. Namun ada karakteristik yang unik pada kainnya.

Jenis bahan rayon twill punya jarak antar benang yang tidak terlalu rapat. Terdapat semacam pola diagonal atau susunan kotak-kotak yang ada pada permukaan kainnya. Perbedaannya dengan rayon biasa adalah rayon twill terbilang cukup lebih kuat.

Orang-orang pun kemudian menyebut bahan super ini sebagai rayon premium. Bukan tanpa alasan. Jenis kain rayon twill adalah yang paling tebal dan kuat daripada jenis rayon lainnya. Kain ini pun tidak gampang kusut, aman untuk kulit Anda, dapat menyerap keringat, bahkan serbaguna.

7. Rayon Viscose

Ada jenis kain rayon yang jarang terdengar publik, yakni Viscose. Kendati demikian, banyak pakaian berbahan kain ini yang menjadi favorit bagi para perempuan. Jenis rayon ini memiliki kualitas yang amat baik. Ada beragam pilihan warna yang dapat Anda pertimbangkan.

Selain itu dari segi harga, viscose pun terbilang cukup terjangkau. Penggunaan salah satu jenis dari rayon ini biasanya adalah untuk membuat baju-baju tunik, gamis, rok perempuan, maupun blus. Sudah terlihat dari sini bahwa segmentasinya memang untuk perempuan.

8. Rayon Uniqlo

Tidak asing dengan namanya? Anda tentu sudah banyak menjumpainya dalam mall-mall. Boleh jadi uniqlo juga adalah jenis bahan rayon premium yang populer bagi kalangan masyarakat modern kelas atas. Tidak hanya premium semata, jenis rayon ini juga memiliki berbagai kelebihan.

Teksturnya saja merupakan yang paling bagus (halus dan dingin). Jadi sudah pasti nyaman untuk Anda gunakan. Penggunaannya biasanya adalah untuk dress, baju, tunik, hingga mukena premium. Bahkan tingkat kerapatan benangnya pun bagus, berbeda dari rayon yang lainnya.

----

Memilih jenis kain rayon yang tepat amat penting bila Anda hendak membuat pakaian sendiri. Pun demikian jika Anda ingin membeli pakaian-pakaian yang awet tahan lama. Pilihlah pakaian-pakaian yang memang berasal dari bahan-bahan kain yang bagus agar tidak menyesal nantinya.

Selain jeli dalam memilih bahan rayon bagus atau tidak, pastikan juga melakukan perawatan yang baik dan benar setelah membeli. Kain dengan jenis sebaik apapun, tanpa perawatan yang baik dan benar, sama saja akan merusak kualitas dari kain itu sendiri.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]