--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Meningkatkan Performa Loading Blog

Meningkatkan Performa Loading Blog

Tidak mudah memang untuk meningkatkan performa loading blog, sekalipun template yang digunakan adalah template dengan kode yang sudah dioptimalkan oleh pengembangnya. Namun ketika template tersebut sudah digunakan oleh pengguna dan ditampilkan kedalam blognya, ternyata performa loading blog menjadi menurun. Kenapa bisa menurun? Banyak faktor yang membuat loading menjadi menurun setelah digunakan.

Salah satu yang menjadi masalah umum menurunnya loading atau kecepatan blog adalah penggunaan gambar dalam artikel. Gambar artikel yang digunakan akan menjadi thumbnail atau gambar kecil yang tampil di halaman depan blog. Jika penggunaan gambar pada artikel memiliki ukuran atau size yang besar maka berpengaruh pada thumbnail yang tampil.

Baca Juga: Cara Mengubah Ukuran Gambar Artikel Menjadi Kecil

Bagaimana solusinya agar loading gambar menjadi lebih cepat atau paling tidak memiliki kecepatan yang sama ketika template tersebut digunakan oleh pengembangnya. Caranya adalah dengan mengikuti tata cara penggunaan gambar yang sudah direkomendasikan oleh pengembang template blog tersebut. Atau menyesuaikan dengan kode ukuran dari gambar yang digunakan. Biasanya kode gambar ini ditulis dalam kode CSS atau script yang terpasang.

Baca Juga: Cara Optimasi Gambar Artikel Blog Agar SEO Friendly

Selain gambar ada juga kode script, penambahan kode script dan penambahan element yang dilakukan oleh pengguna menjadi faktor tambahan yang membuat loading blog menjadi lambat.

Untuk membuat performa blog tetap atau bahkan menjadi lebih baik lagi, tentunya membutuhkan pembelajaran yang dilakukan secara bertahap, teliti dan harus sabar. Bahkan untuk membuat loading blog menjadi benar-benar wuss itu memang tidak mudah, apalagi jika blog menggunakan platform Blogger atau Blogspot.

Apakah blog yang menggunakan Wordpress dengan domain dan hosting memiliki performa yang lebih baik? Belum tentu juga, bahkan banyak sekali blog-blog yang menggunakan Wordpress memiliki skor merah saat di cek dibeberapa layanan analisis konten web. Namun meskipun skor mereka merah, ternyata saat diakses loading blog tetap terasa cepat dan hampir semua halaman terbuka dengan baik tanpa ada jeda atau penundaan.

Kenapa bisa seperti itu? Untuk pengguna Wordpress mungkin sedikit lebih senang, sekalipun skor loading blog bernilai lambat atau skor merah namun akses tetap terasa lebih cepat, semua itu dikarenakan adanya plugin yang membantu performa loading tetap cepat.

Namun tidak begitu dengan Blogger, jika ada script yang dipasang kedalam kode template membuat loading blog menurun, maka mau tidak mau harus mengoptimalkan script tersebut secara manual, tanpa bantuan plugin. Apakah pengguna Blogspot harus pesimis untuk meningkatkan kecepatan loading blog mereka?

Tentu saja tidak, harus optimis karena banyak juga blogger-blogger yang memiliki blog dengan performa yang sangat baik, contohnya adalah blog Digital Poin ini. Dengan menggunakan template bawaan yang sudah benar-benar oke punya dari template Kompi Flexible, performa blog ini tetap baik. Bahkan dengan adanya beberapa perubahan yang di edit, tetap membuat blog ini memiliki loading yang wuzz.

Bagaimana Cara Meningkatkan Performa Loading Blog?

Tidak ada cara yang akan saya bahas didalam artikel ini, karena caranya sudah saya bahas diartikel sebelumnya yang bisa dipelajari di Cara Membuat Loading Blog Cepat. Diartikel tersebutlah saya belajar dan belajar untuk membuat blog ini tetap baik, baik dari segi tampilan dan kecepatan blog. Selain dari artikel tersebut, saya juga sering-sering bermain di beberapa blog yang membahas tentang kecepatan blog.

Blog-blog yang sering saya kunjungi untuk belajar yaitu kompiajaib.com dan igniel.com serta blog-blog yang lainnya. Namun yang lebih sering itu tentunya ke Kompi Ajaib karena tips-tips yang ditulis oleh Kang Adhy sebagai pemilik blog tersebut, sesuai dengan keberadaan blog ini. Apalagi template yang digunakan pada blog ini adalah template buatan Kang Adhy.

Oleh karena itu jika ingin melakukan perubahan atau edit-edit pada kode template blog Anda, lebih baik carilah tutorial atau panduan yang disediakan oleh pembuat template blog tersebut. Jangan menggunakan tutorial yang lain. Karena dengan menggunakan tutorial yang disediakan oleh pembuat template akan memudahkan dalam melakukan editing.

Selanjutnya belajar ke web-web penyedia tutorial atau membaca artikel-artikel yang ada di forum-forum coding. Dengan cara seperti itu, akan membuat kita lebih tahu dan mengerti tentang kode script yang digunakan pada kode template blog. Dari pembelajaran tersebut, setidaknya saya sudah mulai bisa membuat tampilan blog ini menjadi lebih baik dan tetap menjaga performa loading dan akses setiap halaman di blog ini.

Performa blog ini bisa di cek di beberapa layanan analisis seperti:

  1. Lighthouse yang menunjukkan 99 untuk Performance, 100 untuk Accessibility, 100 untuk Best Practices dan 100 untuk SEO serta Progressive Web App yang dinilai valid atau bisa Anda cek sendiri menggunakan ekstensi Lighthouse di browser Chrome laptop Anda.
  2. PageSpeed Insights Google untuk blog ini juga memiliki skor yang hampir mencapai angka 100, untuk tampilan desktop dan tampilan seluler.
  3. GTMetrix juga menunjukkan angka yang sempurna yaitu 100 dengan grade A. Meskipun ada beberapa yang harus dibenahi.

Mengecek performa blog setiap saat itu memang perlu agar keadaan blog tetap diketahui dengan baik. Kalau menggunakan Wordpress, melakukan pengecekan ini sama dengan melihat kesehatan situs yang bisa dilihat di pengaturan. Untuk Blogger hanya bisa dilakukan secara manual.

Dengan selalu menjaga performa blog maka akan berefek baik untuk perkembangan blog itu sendiri. Tidak hanya untuk kenyamanan pengguna, tapi dari segi ranking atau peringkat, perlahan-lahan akan mengalami peningkatan. Sabar dan pasti akan menikmati hasilnya.

Apalagi pemula seperti saya ini, memang harus benar-benar bersabar untuk menikmati hasil dari setiap yang saya lakukan untuk blog ini. Belajar adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan sendiri, tidak perlu menggunakan jasa meningkatkan performa loading blog, karena blog yang dikelola memiliki jangka waktu yang sangat lama dan kita bisa mempelajarinya secara pelan-pelan.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]