Skip to main content

Tips Memilih Penyedia Domain dan Hosting yang Benar Agar Tidak Bikin Bete

Membuat blog di Blogspot bisa menggunakan domain dan subdomain yang ada. Jika menggunakan domain maka harus benar-benar memilih penyedia domain yang benar-benar bagus. Bagus dalam artian disini bukan hanya sekedar dari speed layanan yang digunakan tapi termasuk juga termasuk respon yang diberikan serta beberapa opsi yang memudahkan customer. Memang tidak ada layanan yang sempurna tapi setidaknya sudah ada komitmen untuk memberikan respon dan layanan yang baik.

Tips Memilih Penyedia Domain dan Hosting yang Benar Agar Tidak Bikin Bete
Di Indonesia banyak sekali penyedia layanan domain dan hosting. Namun tidak semua layanan tersebut memiliki respon yang baik. Baik itu dari akses server yang diberikan dan respon customer service yang lambat. Untuk itu jika ingin menggunakan layanan penyedia domain, pilih yang benar-benar bagus dalam segala hal. Bagaimana cara menentukan kalau layanan tersebut benar-benar bagus? (4)

Bagaimana caranya melihat atau mengetahui sebuah layanan memiliki reputasi yang baik dalam memberikan jasanya kepada setiap customernya? Tidak mudah jika tidak mengalaminya sendiri. Bahkan jika hanya melihat berbagai testimoni yang ada juga bukan jaminan layanan tersebut memiliki layanan yang bagus. Karena untuk testimoni yang ada, pasti diambil dari testimoni-testimoni yang baik-baik saja.

Lantas bagaimana cara menentukan dan memilih penyedia domain dan atau hosting yang benar-benar bagus? Pengalaman saya selama ini sudah menggunakan beberapa layanan seperti Idwebhost, Dracoola, Domainesia, Rumahweb, Dewaweb, Qwords, Pusathosing, Niagahoster, dan Hostinger. Mana yang lebih baik? Tidak ada yang jelek, semuanya baik. Tapi ada kekurangan yang terdapat pada masing-masing layanan tersebut. Dan dari kekurangan tersebut, dibawah ini saya simpulkan menjadi sebuah tips memilih penyedia domain.

Tips Memilih Penyedia Domain dan Hosting

Meskipun sudah menggunakan banyak layanan, saya tidak bisa memberikan pengalaman saya dalam menggunakan layanan tersebut. Kecewa, mangkel, dan ngumpat-ngumpat sendiri karena layanan yang sangat tidak memuaskan adalah sebuah pelajaran bagi saya. Kenapa saya tidak memberikan mana layanan yang buruk dan yang tidak? Setiap pengguna layanan tentunya memiliki pengalaman yang berbeda-beda, jadi tidak seharusnya saya memberikan nilai negatif tersebut disini.

Namun dengan adanya tips dibawah ini, setidaknya menjadi panduan awal Anda dalam menentukan sebuah layanan domain yang akan digunakan. Berikut beberapa tips dalam memilih penyedia domain:

1. Akses Wesbsite Cepat
Pastikan website penyedia layanan bisa diakses dengan cepat dan tidak lola alias loaidng lama. Mulai dari halaman depan, halaman member, dan semuanya sangat mudah diakses, baik itu di akses di laptop atau ponsel. Jika halaman website saja sudah sangat lambat diakses maka layanannya juga lambat.

2. Memiliki Komunikasi yang Mudah
Komunikasi antara penyedia dan customer sangat penting terjadi. Bahkan pihak penyedia harus mempersiapkan segala bentuk media komunikasi agar customer atau calon customer sangat mudah dalam melakukan komunikasi. Pastikan di halaman website penyedia sudah terdapat Chat Live yang langsung mudah diakses dan tidak perlu melakukan Login. Jika masih harus login hanya untuk Live Chat, lebih baik gunakan layanan yang lain yang lebih responsive melayani customernya. Dan lebih bagus lagi kalau sudah tersedia chat menggunakan Whatsapp.

3. Respon Cepat
Semua layanan penyedia domain yang saya sebutkan diatas sudah dalam bentuk perusahaan, baik itu PT atau pun CV. Jika sudah dalam berbentuk perusahaan maka sudah melibatkan banyak orang. Oleh karena itu jika ada customer yang menanyakan something melalui Live Chat, responnya lama dan bertanya pada waktu jam kerja, maka pertimbangkan kembali untuk menggunakan layanan ini.

4. Server Akses Cepat
Kecepatan akses sebuah blog tidak serta merta dari penggunaan yang dilakukan oleh pemiliknya. Meskipun hanya sekedar menyewa domain, tapi akses server yang diberikan pada sebuah layanan juga memperngaruhi kecepatan sebuah blog atau website. Untuk itu jika penyedia selalu mengalami masalah dalam memberikan layanannya, pertimbangkan kembali untuk melanjutkan sewa domain Anda disana.

Saat ini saya memiliki blog di Blogspot dengan custom domain yang jika diakses tanap WWW, blog tersebut tidak bisa diakses. Padahal pengaturan di Blogger sudah dilakukan redirect tanpa atau menggunakan WWW.

5. Server Sering Down
Jika mendapatkan layanan seperti ini dan selalu bertele-tele dalam menyelesaikan masalah Anda karena blog atau website tidak bisa di akses. Segera tinggalkan biar gak bikin bete.

Kelima poin diatas adalah yang utama menurut saya dan yang paling dasar yang harus dipenuhi dan dimiliki oleh sebuah layanan penyedia domain. Tidak perlu dulu melihat berapa biaya atau harga dari sebuah domain atau hosting. Atau fitur-fitur canggih lainnya. Dasarnya dulu penuhi, jika dasarnya sudah bagus banget, maka semua layanan yang dimiliki pasti akan bagus juga.

Untuk biaya harga domain, saat ini rata-rata semuanya hampir sama. Khsusunya yang domain dengan ekstensi umum seperti .com, .id, .net, .info, dan .org memiliki harga yang relatif sama. Yang membedakan paling-paling hanya di harga hosting. Kalau harga hosting sudah menjadi rahasia dapur mereka.

semoga tips memilih penyedia domain ini bermanfaat. Didalam artikel ini tidak ada pihak yang dirugikan, ini adalah penilaian umum dan saya tidak menyebut secara khusus layanan yang baik atau tidak baik. Jika ingin mengetahui penilaian saya untuk sebuah layanan domain, bisa di search di artikel blog ini, saya sudah membahasnya disana. Terimakasih.

2 Komentar

  1. Saya sendiri sudah dua tahun langganan di salah satu penyedia domain dan hosting, enak komunikasinya. Respon via libe chatnya cepat, saya rasa itu faktor yang paling utama. Ya kalo lambat, diragukan sih layanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, kenyamanan adalah salah satu faktor untuk tetap menggunakan layanan tersebut

      Hapus