Skip to main content

Cara Mengubah Ukuran Gambar Artikel Menjadi Kecil

Untuk mempercepat loading blog salah satunya adalah dengan mengurangi ukuran gambar menjadi lebih kecil. Baik itu gambar yang digunakan dalam artikel atau gambar keseluruhan yang ada pada blog. Dengan mengubah ukuran gambar ini diharapkan loading blog menjadi lebih cepat dan bahkan menjadi ukuran gambar yang benar-benar teroptimasi. Bahkan dengan melakukan cara ini tidak perlu menggunakan script atau layanan tambahan untuk mengoptimalkan akses load semua gambar yang ada.

Cara Mengubah Ukuran Gambar Artikel Menjadi Kecil
Untuk mengganti atau mengubah ukuran sebuah gambar yang digunakan pada sebuah blog bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dan salah satu cara yang paling bagus adalah dengan membuat gambar sendiri dengan menggunakan aplikasi. Salah satunya adalah Photoshop (PS). Dengan menggunakan aplikasi seperti PS maka dengan mudah mengatur ukuran gambar yang diinginkan. Bahkan gambar yang dibutuhkan bisa sesuai dengan topik bahasan yang ada didalam artikel blog.

Apakah semua artikel bisa menggunakan gambar yang dibuat sendiri? Bisa banget. Sekalipun artikel yang dibahas membahas tentang traveling, teknologi, kesehatan, kuliner, cerita sehari-hari dan sebagainya. Semuanya bisa menggunakan gambar yang dibuat sendiri. Misalkan artikel yang dibuat membahas masakan. Buat saja gambar tentang masakan dengan sebuah nama. Dan gambar yang dibuat ini digunakan sebagai gambar utama dan gambar tentang masakannya itu sendiri diletakkan pada gambar kedua, ketiga atau keempat.

Kenapa harus mengatur gambar seperti itu? Karena gambar pertama yang dipasang didalam artikel menjadi gambar ringkasan atau thumbnail yang tampil di halaman depan blog. Dan gambar pertama atau thumbnail inilah yang di load saat halaman blog dibuka. Oleh karena itu, semakin kecil ukuran gambar utama yang digunakan, maka semakin cepat proses load yang dibutuhkan untuk membuka semua halaman depan blog atau artikel secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Mengganti Ukuran Gambar Dalam Artikel Blog?


Seperti yang telah disebutkan diatas, untuk mengganti ukuran gambar menggunakan aplikasi Photoshop. Namun jika Anda tidak bisa menggunakan aplikasi ini dan tidak ingin membuat gambar sendiri alias menggunakan gambar hasil jepretan kamera atau dari Google. Maka salah satu cara terbaik adalah menggunakan layanan online yang bisa mengatur ukuran gambar menjadi lebih kecil.

Di internet banyak sekali layanan gratis yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran gambar. Saya sendiri biasanya menggunakan Tinypng untuk mengkompres ukuran gambar menjadi ukuran terkecil. Namun layanan ini tidak bisa mengubah ukuran gambar secara keseluruhan. Layanan ini tidak memiliki fitur pengganti ukuran lebar dan tinggi gambar dan tidak bisa mengkompres warna gambar. Jika gambar memiliki ukuran warna yang padat misalkan gambar HD maka besar kemungkinan ukuran yang dihasilkan saat dikompress menggunakan Tinypng masih memiliki ukuran yang agak besar. Meskipun presentasenya sudah berkurang.

Ada kah layanan yang lebih baik dari Tinypng atau yang lainnya? Tapi di Tinypng memiliki layanan lainnya yang tidak dimiliki oleh yang lain. Selain Tinypng, saya sering menggunakan Hnet. Sebuah layanan online yang digunakan untuk mengkompres berbagai media seperti Video, MP3, GIF, PDF, Webp, JPG, Png, Gif, dan ICO.

Dengan menggunakan Hnet, maka beberapa hasil ukuran gambar yang diinginkan bisa diatur seperti gambar dibawah ini:

Cara Mengubah Ukuran Gambar Artikel

Untuk menggunakan layanan ini, silahkan akses di https://hnet.com dan pilih layanan kompres media yang dinginkan.

Namun perlu diperhatikan, ketika melakukan kompres gambar, jangan terlalu berlebihan yang bisa mengurangi kualitas gambar. Semakin diperkecil ukurannya maka tampilan gambar menjadi buram dan kurang bagus. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jangan pasang link ya...

Belum ada Komentar

Posting Komentar