Skip to main content
Kelas Online: Belajar Website!

Cara Membuat Loading Blog Cepat Banget Gak Pake Lama

Cara Membuat Loading Blog Cepat Banget Gak Pake Lama
Cara Membuat Loading Blog Cepat Banget Gak Pake Lama - Siapa yang tidak menginginkan dan memiliki blog yang saat di akses memiliki kecepatan loading yang super cepat bahkan bisa di buka dalam beberapa detik saja. Tentu semua blogger termasuk admin blog ini menginginkan seperti itu. Bagaimana agar loading blog bisa cepat dan sangat mudah saat di akses? Tentu banyak cara dan syarat yang bisa membuat loading blog cepat. Dan untuk membuat blog atau website bisa di akses dengan cepat juga bukan hal yang mudah dilakukan, kecuali Anda mau belajar dan Anda adalah seorang pengembang website.

Untuk mengetahui loading blog cepat atau tidak, Ada banyak cara dan tentunya menggunakan layanan yang bisa menghitung kecepatan sebuah blog. Akan tetapi setiap layanan tersebut masing-masing memiliki penilaian tersendiri dalam menghitung atau menilai kecepatan loading sebuah blog atau website. Sehingga, nilai dari loading sebuah blog bisa dikatakan cepat atau tidak itu, tidak ada yang bisa memberikan nilai ukur yang pasti namun rata-rata memberikan penilaian antara 90 - 100 dan ada yang menilai kecepatan blog dari lamanya akses yang dibutuhkan, 1 - 3 detik adalah waktu tercepat yang bisa dimiliki oleh sebuah blog atau website.

Cara Membuat Loading Blog Cepat Banget Gak Pake Lama
Ada beberapa syarat yang biasanya ditetapkan oleh banyak teman-teman blogger senior dalam menentukan kecepatan atau loading sebuah blog dan dari syarat yang ditentukan ini ada yang membuat teman-teman blogger junior seperti admin blog ini merasa kesulitan dalam melakukan optimasi loading blog. Sehingga mau tidak mau mengabaikan ketentuan tersebut, apalagi jika blog yang digunakan adalah blog dengan platform Blogspot. Optimasi pada blog ini benar-benar bikin mumet banget. Berikut beberapa syarat agar loading blog cepat yang kami rangkum dari beberapa sumber:

1. Template (Tema) Blog
Template atau tema blog menjadi salah satu syarat utama yang menentukan kecepatan atau loading sebuah blog atau website. Biasanya template yang memiliki loading yang cepat adalah template yang premium alias berbayar karena template jenis ini sudah di optimasi sedemikian rupa, selain memberikan tampilan yang menarik juga sangat ringan dan selalu di update jika ada error atau bug dalam template tersebut. Untuk menggunakan template jenis ini, Anda bisa melihatnya di blog Kompi Ajaib dan IDE Themes. Kedua blog ini menyediakan template-template dengan loading yang cepat, khususnya premium.

Baca Juga: Template SEO Friendly, Fast Loading, Responsive yang Digunakan Digital Poin

2. Penggunaan Widget Tampilan
Banyak blogger yang menginginkan tampilan blognya sangat menarik dengan menambahkan berbagai widget-widget pendukung yang biasanya terpasang dibagian sidebar dan footer, baik itu di halaman depan (Home) atau di halaman posting blog. Namun ternyata penggunaan widget yang berlebihan bisa membuat loading blog menjadi lambat. Untuk itu, saran kami gunakan widget yang benar-benar dibutuhkan dan hindari penggunaan widget yang berisi banyak gambar, kecuali gambar tersebut sudah di optimasi ukurannya.

3. Kode CSS, HTML dan Javascript
Kode CSS dan HTML mungkin masih bisa atur agar loading blog semakin cepat, namun pastikan untuk tidak terlalu menggunakan kode CSS yang berlebihan karena terkadang ada kode CSS yang sama yang digunakan pada selector ID dan Class. Berbeda dengan penggunaan Javascript, ketika sudah melakukan optimasi pada kode Javascript maka hal yang harus diperhatikan adalah bekerja atau tidaknya script tersebut. Selain itu, sama halnya dengan kode CSS, jika ada script yang memiliki definisi yang sama pastikan untuk menggabungkan script tersebut, jangan berdiri sendiri.

Selain itu, penilaian dari kecepatan sebuah blog biasanya hanya dilakukan pada halaman depan (Home) saja, untuk itu gunakan kode CSS, HTML, Script yang minimal agar loading blog tetap maksimal. Namun jangan abaikan juga halaman postingan karena di halaman ini pengunjung atau pembaca blog lebih sering mengunjungi blog Anda untuk membaca informasi yang ada.

4. Gambar
Gambar, logo, dan icon adalah bagian terpenting yang bisa membuat blog cepat dan lambat. Semakin besar ukuran gambar maka semakin lama yang dibutuhkan untuk membuka gambar tersebut secara penuh, tidak peduli berapa dimensi gambar yang digunakan jika ukurannya besar maka akan membuat laoding blog semakin lambat. Untuk gambar blog Digital Poin ini memiliki dimensi 1200 x 800 dan masing-masing gambar memiliki ukuran yang tidak sama, paling besar adalah 50 Kb dan paling kecil ada 13 Kb. Dengan ukuran seperti itu, blog ini masih terasa lambat.

Banyak yang mengatakan ukuran dari sebuah gambar blog paling besar adalah 20 Kb, dengan ukuran seperti itu mungkin loading untuk gambar akan semakin cepat.

5. Host Server
Penggunaan hosting pada sebuah domain juga menjadi faktor utama kecepatan loading blog khususnya blog-blog yang menggunakan self hosting. Semakin bagus server yang menyimpan seluruh data atau konten blog Anda maka semakin baik loading blog yang dilakukan. Untuk itu jika Anda menggunakan layanan self hosting pada blog Anda, pastikan untuk menggunakan layanan terbaik dari penyedia hosting.

Bagaimana dengan blog yang menggunakan subdomain Blogspot atau yang menggunakan custom domain? Untuk blog yang masih menggunakan sub domain blogspot tetap tergantung pada penggunaan template dan kode CSS, HTML dan Javascript didalamnya. Begitu juga dengan blog custom domain sama dengan ketika memilih layanan penyedia hosting. Pilih layanan penyedia domain yang benar-benar bagus dan baik. Meskipun hanya sekedar menggunakan domain saja, ternyata ada pengaruh juga dari penyedia layanan ini, terkadang blog tidak lama di buka karena masalah pada domain.

Kelima syarat agar loading blog cepat diatas adalah yang kami ketahui, mungkin masih ada beberapa syarat lagi yang menentukan cepat atau lambatnya sebuah blog untuk di akses. Sedangkan dari Google sendiri menyampaikan selain dari kelima hal diatas, perangkat, browser dan adanya pihak ketiga yang digunakan pada blog juga mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog. Salah satu pihak ketiga ini adalah Script Iklan dan Analytics yang digunakan.

Sama halnya dengan penggunaan script untuk tampilan blog, kedua script ini (iklan dan analytic) menyebabkan loading blog menjadi berkurang atau lambat. Sampai saat ini memang kedua script ini sudah bisa dioptimalkan agar loading blog lebih cepat. Bagaimana caranya? Bisa dilihat dibawah ini

Cara Membuat Loading Blog Cepat Banget Gak Pake Lama
Untuk membuat loading blog menjadi lebih cepat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan dibawah ini adalah cara kami dalam mengoptimalkan kecepatan loading blog Digital Poin ini. Dan pastikan blog yang digunakan adalah Blogspot, baik yang di custom ataupun yang tidak bisa menggunakan cara ini. Namun pastikan juga penggunaan template mempengaruhi pengotpimalan loading blog. Sebelumnya kami tampilkan dulu loading blog ini dengan menggunakan beberapa layanan:

Baca Juga Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Page Speed Insights - Berikut hasil loading blog untuk blog ini, halaman depan (home). Sedangkan untuk halaman artikel masih belum kami optimalkan, meskipun aksesnya cepat namun nilainya masih kurang yaitu 99. Didalam blog ini belum kami pasang script dan kode iklan sedangkan kode script untuk Google Analytics dan script protect sudah terpasang. Nilai kecepatan blog akan berkurang jika ditambah dengan script iklan dan blog ini sudah terpasang script iklan.

Cara Membuat Loading Blog Cepat

Think With Google - Tes kecepatan blog ini saat di akses menggunakan ponsel adalah 3 Detik! Didalam template ada kode script pihak ketiga, jika script ini hapus mungkin kecepatan akan menjadi 2 detik!

Membuat Loading Blog Cepat

GTmetrik - Saat dilakukan pengetesan kecepatan loading blog, skor blog ini adalah 97% dan 85%. Tentu ini adalah skor yang banyak diharapkan oleh para blogger, namun skor ini akan berubah jika didalam blog sudah terpasang script-script yang lain seperti script iklan.

Loading Blog Cepat

Bagaimana Cara Membuat Loading Blog Cepat Banget?

Dengan mengetahui masing-masing kecepatan loading blog dengan menggunakan salah satu layanan diatas, maka Anda akan lebih mudah mengetahui penyebab dari lambatnya blog Anda. Dari penyebab loading blog lambat tersebut bisa dilakukan optimalisasi. Mari kita oprek kode-kode yang menyebabkan loading blog lambat. Sebagai contoh saya gunakan blog saya yang lain yaitu https://www.jenisbungafavorit.web.id/ dan blog ini menggunakan template premium dan masih memiliki 1 artikel. Berikut caranya:

Langkah pertama adalah kita gunakan GTmetrik (http://gtmetrix.com) untuk mengetahui permasalahannya. Kenapa menggunakan GTmetrix? Karena lebih mudah mengetahui kode-kode yang membuat blog lambat. Setelah blog https://www.jenisbungafavorit.web.id/ di cek hasilnya adalah skor 97% dan 88% atau seperti gambar dibawah ini:

Loading Blog Cepat

Hasil diatas mungkin terlihat bagus karena hanya menggunakan 1 artikel, skor akan berubah jika terdapat 5 list artikel di halaman depan (Home)

Langkah kedua, perhatikan beberapa poin yang menyebabkan loading blog tidak cepat. Dari masing-masing poin tersebut ada perintah yang harus dilakukan agar di edit atau dilakukan perubahan guna mempercepat loading blog. Sebagai contoh kami akan menghapus kode script https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=UA-133299573-1 yang ada dibagian Specify a chace validator. Sebenarnya disana sudah ada perintah yang menyarankan untuk melakukan perbaikan. Pada permasalahan ini kami coba untuk menghapus kode Google tag ini. Dan hasilnya setelah di reload skor blog semakin bagus yaitu 98% dan 90% atau seperti gambar berikut:

Loading Blog Cepat

Dari sini teman-teman sudah bisa menalar apa yang menyebabkan loading blog melambat dan bagaimana merubahnya supaya menjadi lebih cepat. Caranya seperti yang sedikit saya jelaskan pada Langkah Kedua ini.

Dengan menggunakan GTMetrix semua bisa melakukan perubahan pada loading blog. Kami contohkan lagi dengan menghapus kode dari Facebook, efek sampingnya dengan menghapus kode script dari Facebook ini maka akan menghentikan tampilan widget dari Facebook seperti widget fanpage atau sosial share didalam blog. Perhatikan kode script Facebook dibagian Leverage browser caching, Minify HTML, dan Minify JavaScript. Setelah script dari Facebook tersebut di hapus maka skor blog ini adalah 99% dan 91% atau seperti pada gambar dibawah ini:

Loading Blog Cepat

Loading Blog Cepat

Dua langkah diatas hanya dilakukan pada kolom Page Speed dan belum pada kolom YSlow yang ada di GTmetrix, jika kedua kolom ini benar-benar dioptimalkan skornya maka kecepatan blog akan menjadi lebih baik lagi. Dan yang lebih utama yang harus diperhatikan adalah mengenai ukuran gambar, blog yang kami contohkan hanya memiliki 1 artikel dengan 1 gambar, jika ada 5 artikel maka akan ada 5 gambar thumbnail yang akan dioptimasi bahkan bisa jadi ada 10 gambar lebih yang bisa mempengaruhi loading blog yaitu gambar logo, thumbnail, dan gambar dari widget popular post dan yang lainnya. Jadi perhatikan penggunaan gambar didalam blog Anda, kalau bisa gunakan ukuran gambar terkecil namun tetap memiliki dimensi dan kualitas gambar yang baik.

Kami tidak bisa memberikan contoh yang lebih banyak lagi karena masing-masing pengoptimalan skor kecepatan loading blog tergantung dari masing-masing kode template yang digunakan. Dan kalau pun kami membahas satu per satu dari masing-masing poin yang ada GTmetrix tersebut, tulisan dalam artikel ini sangat panjang dan paling tidak kami sudah memberikan sedikit gambaran mengenai cara membuat loading blog cepat seperti yang telah kami jelaskan diatas.

Jika teman-teman ingin melakukan pengoptimalan loading blog dengan menggunakan cara diatas, saran kami, back up kode template Anda agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan karena pengoptimalan ini dilakukan berhubungan dengan kode-kode yang digunakan didalam kode template blog. Apalagi cara ini adalah cara terlama dari editing sebuah blog karena Anda harus melakukan satu per satu dalam mengoptimalkan kode-kode yang digunakan didalam template atau tema blog. Sebenarnya masih ada pembahasan panjang mengenai topik yang ada didalam artikel ini, kami sarankan teman-teman untuk mengembangkannya sendiri seperti yang telah dijelaskan diatas.

Baca Juga Cara Menyimpan atau Backup Kode Template Blog

Judul blog ini sebenarnya juga tidak terlalu sesuai "Cara Membuat Loading Blog Cepat Banget Gak Pake Lama" padahal jika dilakukan cara ini adalah cara yang sangat lama, bikin pening kepala juga. Namun jika berhasil maka hasilnya pun sangat memuaskan dan tentunya performa blog semakin baik. Silahkan dicoba dan jangan lupa sediakan minuman dan camilan :)
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.