Skip to main content
➜ Bikin Websitemu.. GRATIS Domain & Unlimited Hosting

Cara Menyimpan atau Backup Kode Template Blog

Cara Menyimpan atau Backup Kode Template Blog
Cara Menyimpan atau Backup Kode Template Blog - Apapun template yang digunakan pada blog Anda, baik itu template berbayar atau gratisan, setidaknya Anda tetap memiliki salinan dari kode template blog tersebut. Untuk membuat salinan dari kode template, maka yang perlu dilakukan adalah menyimpan data membackup kode template tersebut. Dengan begitu, nantinya ada 2 kode template yang Anda miliki, kode template yang asli dan kode template yang sudah diedit.

Melakukan backup kode template adalah menyimpan kode template yang sudah digunakan dan melakukan perubahan-perubahan pada kode tersebut dengan tujuan agar kode template tetap utuh dan bisa digunakan jika terjadi kesalahan ketika dalam melakukan perubahan. Misalkan ketika ingin menambahkan atau mengurangi kode-kode tertentu seperti kode CSS dan HTML atau kode CSS, HTML dan Script kedalam kode template agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sesudah melakukan pengeditan maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah membackup kode template terlebih dulu.

Cara Menyimpan atau Backup Kode Template Blog
Baca Cara Mengganti Kode Template Blog, Menambah, Mengurangi dan Mencari

Cara Menyimpan atau Backup Kode Template Blog
Untuk melakukan backup kode template, sebenarnya sangat mudah dilakukan karena sudah tersedia di halaman dashboard blogger Anda. Dalam membackup atau menyimpan kode template ini, ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu melalui halaman Edit HTML dan menggunakan tombol Backup/Pulihkan. Berikut caranya:

Cara Pertama
  1. Buka halaman dashboard blogger Anda, lalu klik menu Tema.
    Backup Kode Template Blog
  2. Klik tombol Backup/pulihkan.
    Panduan Menyimpan Kode Template Blog
  3. Lalu klik tombol Download. Jika tombol Download di klik, maka seacara otomatis browser akan mengunduh file dari template blog tersebut.
    Tips Menyimpan Kode Template Blog
    Cara Menyimpan Kode Template Blog
  4. Periksa hasil download didalam folder Download yang ada di laptop/komputer Anda.
    Menyimpan Kode Template Blog
Cara Kedua
Untuk cara kedua ini, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Notepad++, silahkan cari di google dan instal ke laptop/komputer Anda. Atau jika tidak mau menggunakan Notepad++, Anda bisa menggunakan Notepad biasa yang sudah ada di laptop/komputer Anda. Untuk membuka Notepad biasa ini, buka menu Start >> All programs >> Accessories >> Notepad
  1. Buka halaman dashboard blogger Anda, lalu klik menu Tema.
    Membuat Backup Kode Template Blog
  2. Klik tombol Edit HTML.
    Melakukan Backup Kode Template Blog
  3. Setelah mengklik tombol Edit HTML, akan tampilan halaman kode template seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya klik sembarang pada area halaman kode template sehingga muncul kursor mouse.
    Info Backup Kode Template Blog
  4. Tekan tombol Ctrl A dengan menggunakan keyboard atau klik kanan pada Mouse dan klik Pilih semua sehingga semua area halaman kode template terblok semua.
    Video Backup Kode Template Blog
  5. Jika kode sudah terblok semua, tekan tombol Ctrl C dengan menggunakan keyboard atau klik kanan pada Mouse dan pilih Salin.
    Bagaimana Backup Kode Template Blog
    Langkah Backup Kode Template Blog
  6. Buka aplikasi Notepad. Pada contoh ini kami menggunakan aplikasi Notepad++. Lalu klik pada area halaman kosong Notepad++ dan klik kanan menggunakan Mouse dan pilih Rekat. Maka semua kode template sudah tersalin ke lembar kerja di Notepad++.
    Tutorial Backup Kode Template Blog
    Panduan Backup Kode Template Blog
  7. Selanjutnya simpan berkas kode template tersebut. Dengan menggunakan menu Berkas (File) klik Simpan atau menggunakan tombol Ctrl S atau klik icon Disk di menu toolbar dan simpan berkas sebagai file dengan ektensi xml dan gunakan nama sesuai keinginan Anda. Misalnya, kodetemplatebackup.xml dan lihat hasil penyimpnannya didalam folder download atau di folder lainnya yang ada didalam file Explorer di laptop atau komputer Anda.
    Tips Backup Kode Template Blog
    Cara Backup Kode Template Blog
  8. Selesai
Jika membaca panduan diatas tentang cara menyimpan atau backup kode template, tentunya terasa sulit namun jika langsung mempraktekkan maka cara backup kode template ini sangat mudah dilakukan. Tujuan dari membackup atau menyimpan kode template ini agar tampilan blog tidak rusak jika terjadi kesalahan dalam melakukan edit kode template, sehingga cukup melakukan membackup ulang kode template yang telah tersimpan.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.