Skip to main content

Membuat Blog Tidak Semudah yang Anda Bayangkan

Membuat Blog Tidak Semudah yang Anda Bayangkan
Membuat Blog Tidak Semudah yang Anda Bayangkan - Ingin punya blog? Ingin punya website? Gampang banget bahkan hampir tidak perlu biaya ratusan ribu rupiah jika ingin punya blog atau website. Modal yang dibutuhkan hanya kuota data internet untuk mengakses internet dengan menggunakan laptop atau komputer. Selebihnya super gratis dan tidak perlu biaya lagi. Bagaimana caranya? Buka laptop atau komputer dan hubungkan dengan internet. Setelah terhubung, buka google.co.id dan cari tutorial tentang membuat blog. Maka akan ditemukan berbagai macam blog yang membahas secara lengkap cara membuat blog atau webiste. Buka dan pelajari, simpel banget kan?

Jika selama ini Anda berpikiran kalau membuat blog itu gratis dan bisa ditemukan segala cara dan panduan dalam membuatnya, Anda benar. Anda bisa belajar dengan sangat mudah dengan mengikuti berbagai cara dan panduan yang telah diberikan oleh semua blog atau website yang membahas tentang cara membuat blog. Bahkan Anda tidak perlu bingung karena semuanya sudah ada di google dan Anda hanya perlu mencari apa yang ingin dicari jika ada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan blog yang tidak dimengerti.

Membuat Blog Tidak Semudah yang Anda Bayangkan
Buat apa bayar mahal-mahal kalau semua materi yang dijual di beberapa layanan jasa pembuat blog sudah tersedia di google dan cukup mencari apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan blog, persiapan apa saja yang dibutuhkan, dan berbagai panduan yang bisa ditemukan dengan sangat mudah di google. Untuk melakukan pencarian di google agar lebih memudahkan dalam pembuatan blog, gunakan beberapa kata kunci atau kata pencarian berikut ini:
  • cara membuat blog
  • tutorial membuat blog
  • panduan membuat blog
  • video lengkap cara membuat blog
  • bagaimana cara membuat blog
  • persiapan sebelum membuat blog
  • tips mudah cara membuat blog
  • cara mudah dalam membuat blog
  • cara membuat blog khusus pemula
  • cara termudah dalam membuat blog 2019
  • panduan membuat blog blogspot
  • bagaimana cara membuat blog
  • buat blog
  • panduan buat blog
  • cara buat blog yang mudah
  • cara bikin blog
  • cara buat blog di blogspot
  • video cara buat blog
  • cara membuat blog 2019
  • cara terbaru buat blog
  • persiapan sebelum membuat blog
  • dan yang lainnya
Dengan menggunakan beberapa kata pencarian yang telah disebutkan diatas, maka dengan mudah Anda akan menemukan berbagai tutorial atau panduan dalam membuat blog. Tutorial dari A sampai Z bisa ditemukan. Namun bisakah semua itu dilakukan hanya dengan mengandalkan pencarian dan belajar dari google? Tentu saja sangat bisa, itu artinya belajar secara otodidak, belajar mandiri, belajar sendiri tanpa perlu bantuan orang lain. Dan kendala utama jika belajar membuat blog secara otodidak akan banyak mengalami kendala, banyak sekali. Namun jika Anda benar-benar serius tanpa menggunakan jasa pembuatan blog, tentunya semua kendala, semua masalah atau kesulitan yang Anda temui juga akan dengan mudah teratasi.

Karena belajarnya dari sumber yang ada di google, maka ketika mendapatkan kesulitan dalam belajar membuat blog, maka Anda bisa mencari pemecahan masalah tersebut juga melalui pencarian yang ada di google. Bagaimana caranya? Sama seperti ketika akan membuat blog, Anda juga harus mencari kata pencarian sesuai dengan masalah atau kesulitan yang dialami, Misalnya ingin mengganti tampilan blog, ingin mengganti warna background, ingin mengganti jenis font yang digunakan, ingin menulis artikel, ingin memasang gambar, ingin memasang video, ingin memasang link atau tautan, ingin mengganti tampilan sisi blog, ingin mengganti footer blog, ingin memasang logo header blog, ingin mengganti favicon, ingin memasang meta tag, ingin membuat artikel auto posting, ingin menyembunyikan kolom komentar blog, ingin menghasilkan uang dari blog, dan sebagainya.

Jika keinginan-keinginan diatas ingin Anda temukan dengan mudah di google, maka cukup menggunakan kalimat tanya; bagaimana? dan kenapa?
Misalkan, bagaimana cara mengganti tampilan blog? kenapa tampilan blog berantakan? kenapa artikel tidak bisa tampil? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang sesuai dengan masalah atau kesulitan yang dialami saat membuat blog.

Memang awalnya membuat blog itu tidak mudah, meskipun sudah ada panduan yang bisa ditemukan di google, namun beberapa langkah awal tentunya akan membuat Anda bingung dan pastinya akan selalu ada pertanyaan-pertanyaan yang menjadi kendala bagi Anda. Namun jika benar-benar ditekuni dan serius dalam belajar maka semua kendala tersebut akan bisa teratasi dengan sangat mudah. Karena masalah yang sebenarnya dalam pembuatan blog itu adalah bukan dari cara bagaimana membuat blog tapi bagaimana cara membuat blog yang telah dibuat tetap eksis, tetap memberikan informasi terbaru dan tetap update dengan selalu membuat artikel-artikel terbaru sesuai dengan topik blog yang dibahas atau berbagai topik yang ada didalamnya.

Rata-rata masalah utama yang menjadi kendala seorang blogger, baik dari kami sendiri atau teman-teman blogger yang lainnya adalah konten atau artikel blog. Tidak mudah membuat artikel blog meskipun Anda melakukan pencarian untuk membuatnya di google tidak akan semudah dalam menerapkannya seperti menerapkan panduan membuat blog itu sendiri. Membuat artikel atau mengisi blog yang telah dibuat dengan artikel-artikel utama bukanlah perkara gampang karena membuat artikel butuh pemikiran sendiri, sumber artikel berasal dari otak kita. Sama halnya ketika kita disuruh mengarang cerita waktu masih sekolah dasar dulu. Misalkan setelah liburan sekolah, bapak dan ibu guru biasanya menyuruh kita untuk mengarang cerita selama liburan. Jika selama liburan kita tidak liburan maka akan sulit untuk mengarang cerita, tidak ada ide dan topik yang akan dibuat cerita. Begitu juga dengan menulis artikel kedalam blog, jika tidak ada ide untuk menulis maka tidak ada topik yang akan dibahas.

Menurut beberapa sumber yang kami baca, blog yang baik adalah blog yang selalu update dengan artikel atau konten-konten terbaru sesuai dengan topik blog yang menjadi pembahasan pada blog tersebut. Dan konten atau artikel yang baik adalah artikel yang dibuat dari hasil ide dan pemikiran sendiri, bukan dari hasil menyalin artikel blog-blog yang lain. Meskipun memiliki topik yang sama, kami yakin semua blog tersebut memiliki isi yang berbeda. Blog yang bagus adalah blog yang berisi dengan konten-konten asli atau original bukan dari hasil menyalin atau menggunakan aplikasi pembuat artikel (Spinner). Jadi apapun blog Anda, buat artikel sendiri, mengaranglah membuat artikel sendiri karena itu lebih baik dari pada harus menyalin atau mencontoh sama persis dengan artikel-artikel blog yang lain.

Jadi membuat blog itu tidak semudah yang Anda bayangkan, banyak sekali hal-hal yang harus dilakukan baik itu sebelum atau pun sesudah membuatnya. Membuat blog itu bukan untuk jangka pendek, ketika blog sudah jadi lalu dibiarkan begitu saja. Tidak. Membuat dan memiliki blog itu adalah untuk jangka panjang. Mengurusnya dan mengelolanya dengan baik agar blog tetap hidup, berkembang dan menjadi blog besar yang berguna bagi orang lain. Dan tujuan dari blog yang telah dibuat tercapai.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.