Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Cara Mengganti Kode Template Blog, Menambah, Menghapus dan Mencari

Cara Mengganti Kode Template Blog, Menambah, Menghapus dan Mencari
Cara Mengganti Kode Template Blog, Menambah, Menghapus dan Mencari - Inilah yang menjadi salah satu terpenting jika Anda ingin menjadi seorang blogger. Menjadi seorang blogger pada tahap lanjutannya tidak hanya sekedar menulis artikel saja tapi juga harus memahami bagaimana menampilkan tampilan blog yang baik dan berbeda dengan blog-blog yang lainnya sehingga ada ciri khas yang mendasari blog tersebut. Karena dari semua blog yang sudah online, hampir semuanya menggunakan template atau theme yang sama, kecuali Anda adalah pengembang atau pembuat template. Sehingga dengan menggunakan template atau theme yang sama tersebut, mau tidak mau tampilan blog Anda memiliki tampilan yang mirip-mirip dengan blog yang lain.

Contohnya adalah blog Digital Poin ini, tampilan dari blog ini menggunakan template yang dibuat oleh mas Adhy Suryadi, blogger senior yang memiliki blog kompiajaib.com. Template yang digunakan blog ini adalah Kompi Flexible yang non Amp. Jika teman-teman blogger ada yang menggunakan template tersebut akan mengerti kalau blog ini juga sama menggunakan template yang kalian gunakan. Namun dari segi tampilan di halaman depan blog sudah berbeda dengan tampilan aslinya, bahkan untuk tampilan versi mobile juga sudah sangat berbeda. Bagaimana caranya agar tampilan blog berbeda dengan blog yang lainnya meskipun menggunakan template atau theme yang sama? Bahkan mungkin memiliki tampilan yang lebih baik setelah dilakukan perubahan?

Cara Menyimpan atau Backup Kode Template Blog
Bagaimana cara mengganti tampilan blog? Bagi Anda yang masih baru dalam membuat blog, sekedar saran saja lebih baik fokus dulu pada konten atau artikel blog. Pelajari dulu bagaimana cara membuat artikel yang baik, yang asli, karya tulisan sendiri dan bukan dari hasil menyalin artikel dari blog yang lain. Karena untuk mengganti tampilan blog, Anda harus mengetahui dan mengerti cari mengedit kode CSS, kode HTML dan penggunaan kode Script. Kode-kode tersebut merupakan pembentuk dari tampilan blog yang telah Anda buat. Dan kode-kode itulah yang didalam sebuah template blog. Bagaimana cara mengganti kode template blog tersebut?

Mengganti kode template tidak sama dengan mengganti template. Kalau mengganti template secara keseluruhan berarti hanya mengganti tampilan blog secara langsung dan tetap memiliki sumber kode yang sama dengan template awal. Sedangkan mengganti kode template yang dibahas dalam artikel ini adalah merubah atau mengganti atau menambahkan kode-kode yang ada di dalam template blog sehingga akan merubah dan blog memiliki tampilan yang berbeda meskipun berasal dari sumber kode template yang sama.

Baca juga: Cara Mengganti Template (Tema) Blog di Blogspot

Cara Mengganti Kode Template Blog, Menambah, Menghapus dan Mencari

Untuk mengganti template atau theme blog bisa dibaca pada artikel sebelumya, untuk mengganti kode template seperti menambahkan, mengurangi, atau mengedit kode-kode template bisa dibaca di bawah ini untuk langkah-langkahnya. Tujuan pembuatan artikel ini kami harapkan taman-teman yang masih baru dalam membuat blog atau belajar membuat blog bisa mempelajari caranya yang telah kami jelaskan dibawah ini.

Berikut cara mengganti kode template blog yang bisa Anda lakukan melalui halaman dashboard blogger Anda. Seharusnya tutorial ini menggunakan video, untuk tutorial berupa video akan kami sampaikan pada artikel selanjutnya. Meskipun tanpa menggunakan video, pembahasan dan penjelasan dari setiap tutorial yang kami buat sebisa mungkin bisa dipahami dengan sangat mudah karena selain berupa teks, juga dilengkapi dengan gambar agar lebih jelas

Persiapan Sebelum Mengganti Kode Template
Sebelum mengganti kode template tentunya Anda sudah punya blog. Jika belum punya, silahkan buat dulu di Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com) Terlengkap & Terbaru.

Cara Mengganti Kode Template Blog
Mengganti kode template ini didalam artikel ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu mencari kode, menambahkan kode, mengurangi kode, dan mengedit kode. Meskipun dari keempat bagian ini memiliki cara yang sama, namun tetap hasilnya berbeda dan tentunya untuk memudahkan teman-teman yang baru belajar mengutak-atik blognya. Perlu diingat juga, tutorial atau panduan ini adalah cara dasarnya saja yang sudah kami sertakan contoh-contohnya. Dengan mengikuti dan mempelajari cara mengganti kode template ini, tidak serta merta Anda bisa membuat sebuah template atau mengklaim template yang telah diedit tersebut menjadi miliki Anda. Apapun caranya, selama Anda mendapatkan kode template secara utuh dari orang lain dan mengeditnya sedemikian rupa, kode template tersebut masih menjadi miliki pembuat template yang asli.

Cara Menambah Kode Template Blog
  1. Buka akun blogger Anda sehingga tampil halaman dashboard. Pilih dan klik menu Tema.
    Mengganti Kode Template Blog
  2. Agar kode template blog yang mau diganti tidak rusak atau mengalami masalah saat akan diganti atau di edit kodenya, silahkan Backup dulu kode template tersebut. Baca Cara Menyimpan atau Backup Kode Template Blog
  3. Jika sudah memBackup kode template blog, pilih Edit HTML. Sehingga muncul tampilan halaman seperti gambar dibawah ini. Di halaman inilah Anda bisa mengganti kode template blog Anda sepuasnya, sesuka Anda. Namun tetap memperhatikan kode-kode yang akan diganti, diedit atau ditambahkan kedalam kode template blog Ada.
    Menambahkan Kode Template
  4. Sebagai contoh disini kami akan menambahkan menu Alamat di menu blog yang telah tersedia. Lihat gambar
    Menghapus Kode Template
    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tata letak kode awal dari menu blog Anda. Misalkan nama tata letak kode tersebut adalah Privacy, Sitemap, Iklan. Cari salah satu nama menu tersebut.
  5. Untuk mencari kode, klik pada area halaman kode template dan tekan tombol Ctrl F pada keyboard laptop sehingga muncul kolom pencarian di pojok atas. Ingat, untuk memunculkan kolom pencarian ini, pastikan untuk mengklik didalam area kode template bukan diluarnya, kalau diluarnya akan muncul kolom pencarian diluar namun tidak bisa digunakan untuk mencari kode template.
    Mengurangi Kode Template
    Menghapus Kode Template
    Memasang Kode template Blog
    Kode Template Blog
  6. Setelah kolom pencarian muncul, cari kode awal dari menu blog tersebut. Misalkan kami gunakan kata Sitemap. Masukkan kata Sitemap kedalam kolom pencarian dan tekan Enter.
    Template blog
  7. Jika kata Sitemap ada maka akan muncul dan ditemukan dengan ditandai warna kuning.
    Menambahkan Kode Template
  8. Selanjutnya beri jarak antar garis untuk menambahkan kode tambahan dengan menekan tombol Enter.
    Template Blog
  9. Masukkan kode yang akan ditambahkan. Jika sudah ditambahkan, klik tombol Simpan tema.
    Cara Mengganti Template
    Cara Mengganti Kode Template Blog
  10. Lihat tampilan depan blog Anda, maka hasilnya akan terlihat. Ada menu Alamat yang berhasil ditambahkan, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
    Cara Menghapus Kode Template Blog
Itulah cara dasar menambahkan kode template blog, untuk tahap lanjutan akan kami jelaskan cara menambahkan kode template blog yang lengkap yang meliputi kode CSS, HTML dan kode Script.

Cara Menghapus Kode Template Blog
Jika sebelumnya sudah menambahkan kode, selanjutnya mengurangi atau menghapus kode template tersebut. Ada beberapa tujuan kenapa kode template dikurangi atau dihapus, misalnya karena tampilan tidak sesuai atau tidak kita inginkan tampil di blog kita. Biasanya kode-kode ini bawaan dari pembuat template. Namun untuk kode kredit yang ada di footer jika template yang Anda dapatkan secara gratis diharapkan untuk tidak menghapus kode kredit tersebut.
  1. Buka akun blogger Anda sehingga tampil halaman dashboard. Pilih dan klik menu Tema
  2. Agar kode template blog yang mau diganti tidak rusak atau menggalami masalah saat akan diganti atau di edit kodenya, silahkan Backup dulu kode template tersebut.
  3. Jika sudah memBackup kode template blog, pilih Edit HTML. Sehingga muncul tampilan halaman seperti gambar dibawah ini. Di halaman inilah Anda bisa mengganti kode template blog Anda sepuasnya, sesuka Anda. Namun tetap memperhatikan kode-kode yang akan diganti, diedit atau ditambahkan kedalam kode template blog Ada.
  4. Sebagai contoh disini kami akan mengurangi menu Alamat yang telah berhasil dibuat sebelumnya.
  5. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari kata kunci Alamat.
  6. Untuk mencari kode, klik pada area halaman kode template dan tekan tombol Ctrl F pada keyboard laptop sehingga muncul kolom pencarian di pojok atas. Ingat, untuk memunculkan kolom pencarian ini, pastikan untuk mengklik didalam area kode template bukan diluarnya, kalau diluarnya akan muncul kolom pencarian diluar namun tidak bisa digunakan untuk mencari kode template.
  7. Setelah kolom pencarian muncul, masukkan kata kunci Alamat kedalam kolom pencarian dan tekan Enter.
    Cara Mencari Kode Template
  8. Jika kata Alamat ada, maka akan muncul dan ditemukan dengan ditandai warna kuning. Selanjutnya blok kode Alamat tersebut. Lalu hapus, untuk menghapus bisa dilakukan secara manual atau di blok semuanya.
    Mencari Kode template
  9. Jika sudah terhapus, klik tombol Simpan tema dan lihat hasilnya di halaman depan blog Anda.
    Mencari Kode Template Blog
Untuk mengurangi atau menghapus kode template wajib diperhatikan pembuka dan penutup dari kode tersebut. Misalkan untuk menghapus menu Alamat, karena menu Alamat merupakan satu-kesatuan dalam sebuah link, maka untuk menghapus link dimulai dari pembuka link tersebut sampai kode penutup link. Kode link menu Alamat tertulis
<li><a href="#" itemprop="url" title="Alamat"><span itemprop="name">Alamat</span></a></li>
maka hapus mulai dari kode <li> sampai kode penutup </li>
.
Begitu juga untuk mengurangi kode-kode yang lebih lengkap, khususnya pada kode HTML dari setiap kode CSS. Biasanya yang sering membuat rusak tampilan blog adalah dari kode HTML yang tidak lengkap dalam penulisannya. Jadi perhatikan masing-masing pembuka dan penutup kode HTML tersebut. Banyak sekali penggunaan dari pembuka dan penutup kode HTML, misalkan kode Div, Span, atau tanda baca yang digunakan dalam kode HTML tersebut.

Sedangkan untuk kode dan Script, jika kurang atau keliru dalam penulisannya akan membuat tampilan tidak bekerja. Begitu juga dengan kode CSS, tidak akan membuat tampilan rusak namun kurang sempurna.

Cara Mencari Kode Template Blog
Untuk mencari kode-kode yang ada didalam kode template, tidak perlu kami jelaskan lagi karena dari panduan diatas, menambah dan mengurangi kode template blog sudah kami sertakan bagaimana cara mencari kode template. :)

Semoga tutorial dasar ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang baru belajar membuat blog, khususnya dalam pengeditan kode template. Sekali lagi, cara yang kami jelaskan ini masih tingkat dasar, untuk tahap lanjutannya bisa Anda kembangkan sendiri atau akan kami update. Jika ingin mengembangkan sendiri, poin yang perlu diperhatikan adalah mengetahui tata letak kode yang akan ditambahkan atau yang akan dihapus. Biasanya dalam setiap tutorial sudah ada penjelasannya masing-masing. Sekian.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.