Skip to main content

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics - Google memiliki 2 senjata ampuh yang bisa digunakan untuk mengetahui perkembangan blog atau website yaitu Google Webmaster Tools dan Google Analytics. Kedua tools ini bisa diakses secara gratis, bisa digunakan atau tidak itu terserah pemilik blog atau website namun saran kami untuk tetap menggunakan tools ini. Kenapa? Kedua tools ini sangat bermanfaat dalam melakukan otpimasi blog, apapun jenis blog atau website yang dibangun, bisa memanfaatkan kedua produk Google ini untuk meningkatkan perkembangan blog. Bagaimana caranya? Apakah dengan menggunakan kedua tools ini blog langsung meningkat dan berkembang? Tentu saja tidak, Ada beberapa aturan yang harus dilakukan sebelum menggunakan kedua tools ini.

Baca Juga Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

Google Analytics merupakan salah satu produk Google yang berada didalam Google Marketing Platform. Didalam Google Marketing Platform ini selain Google Analytics juga terdapat produk-produk Google yang lainnya yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu produk untuk iklan dan produk untuk analisis.
    Produk untuk iklan terbagi menjadi 4 yaitu:
  1. Display & Video 360
  2. Search Ads 360
  3. Campaign Manager
  4. Studio
    Sedangkan produk analisis dibagi menjadi 5 yaitu:
  1. Analytics
  2. Data Studio
  3. Optimize
  4. Surveys
  5. Pengelola Tag
Masing-masing kategori produk tersebut sudah ada penjelasannya masing-masing didalam Google Marketing Platform.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
Perbedaan Google Analytics dan Google Webmaster Tools
Google Analytics (GA) dan Google Webmaster Tools (GSC) sekilas memang terlihat sama namun untuk beberapa data analisa tentang perkembangan blog, tentunya Google Analytics lebih lengkap. Namun jika dilihat dari fungsinya, kedua tool ini sebenarnya berbeda. Dan sangat berbeda, meskipun pada artikel tentang GSC kami menyinggung tentang data statistik blog, itu hanya bagian kecil yang diberikan oleh Google Webmaster Tools, sedangkan GSC sendiri memiliki fungsi sebagai bengkelnya blog yang jika ada kerusakan bisa diperbaiki dari sini, misalnya adanya halaman link yang tidak valid, struktur HTML blog yang tidak valid termasuk meta tag, blog yang tidak terindeks, target pengunjung yang ingin ditentukan, mengetahui jumlah link yang masuk dan keluar didalam blog dan termasuk mengetahui jumlah queri yang yang diberikan oleh Google.

Sedangkan pada Google Analytics (GA) dapat diketahui aktivitas-aktivitas pengunjung blog, memberikan informasi lebih detail terjadi interaksi didalam blog, mengetahui jumlah kunjungan halaman pada blog, dan sebagainya semua aktivitas yang terjadi didalam blog atau website bisa diketahui di Google Analytics ini. Fitur yang paling menarik yang sering digunakan dalam melakukan optimasi adalah Fitur Laporan khususnya fitur Audiens. Didalam fitur audiens ini semua data yang terjadi didalam blog terlacak, misalkan usia pengunjung blog yang berkunjung, jenis kelamin pengunjung, minat pengunjung, termasuk kota atau negara asal pengunjung serta perangkan yang digunakan oleh pengunjung blog dalam mengakses blog atau website, semuanya terbaca oleh Google Analytics.

Dari sinilah pentingnya menggunakan Google Analytics, jika data-data yang terbaca oleh Google Analytics ini dikelola dengan baik, maka sangat bagus untuk perkembangan blog atau website. Bahkan untuk blog-blog yang targetnya profit seperti blog untuk bisnis online atau blog-blog yang terpasang sebagai Publisher Google Adsense, sangat dianjurkan untuk menggunakan tools yang satu ini. Khususnya blog adsense, bukankah Google sendiri menyarankan untuk mengaitkan Akun Adsense dengan Akun Anlytics? Inilah tujuannya, agar publisher mengetahui data-data yang terjadi pada blognya dan bisa memanfaatkan setiap data yang diberikan oleh Google Analytics. Contohnya adalah mengetahui lalu lintas dan klik yang terjadi pada setiap iklan yang tayang didalam blog. Dengan mengetahui lalu lintas atau trafik blog dan klik yang terjadi diharapkan tidak terjadi klik yang tidak valid berlebih yang ujung-ujungnya bisa membuat akun adsense dihentikan oleh Google, banned!

Jika melihat fitur-fitur yang ada pada Google Analytics, sebenarnya banyak manfaat yang bisa didapatkan yang bisa digunakan untuk perkembangan dan optimalisasi sebuah blog. Namun untuk penggunaan dan memanfaatkannya masih banyak yang agak bingung, termasuk kami. Pada artikel ini, kami hanya bisa menjelaskan bagaimana cara mendaftarkan blog ke Google Analytics, sedangkan untuk pemanfaatannya tergantung dari masing-masing data yang diterima. Dengan melihat dan mempelajari fitur-fitur yang ada di Analytics dan mencari panduan tentang Google Analytics, mungkin teman-teman bisa mempelajarinya lebih lanjut dan lebih mendalam lagi.

Pilih Google Analytics atau Google Webmaster Tools?
Jika melihat dari perbedaan yang telah dijelaskan diatas, mana yang lebih baik dan harus digunakan? Tentunya kedua-duanya sangat baik. Webmaster dan Analytics sama-sama baik dan sangat dianjurkan untuk menggunakannya, yang tidak baik adalah kode dari Google Analytics itu sendiri yang membuat kecepatan blog berkurang, khususnya saat diakses di mobile atau ponsel.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics Terbaru 2019

Perlukah blog didaftarkan ke Google Analytics atau Google Webmaster Tools saja? Seperti yang telah kami jelaskan diatas, jika blog atau website yang dibuat untuk tujuan monetize atau profit atau menghasilkan uang misalkan untuk bisnis, saran kami untuk mendaftarkan di kedua produk Google tersebut. Khusus Google Analytics yang memiliki kemampuan dalam memonitor interaksi atau lalu lintas yang terjadi pada blog atau website. Dengan adanya interaski tersebut, pemilik blog akan lebih mudah dalam melakukan optimasi atau mengembangkan blog menjadi lebih baik lagi, bahkan lebih baik dalam menghasilkan profit atau keuntungan.

Semakin baik blog di kelola dan di optimasi, maka semakin bagus nilai blog sehingga memudahkan mesin pencari melakukan pengindeksan terhadap blog dan seluruh konten yang ada didalam blog tersebut. Mau kan blog kita selalu berada di halaman pertama Google atau halaman pencarian lainnya? Tentu mau dong, mau banget... Jika ingin blog dan kontennya mudah terindeks oleh mesin pencarian, maka daftarkan blog ke Google Analytics dan Google Webmaster Tools. Berikut cara mendaftarkan blog ke Google Analytics:
  1. Pastikan Anda sudah login menggunakan email gmail anda dan kami sarankan untuk menggunakan email yang sama dengan email blog.
  2. Buka alamat Google Analytics di http://www.google.com/analytics/ atau bisa juga membuka lin https://marketingplatform.google.com/about/analytics/ Sehingga muncul halaman seperti berikut dan klik Start for free
    Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
  3. Klik tombol Daftar
    Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
  4. Isi semua kolom seperti gambar dibawah ini. Untuk url blog, ganti dengan url blog atau website Anda. Dan ganti juga kolom Zona Waktu Pelaporan ke Indonesia. Setelah semuanya di isi;
    Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
    • Nama Akun : Isi dengan nama akun sesuai keinginan Anda, misalnya Jenis Bunga
    • Nama Situs Web: Isi dengan nama blog anda, misalnya Jenis Bunga Favorit
    • URL Situs Web, isi dengan url blog anda, misalnya www.jenisbungafavorit.web.id. Perhatikan pilihan penggunaan http dan https
    • Kategori Industri : Pilih sesuai dengan topik blog anda, pilih yang menurut anda sesuai
    • Zona Waktu Pelaporan : Pilih Indonesia
    • Biarkan pilihan lainnya.
    Selanjutnya klik tombol Dapatkan ID Pelacakan
  5. Centang semua persyaratan dan klik tombol Saya Setuju
    Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
  6. Jika muncul tampilan melayang tentang "Coba aplikasi seluler Google Analytics yang", klik saja TIDAK, TERIMAKASIH. Jika tidak tampilan melayang tersebut, maka Anda akan langsung diarahkan ke halaman ID Pelacakan.
    Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
  7. ID Pelacakan ini merupakan kode pelacakan situs yang digunakan oleh Google Analytics dalam memberikan hasil dari lalu lintas blog
    Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
  8. Sampai tahap ini, Anda sudah memiliki kode tracking yang harus dipasang kedalam blog Anda.
Cara Memasang Kode ID Pelacakan Kedalam Blog
Agar blog dan seluruh konten blog bisa teranalisa dengan baik di Google Analytics maka Anda harus memasang kode ID Pelacakan yang telah berhasil Anda buat seperti yang telah kami jelaskan diatas. Karena ada 2 kode, maka caranya pun ada 2 yaitu:

Baca Juga: Cara Mengganti Kode Template Blog, Menambah, Menghapus dan Mencari

Memasukkan Kode ID Pelacakan
  1. Buka dashboard blogger Anda dan pilih menu Setelan >> Lainnya >> scroll kebawah dan masukkan kode ID Pelacakan di bagian Google Analytics ID Properti Web Analytics. Sebagai contoh kode ID Pelacakan blog kami yaitu UA-133299573-1. Lalu klik Simpan setelan dipojok kanan atas.
    Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
  2. Selanjutnya bukan menu Tema >> Edit HTML dan masukkan kode berikut sebelum kode </head>
    <b:include data='blog' name='google-analytics'/>
    Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
    Klik Simpan tema
Memasang Kode Script Tag Situs Global
  1. Buka dashboard blogger Anda dan pilih menu Tema >> Edit HTML dan salin kode Tag Situs Global sebelum kode </head>
    <script async="" src="https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=UA-133299573-1"></script>
    <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-133299573-1'); </script> Pastikan untuk mengganti kode async menjadi async=""
    Kode Tag Situs Global ada didalam kolom yang ditandai merah seperti gambar dibawah ini
    Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
  2. Setelah menyalin kode script tag situs global tersebut kedalam blog Anda, jangan lupa klik Simpan tema
    Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
Itulah cara mendaftarkan blog ke Google Analytics dan memasukkan kode ID Pelacakan kedalam blog. Selanjutnya apa yang harus dilakukan? Untuk mendapatkan hasil dari analisa Google Analytics terhadap blog yang telah didaftarkan, biasanya hasilnya akan terlihat dalam 1 minggu dan jika blog itu ada trafiknya. Jika tidak ada, maka hasilnya pun tidak ada. Tidak perlu khawatir, jika konten blog Anda bagus dan mudah ditemukan di halaman Google maka trafik blog pun akan meningkat dan hasilnya bisa dilihat di Google Analytics. Bagaimana cara meningkatkan dan mendatangkan trafik blog? Nantikan pada update berikutnya. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.