Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools - Salah satu faktor yang membuat blog atau website berada di halaman pertama Google atau search engine lainnya adalah dengan mendaftarkan blog atau website ke Google Webmaster Tools atau webmaster tools lainnya. Dengan mendaftarkan blog ke webmaster maka akan memudahkan blog dan seluruh kontennya terindeks oleh mesin pencarian Google atau yang lainnya seperti Yahoo dan Bing. Cara mendaftarkan blog ke webmaster ini merupakan salah satu tehnik SEO atau Search Engine Optimization.

Webmaster tools yang umum digunakan adalah dari Google, namun agar blog dan website lebih mudah terindeks oleh mesin pencarian, tidak ada salahnya mendaftarkan blog ke webmaster yang lainnya seperti Bing dan Yandek. Dan pada artikel ini kami hanya menjelaskan tentang cara mendaftarkan blog atau website ke Google Webmaster Tools saja, sedangkan untuk Bing dan Yandek akan kami update pada artikel berikutnya. Namun setelah membaca artikel ini, Anda juga bisa langsung menerapkan ke webmater yang lainnya.

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
Google Webmaster Tools
Apa sih sebenarnya Google Webmaster Tools itu? Webmaster merupakan salah satu produk Google yang disediakan secara gratis yang digunakan untuk mengelola dan mengetahui perkembangan yang terjadi pada blog atau website Anda. Dengan menggunakan webmaster tools ini, Anda bisa membuat analisa dan mengetahui semua data-data yang masuk ke blog Anda. Data-data yang masuk ini berasal dari berbagai sumber yang diterima oleh Google Webmaster.

Oiya untuk saat ini Google Webmaste Tools disebut juga dengan Google Search Console

Mulai dari jumlah trafik blog harian, mingguan, dan bulanan semuanya bisa diketahui. Bahkan termasuk link-link yang menuju ke blog atau website Anda. Bahkan dengan menggunakan webmaster ini, Anda juga bisa mengoptimalkan konten yang ada didalam blog Anda dengan mengacu pada setiap query yang masuk atau yang diterima oleh Google webmaster Tools. Jadi hanya dengan tools gratisan, Anda sudah bisa memaksimalkan perkembangan blog Anda.

Untuk itu, ketika Anda sudah membuat blog, meskipun blog itu belum memiliki konten atau artikel dan apapun jenis blog Anda. Saran kami untuk langsung mendaftarkan blog atau website ke Google Webmaster atau webmaster lainnya. Dengan mendaftarkan blog ke webmaster, seperti yang telah disebutkan diatas, ada manfaat yang bisa Anda dapatkan yaitu:
  1. Membantu meningkatkan page rank blog.
  2. Memberikan data-data lalu lintas blog yang akurat.
  3. Membantu mengevaluasi kinerja blog.
  4. Mampu mendeteksi adanya malware atau virus yang menyerang blog atau website.
  5. Membantu mentargetkan blog atau web ke negara tertentu.
  6. Mengetahui jumlah link yang valid dan error.
  7. Mengetahui jumlah visitor (pengunjung blog), kebiasaan visitor, dan asal visitor.
  8. Dan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

Jika blog yang baru Anda buat belum didaftarkan ke Google Webmaster, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Dan sebelumnya, karena Webmaster tools ini adalah produk Google, maka untuk mengakses Webmaster menggunakan akun Gmail yang telah Anda buat sebelumnya. Dan kami yakin, kalau Anda sudah memiliki akun Gmail tersebut, dan juga pastikan Anda sudah mempunyai blog atau website yang akan didaftarkan ke Google Webmaster Tools.
  1. Pastikan akun Gmail Anda sudah aktif atau jika tidak buka link https://google.com/webmasters/tools. Jika tampilannya seperti gambar dibawah ini, klik Berikutnya. Jika tampilannya tidak seperti gambar dibawah, login ke Google Webmaster Tools menggunakan akun Gmail Anda.
    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
  2. Selanjutnya akan terbuka halaman Google Search Console (Google Webmaster Tools) seperti gambar dibawah ini. Klik Mulai sekarang
    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
  3. Masukkan link/url blog Anda ke halaman Google Search Console. Misalkan kami contohkan blog kami yaitu: https://www.jenisbungafavorit.web.id lalu klik Tambahkan Properti
    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
  4. Lakukan verifikasi kepemilikan blog, klik Buka Properti
    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
  5. Sampai disini verifikasi kepemilikan blog sudah dilakukan secara otomatis, namun Anda harus melakukan verifikasi tambahan dengan menambahkan kode Tag HTML kedalam kode template blog Anda
    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
  6. Untuk mendapatkan kode Tag HTML, klik menu Setelan >> Klik Verifikasi kepemilikan sehingga muncul beberapa pilihan verifikasi tambahan, pilih verifikasi yang Tag HTML
    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
  7. Salin kode Tag HTML dan tambahkan kedalam kode template blog. Contohnya kode Tag HTML blog kami:
    <meta name="google-site-verification" content="7GWWu5vDxeIO_y8lsFe0haupGYmmxH_T2cKRdZdetrw" />

    Baca Juga: Cara Mengganti Kode Template Blog, Menambah, Menghapus dan Mencari

    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
  8. Sekarang buka halaman dashboard blogger dan klik menu Tema >> klik Edit HTML
    Lalu salin kode Tag HTML kedalam kode template. Pastikan untuk menyalin kode Tag HTML ini diantara kode <head> dan </head>
    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
  9. Jika sudah, klik Simpan tema dan kembali ke halaman Google Search Console
    Klik tombol Verifikasi. Jika berhasil maka ada perubahan pada kolom Tag HTML yaitu Tag HTML Berhasil di verifikasi
    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
    Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
  10. Selesai.
Dengan memasukkan kode Tag HTML yang di Google Search Console, diharapkan blog Anda dan konten-konten yang dibuat bisa cepat terindeks oleh Google Search Engine atau mesin pencari. Untuk memaksimalkan keberadaan blog atau website di search engine, selanjutnya lakukan beberapa hal berikut ini dengan menggunakan fungsi-fungsi optimasi blog yang ada di Webmaster. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan Sitemap blog, melakukan Crawler Access atau Inspeksi Url dan mendaftarkan blog ke Google Analytics.

Baca Juga Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics

Ketiga cara diatas dan beberapa fungsi yang ada di Google Webmaster Tools akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Penjelasan sederhana tentang GWT ini bisa Anda kembangkan lagi agar optimasi blog atau website Anda lebih baik lagi, namun jangan terlalu berlebihan dalam melakukan optimasi. Pengaturan di GWT ini adalah bagian dari teknik SEO yang sering dilakukan oleh para blogger senior, sebenarnya masih banyak cara-cara yang lebih baik lagi misalnya dengan menggunakan tool atau aplikasi berbayar. Dan yang pastinya, apapun tools yang digunakan dalam melakukan optimasi SEO untuk sebuah blog, tidak serta merta blog langsung terindeks dan bertahan di Google Search Engine atau halaman pencarian lainnya, butuh waktu dan butuh konsistensi dalam melakukan itu semua.

Itulah cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools, semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam ngblog dan SEO. Kami bukan pakar SEO, namun sebisa mungkin kami memberikan apa yang kami ketahui. Meskipun memberikan ulasan tentang SEO, blog Digital Poin ini sendiri belum kami optimasi menggunakan SEO yang baik. Selanjutnya akan kami share juga tentang membuat gambar artikel agar lebih SEO dengan menggunakan teknik yang mungkin belum pernah dibahas sebelumnya. Semog bermanfaat untuk perkembangan blog Anda :)
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

Tidak ada komentar