Skip to main content
Menu

Cara Mengetahui Loading Blog

Cara Mengetahui Loading Blog

Cara Mengetahui Loading Blog - Pentingkah untuk mengetahui loading blog atau website? Apa gunanya mengetahui loading sebuah blog?

Baca Juga

Cara Mengetahui Loading Blog

Cara Mengetahui Loading Blog - Pentingkah untuk mengetahui pemuatan halaman blog atau website? Apa gunanya mengetahui kecepatan sebuah blog? Jika blog yang Anda buat digunakan untuk diri sendiri dan atau mengikuti aturan dari Google, Anda bisa mengabaikan aturan ini.

Anda tidak perlu memperhatikan apakah blog yang Anda memiliki halaman yang cepat saat diakses atau tidak. Sekalipun aturan itu dari Google, toh ini adalah blog Anda sendiri jadi suka-suka saja dalam membangun blog Anda.

Namun jika Anda memperhatikan kenyamanan pembaca atau pengunjung blog, maka satu-satunya cara selain memberikan konten yang informatif adalah membuat akses blog lebih cepat, kalau bisa 1 - 3 detik konten blog sudah bisa tampil semuanya. Jadi ada 3 opsi yang bisa Anda lakukan dalam memperhatikan keberadaan blog Anda, yaitu untuk diri sendiri, untuk pembaca dan untuk Google.

Anda mungkin bisa menilai sendiri bahwa blog yang telah dibuat sudah sesuai dengan keinginan Anda. Namun tidak begitu dengan pendapat orang lain atau Google.

Orang lain pasti memiliki pandangan dan penilaian tersendiri. Ada 2 opsi yang akan di nilai ketika orang lain mengunjungi blog Anda. Pertama, mereka datang ke blog Anda karena mereka mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Jika informasi yang ada didalam sebuah blog benar-benar sesuai dengan keinginan mereka maka mereka akan puas dan mungkin akan menjadi pengunjung tetap.

Namun jika informasi yang mereka dapatkan sudah sesuai tapi akses halaman konten yang menampilkan informasi tersebut sangat lama untuk di buka, maka bukan suatu kemustahilan mereka akan segera menutup konten blog Anda dan mencari blog dengan konten yang mereka butuhkan dengan syarat konten tersebut mudah di akses, mudah di buka dan tidak lemot.

Dari masalah diatas, maka blog Anda akan cenderung kehilangan banyak pengunjung karena akses halaman blog yang sangat lambat. Bahkan ketika di buka menggunakan ponsel. Nah, ini yang menjadi poin utama saat ini karena hampir semua orang mendapatkan informasi internet melalui ponsel mereka.

Begitu juga dengan mengakses sebuah blog atau website, saat ini sudah banyak dilakukan menggunakan ponsel atau smartphone. Semenarik apapun konten blog yang Anda tulis jika saat dibuka sangat lambat maka ini menjadi masalah besar bagi blog Anda.

Kedua, pengunjung datang ke blog Anda karena tampilan blog yang sangat sederhana namun tetap menarik dan memiliki akses yang sangat cepat dengan berbagai fitur yang disajikan dalam blog tersebut, khususnya konten yang informatif. Jika opsi kedua ini sudah dimiliki oleh sebuah blog maka blog tersebut akan mudah berkembang karena diminati oleh banyak orang.

Dan tentunya trafik blog semakin lama semakin meningkat, jika trafik blog sudah meningkat maka siap-siaplah blog Anda akan memberikan manfaat yang besar bagi Anda yaitu profit. Dengan catatan blog tersebut di monetize yaitu menjadikan blog sebagai sumber penghasil uang baik melalui pemasangan iklan atau dari bisnis sendiri.

Cara Mengetahui Loading Blog

Bagaimana dengan Google? Apakah mereka juga memberikan penilaian terhadap blog Anda? Tentu saja iya, bahkan dari mereka lah agar semua blogger memperbaiki performa blognya masing-masing, bukan hanya sekedar mengisi blog dengan berbagai konten saja tapi aturan lain juga harus diterapkan seperti membuat blog semakin cepat.

Meskipun pada kenyataannya Google sendiri juga yang membuat blog menjadi lambat yaitu dengan penggunaan script-script yang dibutuhkan oleh sebuah blog yang berasal dari Google itus endiri.

Script-script yang membuat blog menjadi lambat adalah dari beberapa produk Google seperti Google Analytics, Google Adsense, Google Firebase, dan sebagainya. Namun ketiga produk tersebut tidak serta merta menjadi penghambat akses muat halaman blog karena bagaimanapun juga Google tetap mempersilahkan menggunakan cara terbaik dalam menggunakan layanan dari produk Google tersebut.

Seperti pada blog Digital Poin ini, didalam blog ini sudah terpasang script Analytics dan Adsense dan kami sudah melakukan optimasi maksimal agar script-script yang ada didalam blog ini tetap mudah di-load dengan cepat sehingga performa blog tetap terjaga.

Selain itu bukti tersirat dari Google agar loading blog tetap terjaga adalah dengan menyediakan layanan analisa halaman konten sebuah blog atau website dan tool online untuk mengetahui kecepatan sebuah blog saat diakses menggunakan ponsel. Kedua layanan ini bisa digunakan untuk mengetahui kecepatan blog dan sering digunakan oleh semua blogger:

  1. PageSpeed Insights

    Layanan ini bisa diakses melalui link https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/. PageSpeed Insights digunakan untuk mengetahui performa halaman sebuah blog yang bisa dilihat dari penggunaannya menggunakan perangkat seluler atau ponsel dan desktop. Selain memberikan memberikan hasil berupa skor, layanan ini juga memberikan saran tentang cara meningkatkan performa halaman tersebut.

  2. Think with Google

    Adalah sebuah tool yang digunakan untuk mengetahui seberapa cepat akses yang dibutuhkan untuk membuka sebuah blog atau website dengan menggunakan ponsel atau smartphone. Menurut layanan ini, semakin cepat akses blog maka semakin berkurang pungunjung blog yang meninggalkan halaman blog tersebut, begitu juga sebaliknya.

    Think with Google tidak memberikan data konkrit mengenai faktor yang menjadi penyebab lamanya sebuah blog di buka atau di akses. Layanan ini bisa di akses di https://testmysite.thinkwithgoogle.com/

Dari kedua layanan Google diatas sudah cukup untuk mengetahui batas kecepatan sebuah blog namun jika Anda ingin lebih detail lagi untuk mengetahuinya dan mengetahui cara optimasinya agar blog benar-benar cepat bisa Anda baca caranya di: Cara Membuat Loading Blog Cepat

Dan jika Anda ingin benar-benar secara keseluruhan mengetahui kecepatan blog, mulai dari penggunaan kode CSS, HTML, JavaScript, Video, Frame, dan performa gambar yang ada didalam halaman blog Anda, Anda bisa menggunakan layanan dari Web Page Test.

Dengan menggunakan Web Page Test ini semua data source code blog akan ditampilkan secara detail, termasuk skor atau nilai pada masing-masing data tersebut. Dan jangan heran ketika Anda mengetahui grafik performa dari blog Anda karena dari hasil yang diberikan oleh Web Page Test akan membuat Anda bahagia, silahkan dicoba dengan mengakses link https://www.webpagetest.org

Cara mengetahui loading blog yang telah kami sampaikan diatas sangat mudah sebenarnya karena hanya dengan menggunakan layanan yang telah disediakan. Yang menjadi masalahnya adalah bagaimana mengoptimasi dari hasil yang didapat setelah mengetahui beberapa kode yang perlu dilakukan pengeditan agar blog semakin cepat. Salah satunya adalah gambar.

Terlalu melalukan kompress pada gambar blog maka tampilannya akan buram. Nah, itulah cara mengetaui kecepatan sebuah blog, semoga bermanfaat dan maaf jika pemasangan link dari pihak ketiga yang ada didalam artikel ini adalah link mati karena menurut beberapa sumber, terlalu banyak memasang link keluar juga mempengaruhi pemuatan halaman sebuah blog kecuali tahu caranya :)

Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: