--> Skip to main content
Menu

Cara Mengetahui Kecepatan Blog dan Website

Cara Mengetahui Kecepatan Blog dan Website

Kecepatan situs web atau blog sangat lah penting untuk selalu diperhatikan, setiap waktu bahkan kalau bisa setiap detik. Situs web atau blog yang memuat seluruh halamannya lebih cepat dapat memperoleh manfaat yang sangat baik.

Mulai dari peringkat SEO yang lebih baik, rasio konversi yang lebih tinggi, rasio pentalan yang lebih rendah, durasi pengunjung yang lebih lama alias betah, dan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan. Dan tentunya yang menjadi keinginan semua pemilik blog adalah menghasilkan profit dari semua itu.

Pengalaman pengunjung blog anda bisa membawa pengunjung yang lainnya atas rekomendasi mereka. Jadi tidak hanya melulu trafik blog berasal dari search engine atau media sosial. Oleh karena itu, selain menyajikan konten yang menarik dan berguna, kecepatan blog dan website sangat penting untuk diperhatikan.

Pengalaman Pengunjung Blog Berakibat Buruk

Salah satu cara membuat pembaca atau pengunjung blog atau website merasa nyaman adalah dengan memudahkan mereka membuka semua halaman konten dengan sangat mudah, mudah di akses, tidak membuat mereka menunggu lama karena loading lambat, dan beberapa hal kecil lainnya yang terkadang diabaikan untuk dilakukan agar semua halaman blog mudah di buka.

Tidak hanya sekedar memberikan konten dengan judul yang sangat menarik, percuma juga jika judul dan isi dari konten tersebut bermanfaat namun ketika membuka halamannya sangat susah bahkan harus menunggu beberapa detik untuk terbuka secara lengkap. Sungguh ini sesuatu yang sangat merugikan. Kenapa?

Ketika pembaca atau pengunjung website anda tertarik untuk membaca salah satu halaman artikel disana, tentu mereka akan sangat senang dan akan berlama-lama di website anda. Namun jika halaman artikel tersebut sangat lama untuk dibuka, bahkan mengalami error halaman tidak merespon maka mereka akan meninggalkan halaman artikel tersebut dan akan mencari konten yang lainnya.

Kerugian dari lambatnya halaman blog atau website ketika dibuka secara lengkap atau penuh ini lah yang akan anda dapatkan. Kehilang pengunjung dan bisa-bisa membuat blog anda tidak berkembang dikemudian hari. Kenapa?

Pengalaman pengunjung atau pembaca blog/website anda pertama kali adalah menjadi pelajaran bagi mereka untuk mengingat kalau blog yang pernah mereka kunjungi ternyata adalah blog lemot dan bahkan error saat menampilkan halaman yang mereka baca. Pengalaman ini lah yang akan selalu mereka ingat dan tentunya hal ini menjadi pertimbangan bagi mereka untuk mengunjungi kembali blog tersebut.

Cara Mengetahui Kecepatan Blog dan Website

Bagaimana cara mengetahui kecepatan blog atau website? Sangat mudah sebenarnya untuk mengetahui waktu muat sebuah halaman blog atau website, bahkan tanpa menggunakan tool pun bisa mengetahui dan memperkirakan kecepatan blog ini. Bahkan anda sendiri pun bisa mengetahuinya yaitu dengan membuka semua halaman konten satu persatu. Mulai dari halaman depan atau home page, halaman artikel, dan halaman yang lainnya.

Anda bisa memprediksi waktu muat yang dibutuhkan untuk membuka halaman tersebut. Apakah terbuka sangat lama, lama, atau sangat cepat. Tidak perlu mengggunakan website spedd test tools atau alat uji kecepatan website sebenarnya. Jika anda merasa kecepatan blog sangat cepat dan nyaman untuk di akses, maka besar kemungkinan orang lain yang mengunjungi blog anda juga merasakan hal yang sama.

Namun bila perkiraan anda tidak begitu meyakinkan dengan kecepatan akses tersebut, maka anda bisa menggunakan tools gratis untuk mengetahui kecepatan blog tersebut. Dibawah ini beberapa tool yang sering digunakan dan menjadi banyak pilihan para pemilik website atau blog untuk menguji kecepatan blog mereka:

  1. Google PageSpeed Insights

    Google PageSpeed Insights adalah alat uji kecepatan situs web yang sering dan mudah digunakan. Layanan ini menilai situs web atau blog dengan menggunakan dalam skala angka 1 - 100. Semakin tinggi angkanya, semakin baik situstersebut. Paling tidak, skala angka diatas 85 menunjukkan bahwa situs anda memiliki performa yang baik. Layanan ini menampilkan laporan dalam dua versi desktop dan seluler untuk blog anda. Hasil yang ditampilkan juga memberikan petunjuk kepada anda untuk memperbaiki bagian-bagian yang mengalami masalah.

  2. GTmetrix

    GTmetrix adalah layanan web speed test yang juga gratis untuk digunakan. Data yang dihasilkan juga menampilkan dalam skaly angka 100 dan huruf untuk pagespeed gradenya. Layanan ini juga menampilkan data tabulasi yang memberikan analisa untuk memudahkan pengguna dalam meningkatkan performa blog mereka.

  3. Solarwinds Pingdom Speed Test

    Solarwinds Pingdom Speed Test mungkin belum banyak yang menggunakan tapi layanan ini adalah salah satu alat uji kecepatan situs web yang juga terkenal. Hasill laporan mereka dibagi menjadi beberapa rincian seperti kinerja web, analisa halaman dan riwayat. Sehingga memudahkan anda untuk mengetahui secara detail performa blog atau website anda.

  4. WebPageTest

    Hasil dari analisa WebPageTest mungkin lebih lengkap menampilkan detail dari test yang mereka lakukan. Bahkan anda akan lebih mudah mengetahui kompone-komponen yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan performanya.

  5. Uptrends Website Speed Test

    Data tabulasi yang ditampilkan hampir sama dengan hasil test yang diberikan oleh GTmetrix. Anda harus teliti untuk menentukan kompone-komponen pada web atau blog yang perlu ditingkatkan. Jangan salah meningkatkan satu komponen padahal komponen tersebut berhubungan dengan yang lainnya.

  6. Yellow Lab Tools

    Salah satu layanan yang paling saya sukai. Yellow Lab Tools ini memiliki fitur hasil yang berbeda dengan layanan yang lainnya. Bisa dikatakan lebih lengkap dalam memberikan analisa performa sebuha blog. Khususnya dalam menampilkan data error yang ada pada blog dan memberikan solusi bagaimana mengatasi data yang error tersebut.

  7. Sucuri Load Time Tester

    Hasil dari analisa layanan ini yang paling penting adalah "time to first byte", yang memberi Anda info tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan konten untuk dikirim kembali ke browser untuk mulai memproses halaman itu kembali.

  8. Pagelocity

    Meskipun bisa digunakan secara gratis, namun dengan memiliki akun di Pagelocity ini akan memberikan hasil yang lebih lengkap untuk analisa performa blog anda.

Apakah masih ada tool lainnya untuk menguji kecepatan website anda? Ada, bahkan dengan fitur-fitur terbaik yang mereka tampilkan namun tentunya ada harga yang harus dibayar untuk menggunakan fitur lengkap tersebut. Tapi kalau sudah ada yang gratisan dengan hasil yang sudah cukup untuk mengetahui performa blog, ngapain harus pake yang berbayar?

Manfaat Test Uji Kecepatan Blog atau Website

Apa sih manfaatnya? Mungkin jika anda sebagai seorang blogger yang hanya menulis dan melakukan update blog dengan berbagai konten setiap harinya tidak ter danlalu memikirkan masalah ini, mungkin akan mengabaikan begitu saja. Namun jika sebagai seorang blogger komplet dengan mengurus semua isi blog, maka masalah kecepatan ini akan menjadi bagian dari aktivitas blogging anda.

Jika konten is The King maka kecepatan blog is The Queen. Seorang ratu akan menggerakkan semua pasukannya agar kerajaannya tetap berdiri kokoh dan kuat. Maka dua komponen penting ini harus sama-sama jalan, sama-sama sering di update.

Lalu apa manfaatnya mengatur kecepatan website?

  • Mengetahui aset atau komponen situs yang menyebabkan waktu muat lambat.
  • Membantu memverifikasi semua skrip blog yang bisa diminimalkan.
  • Mengetahui dan menentukan gambar yang perlu dikompres.
  • Mendeteksi render-blocking JavaScript/CSS.
  • Mengetahui waktu pengujian ke byte pertama (TTFB).
  • Menganalisis total waktu muat, ukuran halaman, dan jumlah permintaan dari semua halaman blog atau website anda.
  • Memeriksa kecepatan muat menggunakan server di berbagai negara.
  • Memanfaatkan browser yang berbeda untuk memastikan bahwa waktu muat dan pengalaman pengguna.
  • Menganalisis header HTTP.
  • Mengukur kinerja CDN yang digunakan.
  • Memverifikasi setiap CDN dalam memuat aset dengan benar dan cepat.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kecepatan Blog?

Untuk meningkatkan kecepatan blog ini, tentunya anda harus mengikuti hasil pengujian yang sudah dilakukan. Komponen atau data blog yang mana yang perlu diperbaiki? CSS? Script? Gambar? atau yang lainnya. Artikel ini tidak bisa menjelaskan dan memberikan gambaran secara detail untuk setiap permasalahan pada blog anda. Begitu juga dengan masalah loading. Setiap blog memiliki masalah yang berbeda-beda dan karena alasan ini lah, melakukan pengujian dan mengetahui hasil dari analisa tersebut bisa memberikan anda setiap masalah yang terjadi pada blog anda.

Baca Juga: Cara Membuat Loading Blog Cepat

Memang terkesan rumit jika harus berhubungan dengan kode script atau kode css blog, namun jika dipelajari dan mau fokus untuk mengatasi masalah tersebut, anda juga akan bisa menemukan solusi terbaiknya. Caranya, jika sudah menemukan data error pada blog anda, maka anda bisa mencari solusinya di google. Its easy and simple! Selamat mencoba!

Artikel ini merupakan artikel Update dari artikel sebelumnya yaitu Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]