--> Skip to main content
Menu

Penyebab Loading Blog dan Website Lambat

Penyebab Loading Blog dan Website Lambat

Sudah dilakukan berbagai cara agar lebih cepat namun loading blog atau website masih lambat, apa sih sebenarnya penyebab loading ini tidak maksimal? Sebagai pemilik blog, seharusnya harus mengetahui permasalahan yang ada pada blognya tersebut. Salah satunya adalah loading blog, namun apakah iya kecepatan atau loading akses blog harus diperhatikan?

Dalam aktivitas ngblog ini, saya selalu jalan-jalan dan melihat-lihat beberapa tampilan blog blogger yang lain. Mulai dari blogger para senior, dan blognya teman-teman yang biasa melakukan blogwalking. Ada berbagai jenis blog dan website yang saya temui, mulai dengan domain dan hosting sendiri atau hanya blog-blog yang tetap menggunakan subdomain dari berbagai platform blog seperti blogspot dan wordpress.

Salah satu yang menjadi fokus saya saat jalan-jalan ke blog yang lain adalah loading blog yang saya temui dengan berbagai perbedaan kecepatan akses. Ada yang cepat, sedang-sedang saja, lambat, bahkan ada yang sangat lambat sekali.Untuk blog-blog yang saya kunjungi dengan kecepatan lambat ini, terpaksa saya tutup agar tidak mengurangi waktu untuk blogwalking ke blog yang lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Loading Blog Cepat

Ah masak sih kamu sering jalan-jalan ke blog yang lainnya? Hehee, di menu peramban laptop saya sudah ada folder khusus, yaitu folder bookmark Blogwalking dan setiap waktu saya selalu mengunjungi blog-blog ini. Jadi alasan saya memasang folder bookmark ini agar bisa melihat update-an terbaru dari blognya teman-teman dan setiap ada blog baru akan selalu bookmark dan masuk ke folder ini

Folder Bookmark Blogwalking

Ada ada banyak jenis blog yang saya temui dengan berbagai tampilan yang berbeda pula dan tentunya dengan beberapa hal-hal menarik yang saya sukai. Salah satu yang membuat saya membandingkan antara blog yang satu dengan yang lainnya adalah kecepatan loading blog. Perbandingan ini bisa dilihat secara langsung dan bahkan menggunakan tool atau alat untuk mengetahui kecepatan loading blog.

Dari perbandingan itulah akhirnya saya menyimpulkan kalau ada beberapa penyebab loading blog atau website lambat. Dan bahkan sangat lama sekali padahal di blog tersebut tidak terpasang apapun, hanya ada 1 script yang menurut saya menjadi penyebab loadingnya sangat lambat.

Penyebab Loading Blog dan Website Lambat

Ada beberapa penyebab utama yang membuat tampilan atau halaman blog sangat lama tampil. Bahkan harus menunggu loading yang cukup lama. Dari berbagai sumber yang saya baca, waktu yang dibutuhkan untuk membuka sebuah halaman dengan tampilan penuh sekitar 2 - 3 detik.

Dengan memiliki kecepatan sepersekian detik tersebut, maka kecepatan loading blog bisa dikategorikan blog dengan loading yang cepat. Namun perlu diperhatikan juga, bahwa kecepatan waktu ini bukan berarti performa dari struktur blog tersebut juga baik. Performa ini meliputi skor kecepatan atau loading pada sebuah blog atau website.

Jadi ketika saya mengecek nilai kecepatan dari sebuah blog atau website, ternyata nilai yang ditampilkan adalah merah. Namun meskipun skornya merah, kecepatan loading untuk membuka halaman website atau blog ini sangat cepat.

Dengan adanya perbedaan tersebut lah, saya selalu belajar untuk mencari, memperbaiki dan membuat loading blog menjadi lebih cepat. Karena bukan hanya konten yang harus diutamakan tapi bagaiman membuat pengunjung blog saya ini tetap nyaman untuk membaca dan mengakses halaman konten yang lainnya.

Setelah melakukan berbagai analisa, saya menemukan beberapa hal yang menjadi penyebab loading blog atau website lambat yaitu:

Script

Ada berapa script yang digunakan pada blog anda? Penggunaan script yang berlebih bisa membuat performa blog menjadi menurun. Perhatikan juga penggunaannya, script tersebut digunakan untuk halaman depan (homepage) saja, halaman artikel, atau di halaman statis?

Perhatikan juga penggunaan render-blocking refers pada kode script atau pada kode Css yang digunakan pada template blog anda.

CSS

Mungkin selama ini banyak yang beranggapan kalau penggunaan Css tidak mempengaruhi performa blog. Salah, Css yang tidak diatur sedemikan rupa akan menjadi dampak buruk. Cek penggunaan kode Css pada thema website anda. Untuk kode yang sama, gunakan pada kode css yang sama.

Dengan mengatur setiap kode Css yang sama penggunaannya dan menggabungkannya menjadi satu kode maka akan mengurangi penggunaan kode css tersebut.

Gambar

Gambar selalu digunakan setiap membuat artikel, kecuali artikel tersebut tidak menggunakan gambar. Jika setiap artikel memiliki gambar, maka sebelum artikel itu diterbitkan, wajib hukumnya untuk melakukan optimasi pada gambar.

Optimasi yang dilakukan berupa ukuran, bentuk, kualitas, dan besarnya pixel pada gambar tersebut. Gambar kecil belum tentu memiliki pixel kecil, karena semuanya tergantung dari kualitas pada gambar itu sendiri.

Misalkan gambar dengan memiliki banyak warna tentunya lebih besar piksel yang dimilikinya dan semakin banyak piksel yang digunakan semakin besar ukuran gambar tersebut. Oleh karena itu, wajib untuk melakukan perubahan ukuran gambar sebelum gambar dan artikel diterbitkan.

Baca Juga: Cara Mengubah Ukuran Gambar Artikel

Penggunaan CDN

Apa itu CDN? CDN atau Content Delivery Network sudah terbukti dapat membantu loading lebih cepat. Namun penggunaannya masih banyak yang jarang digunakan karena beranggapan kalau CDN akan memperberat loading blog.

Saat menggunakan CDN, file statis seperti gambar, CSS, JavaScript dan lainnya akan disimpan pada cache server CDN. Selanjutnya file-file ini distribusikan ke lokasi server di seluruh dunia yang terhubung dengan CDN pusat.

Jadi, jika blog atau website anda menggunakan CDN, maka CDN akan mengarahkan server terdekat dari CDN tersebut. Semakin dekat CDN diakses, maka semakin cepat loading blog bekerja.

Server (Hosting)

Hampir sama dengan penggunaan CDN, untuk server ini mempengaruhi penyimpanan database file website atau blog. Jika sever yang digunakan untuk mneghosting file bagus maka kecepatan juga akan bagus. Oleh karena itu, pertimbangkan terlebih dulu sebelum menggunakan server untuk blog anda.

Jangan asal pilih hosting, Blogger yang tentunya menggunakan server bagus pernah mengalami down. Mungkin karena banyaknya pengguna pada layanan blogging ini, sehingga perlu dilakukan peningkatan kinerja server mereka.

Namun yang menjadi penyebab utama atau yang paling sering membuat kecepatan blog menjadi lambat adalah penggunaan script, css dan khususnya gambar. Gambar adalah komponen utama yang menjadi penyumbang terbesar membuat tampilan halaman konten blog sangat lama untuk dibuka.

Memang membutuhkan kesabaran dalam melakukan optimasi blog ini, namun jika performa blog anda sudah baik dari awal karena menggunakan template atau thema yang fast respon, maka langkah selanjutnya adalah dengan menjaga performa blog  anda tersebut.

Salah satu cara untuk menjaga performa dan kecepatan blog adalah jika anda sudah tidak menambahkan kode CSS atau Script baru cukup dengan menjaga kualitas gambar yang digunakan pada setiap artikel blog yang dibuat.

Baca Juga: Cara Optimasi Gambar Artikel Agar SEO Friendly

Gambar artikel adalah salah satu yang kurang diperhatikan ketika membuat artikel, oleh karena itu jika ingin performa blog tetap terjaga, tetap selalu lakukan optimasi gambar artikel blog anda.

Kesimpulan

Dengan mengetahui beberapa masalah yang terjadi pada blog atau website anda, maka anda akan dengan mudah mengatasi masalah tersebut. Termasuk mengatasi loading atau kecepatan blog yang semakin lama semakin melambat.

Begitu juga dengan kode skor yang ditampilkan oleh beberapa tool yang digunakan untuk mengetahui skor kecepatan loading blog anda. Mungkin anda tidak perlu mengacu pada hasil skor tersebut jika anda merasa kalau kecepatan akses untuk membuka halaman blog anda sudah sangat cepat.

Untuk mengetahuinya cek beberapa blog atau website yang lainnya, skor mereka ada yang merah namun kecepatan loadinya tetap terjaga dengan baik. Dan silahkan disimpulkan sendiri.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

2 komentar

  1. kotanopan.com
    sepertinya saya sudah hampir 2 tahun tidak main di blog ini, kesibukan di dunia nyata selama covid benar-benar runyam
    dan blog ini semakin berkembang mengikuti zaman,,,
    • Roni
      Selamat datang kembali di blog acak adul ini kawan, saya sering melihat-lihat blognya, dan sayanganya saya tidak pernah berkomentar di blog Kotanopan tersebut... Hehehe :)
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]