Skip to main content

Lupa Membuat Artikel Blog Dengan Ide yang Telah Ada

Lupa Membuat Artikel Blog Dengan Ide yang Telah Ada - Adalah kebiasaan saya menunda hal-hal yang begitu berguna namun akhirnya lupa karena dibiarkan begitu saja dan tidak langsung dikerjakan. Termasuk ketika akan menulis artikel terbaru untuk blog ini, saat sudah ada ide akan menulis topik tertentu, eh karena tidak langsung ditulis, akhirnya saya lupa dengan ide topik yang akan saya buat artikelnya tersebut. Padahal sudah fix banget kalau artikel ini sangat up-to-date, namun apalah daya, ingatan ini terlalu rapuh untuk mengingatnya kembali.

Lupa Membuat Artikel Blog Dengan Ide yang Telah Ada
Sering sih saya itu kalau ada ide dan tidak langsung menuangkannya dalam artikel blog ini, bawaannya lupa. Kenapa tidak langsung menuliskan kedalam blog? Karena ide yang saya dapatkan lebih sering saat membaca berita atau info tentang blog atau yang berhubungan dengan blog. Dan itu terjadi saat saya mengakses informasi tersebut menggunakan ponsel. Apalagi saat istirahat waktu bekerja, semuanya langsung menguap begitu saja. Lupa.

Begitu juga ketika berada dirumah, kumpul sama keluarga, sama anak-anak, sambil membuka ponsel dan membaca atau mencari informasi terbaru seputar internet, tentang blog, dan info-info lainnya yang sedang update. Saat ide sudah ada dan berencana untuk dibuatkan artikel, tiba-tiba semuanya hilang, blank dan tidak ingat lagi artikel yang akan ditulis tersebut.

Efek Lupa membuat Artikel Terhadap Blog
Blog yang tidak update bukan hanya karena tidak mendapatkan atau menemukan ide dalam membuat tulisan, namun ada banyak faktor yang membuat blog tersebut tidak melakukan update. Salah satunya adalah seperti yang telah saya jelaskan diatas yaitu karena lupa dengan ide yang akan dijadikan topik pembahasan kedalam artikel terbaru yang akan ditulis. Sedangkan faktor lainnya yang sering dialami oleh blogger lainnya adalah yaa karena belum menemukan ide dalam membuat artikel baru.

Pengalaman ini tentunya juga dialami oleh teman-teman blogger lainnya, sudah ada ide yang akan dibuatkan artikelnya ternyata lupa karena tidak langsung ditulis dan belum menemukan ide dalam membuat artikel terbaru. Lantas bagaimana agar ide yang sudah ada tersebut tetap menjadi artikel? Tentunya harus langsung ditulis, walau hanya dalam bentuk judul saja atau kerangka artikel saja dalam bentuk draft. Dan jika belum menemukan ide dalam membuat artikel baru, alangkah baiknya membaca tips yang telah saya buat yaitu 4 Tips Mudah Agar Blog Selalu Update Artikel Terbaru

Apakah Harus Diam Saja?
Ketika tidak menemukan ide untuk membuat artikel blog terbaru, apakah harus diam saja dan membiarkan blog tidak terupdate? Tentunya jangan sampai itu terjadi, jangan sampai blog tidak terupdate dalam beberapa hari. Karena blog yang tidak update artikel baru dalam beberapa hari akan menyebabkan peringkat blog berkurang dan dinilai blog mati atau tidak terurus oleh Google. Ingat, Google setiap waktu, selalu melakukan indeks dan merayapi semua blog-blog yang ada. Dengan melakukan indeks dan crawl inilah, Google juga melakukan penilaian apakah blog tersebut tetap mednapatkan peringkat yang baik atau ditiadakan dari hasil pencarian.

Jadi ketika tidak menemukan ide dalam membuat artikel, jangan hanya diam saja, tetap buat artikel seperti yang saya buat saya ini. Artikel-artikel seperti ini sering saya buat ketika tidak ada topik khusus yang akan ditulis. Atau jika belum bisa membuat artikel bisa juga dengan melakukan update artikel lama menjadi artikel baru seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Dengan melakukan cara seperti itu, maka blog akan tetap terupdate dengan baik setiap waktunya.

34 Komentar

  1. Kunbal mas, naah ini sy baru bisa kasih komen, kalo dulu harus log dlnke disqus jadi ribet, akhirnya ga jdi komen, iya kadang sy jg msh sering nunda" nulis, padahal kadang udah ada dikepala, sy gak terbiasa nulis dulu di note, kalo lagi waras biasanya suka ga sabar mau langsung nulis, tpi kadang jg msh angot"an gitu. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa... ternyata sama juga, menunda adalah pekerjaan yang paling menyenangkan :D

      Hapus
  2. Bener bang, kadang pas lagi di wc celetuk ada ide buat nulis atau di jalan lagi jalan-jalan tiba-tiba nemu fenomena menarik, pas nyampe rumah buka laptop, buka dasbor, stuck wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wwwwkkk ..., ngakak bacanya 😅.
      Betul juga sih tapii.., bisa saja ide tetiba nongol ngga pandang kita lagi berada dimana ..

      Hapus
    2. Wahh bisa ditiru juga ini mas Riz, ngelamun di wc dan mikirin blog.. hahaa

      Hapus
    3. jangan-jangan sambil bawa HP dan baca blog itu.. haha
      mungkin gak ya :D

      Hapus

  3. Ide nulis bisa Dateng dari mana saja saat bangun tidur, makan, ngobrol dengan teman. Dan maaf saya nulis artikel saat saya kehabisan ide menulis itu pure curhatan pribadi kok bisanya Anda menuduh ku copy paste aetikelmu kenal aja tidak lho? Jangan sukd nuduh gitu deh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... nanti tak kunjungi rumahnya kak Tari, bawa oleh-oleh duren yah...

      Hapus
  4. Sering lupa itu kekuranganku T_T
    Kudu nyatetnih kalo terlintas topik artikel yang mau ditulis. Kalo gak, duh lewat lagi, lupa lagi heuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena lupa bisa muncul ide lainnya juga loh.. iya kan? Hehee
      Jangan lupa bawa kertas dan pensil :D

      Hapus
  5. Aku juga kadang begitu, ngga keburu menulis pas dapat ide akhirnya hilang juga idenya.

    Aku kalau lagi malas menulis ya malas saja, ngga update blog sama sekali, namanya juga malas, pernah sampai 3 bulan ngga update blog karena Malas.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ngga bisa diganggu gugat ya mas, bahkan kalo di duren juga ga bakalan mau hehee

      Hapus
  6. Aku malah banyak banget ide nulis mas roni, permasalahannya cuma satu aku suka kebingungan mengenai judul mana yang akan aku update duluan hehehe, tapi ya emang sih ide tulisanku cuma kegiatan sehari2 aja, bukan topik yang berat2...jadi ga bakal kesulitan sampai ga ada ide, cuma memang eksekusi nulisnya yang kadang mood moodan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih santai seperti itu ya mbak, apa adanya... hmm.. boleh lah bagi-bagi idenya disini mbak.. Kirim ya :)

      Hapus
  7. Bawaan saya juga gitu, malasnya banyak, udah akut...ini juga dengan susah payah bangkit lagi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin perlu mood booster seperti tidur duluan, setelah itu ya udah tidur lagi heheee :D
      Kalau mager memang bawaannya udah ga mau ngapa2in ya ..

      Hapus
  8. Kejadian lupa ide yang muncul juga pernah kualami.
    Dijalan mendadak tuwiiing muncul ide nulis satu hal di kepala. Sampai muncul ide rangkaian kalimatnya juga .. eeh sampai rumah blank ambyar gagal total 😅.

    Makanya sekarang aku kemana2 biasakan diri bawa kertas dan pulpen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal nulisnya bisa di ponsel ya mas, ada aplikasinya disana dan ga perlu bawa kertas dan pulpen.. Hehee

      Hapus
    2. Iya, sih.
      Tapi kalo ide nya muncul lagi di keramaian, takut juga lagi ketak ketik di ponsel ,eeeh disamber copet

      Hapus
    3. Hehee.. iya juga ya mas,, bisa jadi incaran cepot

      Hapus
  9. Kalo saya biasanya lupa nulis karena setelah traveling, saya traveling lagi dan akhirnya lupa nulis tentang perjalanan sebelumnya.

    Atau kadang ada tempat yang lebih menarik untuk ditulis, lupa deh ama tempat sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau mas Rudi dokumentasinya lengkap, ga ada tulisan, gambar yang telah diambil masih bisa dibikin artikel... :)

      Hapus
  10. Keinginan setiap hari update
    Tapi yang lebih saya utamakan adalah kumpul dengan keluarga
    Saya tidak ingin kehilangan moment dengan keluarga, maka ngeblog kadang saya tinggalkan. Walau sudah ada bahan cerita, semisal photo-photo sudah siap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget kang, mereka adalah yg paling utama dan mereka adalah penyemangat 😊

      Hapus
  11. i only write mine when i have the mood to write haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. That's right, without a strong desire to do something, it won't be easy to do.

      Hapus
  12. Aku juga sama nih, mas. Tapi belakangan ini lebih rajin catat semua ide di note ponsel, jadi kalau lagi luang masih bisa ingat mau nulis apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah setuju banget, meskipun yg dicatat hanya intinya saja, yang penting idenya tetap ada

      Hapus
  13. haha.. jadi artikel ini dibuat ketika lagi gak ada ide ya.. haha
    btw, aku juga sering saat ada ide, gak langsung ditulis. begitu mood nulisnya ada, ealah ide nya udah ambyar.. hihi..

    BalasHapus
  14. Intinya selalu nulis saja, biar ada update di blog, hehehe Salam Kenal

    BalasHapus
  15. saya juga gitu, baca buku atau majalah trus dapet ide. Rencananya mau nulis ide tersebut karena kelamaan akhirnya menguap seperti pertalite di taruh di atas penggorengan hehehehe

    BalasHapus
  16. saya dulu tiap nemu ide, selalu saya catet pointnnya.

    Sekarang, engga. Seketemunya aja :D

    BalasHapus
  17. Saya juga kadang begitu... makanya saat ide muncul saya langsung saya tulis meski judulnya saja... pas senggang baru saya jadikan artikel

    BalasHapus
  18. Lagi BeWe nih, nyariin si "mood"...hihi

    BalasHapus