Skip to main content

Cara Melakukan Update Artikel Lama Menjadi Artikel Baru

Cara Melakukan Update Artikel Lama Menjadi Artikel Baru - Membuat artikel baru dengan melakukan update pada artikel lama agar lebih fresh dan terlihat baru memiliki perbedaan cara dalam melakukannya. Jika membuat artikel baru maka harus menemukan idenya dulu, mencari bahannya dulu, dan sebagainya. Namun untuk artikel alam agar terlihat sebagai artikel baru maka hanya perlu melakukan beberapa editing atau mengganti atau menambahkan atau menghapus beberapa kalimat yang ada didalam artikel tersebut. Itu saja sih caranya, sangat mudah kan.
Cara Melakukan Update Artikel Lama Menjadi Artikel Baru
Namun meski terlihat mudah karena hanya perlu melakukan perubahan pada artikel yang telah ada, jangan lupa untuk tetap melakukan ping ke search engine atau inspeksi URL di Google Search Console agar artikel lama yang sudah diupdate bisa dinilai lagi, kalau ada perubahan pada konten artikel tersebut.

Apakah setiap komponen yang ada didalam artikel lama harus diganti secara keseluruhan? Tidak, hanya beberapa saja yang perlu diganti. Berikut beberapa hal yang perlu diganti agar artikel lama menjadi artikel baru:

1. Judul Artikel
Judul artikel bisa diganti dan bisa juga tidak untuk memperbaiki nilai indeks. Namun jika judul artikel sudah bagus maka sangat tidak disarankan untuk mengganti judul tersebut.

2. Link Artikel
Jangan coba-coba mengganti link artikel lama di blog Anda karena akibatnya sangat fatal, karena link inilah yang di indeks oleh Google. Jika link artikel diganti, maka artikel lama yang seharusnya menjadi lebih baik peringkatnya malah menjadi turun. Bahkan bisa terindeks lebih lama lagi oleh Google karena konten didalam artikel lama tersebut adalah konten lama dan menjadi duplikat konten karena dinilai konten baru yang menyerupai konten lama.

3. Gambar Artikel
Jika gambar artikel lama sudah terindek, jangan dihapus. Namun untuk menambah dengan gambar baru, bisa dilakukan dan jangan berlebihan, cukup 1 atau 2 gambar yang mendukung.

4. Artikel Blog
Untuk artikel blog yang lama agar menjadi artikel baru, lakukan beberapa perubahan sesuai dengan kebutuhan. Jangan berlebihan. Bisa dilakukan dengan cara menghapus dan mengganti dengan kalimat yang lebih baik.

5. Tanggal Terbit
Bolehkah mengganti tanggal terbit artikel lama? Boleh-boleh saja, dan Google tidak akan melarang itu malah akan memberikan penilaian kalau artikel lama juga diurus oleh pemiliknya dengan baik. Apakah perubahan pada tanggal artikel mempengaruhi link artikel? Tidak, karena link artikel untuk Blogspot sudah dibuat secara otomatis dan permanen sejak artikel itu dibuat dan tidak akan pernah berubah secara otomatis lagi. Kecuali diganti secara manual.

6. Link Internal dan Eksternal
Jangan lupa untuk memeriksa dan meneliti lagi link internal dan link eksternal yang terpasang dalam artikel lama yang akan di edit tersebut. Bisa jadi karena pemasangan link yang sudah tidak bisa diakses yang membuat peringkat artikel blog menjadi menurun. Jika link sudah mati atau tidak bisa diakses segera hapus. Atau jika link masih bisa diakses namun isinya sudah berubah, segera di hapus juga.

7. Komentar Blog
Periksa juga beberapa komentar yang ada, apakah ada link blog yang dipasang masih aktif, tidak aktif, atau perubahan konten pada isi link tersebut. Jika sudah tidak sesuai, hapus.

Itulah 7 cara melakukan update artikel lama menjadi artikel baru yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas konten artikel lama tersebut. Apakah harus? Seharusnya tetap dilakukan, sama halnya dengan melakukan update pada kode template blog, tampilan blog, dan sebagainya yang selama ini sering dilakukan, kenapa artikel lama tidak direfresh? Selama mencoba dan Ssst ini termasuk salah satu tehnik SEO yang sering dilakukan saat ini loh, jangan rame-rame ya...

4 Komentar

  1. Waah ternyata Saya pernah lakukan kesalahan update artikel lama. Saya kira link nya pun diubah, pantas saja artikel yg tadinya nangkring di hal 1 meski gak diurutan pling atas, setelah update ganti link jadi hilang entah di page berapa.

    Terimakasih infonya mas. Bermanfaat bgt buat saya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kang, nah itu yang repot kang. Seandainya link sebelumnya masih terindeks, mungkin masih bisa dikembalikan lagi kang

      Hapus
  2. oh update nya cukup cek pembaruan aja ya, kalau ada broken link dll.. bisa dikatakan udh update. mantap makasih mas.

    BalasHapus
  3. Makasih ya kak info nya bermanfaat sekali.
    Semoga blog nya kak Roni tambah banyak artikel- artikel yang informatif. Sukses selalu kak

    BalasHapus