Skip to main content

Sejarah April Fools Day: Jangan Merayakan April Mop Untuk Hal Serius

Sejarah April Fools' Day: Jangan Merayakan April Mop Untuk Hal Serius, Kenapa? Karena hal ini pertama terjadi sama saya sendiri. Meskipun sebagai bahan guyonan atau candaan, tidak seharusnya hal-hal serius dijadikan bahan pembohongan, apalagi menyakut semua orang. Sungguh akan membuat semuanya benar-benar kacau dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahan candaan yang sebenarnya untuk candaan saja, bisa benar-benar terjadi. Untuk itu jangan sembarang membuat lelucon yang berhubungan dengan hal-hal yang aneh. Tapi untuk kejadian yang saya alami ini, meskipun tidak terjadi benaran namun yang saya lakukan untuk ikut-ikutan merayakan Apil Mop adalah sesuatu yang sangat kurang ajar.

Sejarah April Fools Day: Jangan Merayakan April Mop Untuk Hal Serius
Sejarah April Mop atau April Fools' Day
April Mop dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan sebutan April Fools Day yang diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahunnya. Sejarah April Mop tidak ada yang tahu meskipun diberbagai sumber mengatakan, peristiwa pada tanggal 1 April ini adalah peristiwa terjadinya pembantaian, peperangan, dan memang kejadian lucu yang dibuat oleh orang-orang terdahulu. Dan semuanya berasal dari kerajaan-kerajaan terdahulu. Saya tidak bisa membahasnya sejaranya secara lengkap disini karena banyaknya versi yang saya baca. Untuk kalian yang masih penasaran dengan sejarah April Mop, silahkan cari di Google.

Namun jika dilihat dari kejadian dan tujuannya, benarkah April mop ini memiliki sejarah? Jangan-jangan sejarahnya juga bohongan dan hanya candaan saja yang dilakukan oleh semua orang disetiap negara. Sehingga banyak versi yang melatarbelakangi terjadinya kejadian setiap tanggal 1 April ini. Bahkan dibeberapa sumber artikel yang saya baca, perayaan kejadian pada tanggal 1 April ini tidak terjadi pada tanggal yang sama, namun tetap dianggap sebagai tanggal 1 April. Nah, aneh juga kan? Kalau begitu setiap negara yang memiliki kebiasaan bercanda itu tidak merayakannya pada tanggal yang sama. Ah sudahlah, ada atau nggak ada sejarahnya, kalau melakukan candaan tidak harus nunggu 1 April juga kan?

Efek Samping Merayakan April Mop
Sebagaimana diketahui secara umum, yang mengetahui sih, pada setiap tanggal 1 April semua orang katanya, menurut sejarahnya, orang boleh berbohong, melakukan lelucon, melakukan tipu-tipu, atau bahan candaan lainnya kepada orang lain, orang terdekat, keluargan, tetangga dan semuanya tanpa ada rasa bersalah. Bahkan candaan tersebut bisa-bisa saja mempermalukan orang lain atau dirinya sendiri, yang penting tujuannya tercapai untuk merayakan April Mop ini.

Padahal bahan candaan atau lelucon yang dilakukan itu belum tentu diterima oleh orang lain, bahkan bisa-bisa menjadi boomerang atau menyerang diri sendiri, apalagi itu dilakukan orang lain. Ada yang menerima dan pastinya ada yang marah karena melakukan seperti itu. Jangankan ke orang lain, ke teman sendiri atau keluarga saja bisa membuat hubungan pertemanan dan persaudaraan rusak hanya gara-gara lelucon yang dilakukan tidak mereka senangi atau dilakukan secara berlebihan. Jika seperti ini kejadiannya, siapa yang bersalah dan bertanggungjawab? Pastinya Anda yang melakukan lelucon yang tidak menghibur ini.

Kecuali melakukan atau membuat lelucon yang menghibur, semuanya pasti senang. Namun yang namanya April Mop ini, semuanya dilakukan, entah itu baik atau tidak, menghibur atau tidak, bikin marah atau tidak, semuanya tetap dilakukan, yang penting bisa membuat orang lain tertipu. Semoga setiap peristiwa yang dirayakan secara umum, lebih baik kita lakukan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, jangan sampai merugikan orang lain atau diri sendiri. Seperti yang pernah saya lama dulu.

Dulu saya pernah merayakan April Mop ini dengan bahan candaan yang seharusnya tidak saya lakukan. Bahan candaan yang selalu saya ingat kalau itu benar-benar sangat tidak baik bagi saya dan seluruh orang-orang yang waktunya itu mengetahui kejadian yang saya buat-buat padahal bohong. Duh, kalau ingat peristiwa itu, ingin rasanya menghapus agar tidak teringat lagi. Dan sejak peristiwa itu, saya putuskan untuk tidak memperingati April Mop ini lagi atau membuat lelucon yang tidak berfaedah.

Lelucon apa sih yang saya buat? Kematian, iya saya membuat kabar berita keseluruh teman-teman saya kalau saya meninggal karena kecelakaan dan dibawa ke UGD, hanya teman-teman saya saja waktu itu yang tahu. Namun infonya benar-benar bikin heboh karena teman saya ini langsung mengabarkan ke semua orang kalau saya meninggal. Astaghfirullah... Suasananya bikin panik, sumpah, semua keluarga saya kaget dan datang ke rumah saya. Semuanya menangis, Yaa Allah... Kejadian yang membuat saya benar-benar bersalah. Apalagi saat mereka tanya kenapa melakukan hla itu? Duh gak bisa dibayangin kan perasaan mereka gimana kalau dibohongi. Marah dan kecewa pastinya.

Jadi, apapun peristiwa yang telah terjadi atau yang terjadi menjadi viral dan dilakukan oleh anak-anak muda saat ini,lebih baik diseleksi dulu untuk melakukannya. Jangan semuanya yang terlihat yang dianggap lucu boleh dilakukan semua, apalagi sampai menciderai fisik atau mengancam jiwa. Itulah sekilas tentang sejarah April Mop dan pengalaman saya merayakan April Mop.

3 Komentar

  1. Kalau April mop sih sepertinya kebanyakan ngeselin ya, mas. Jarang sepertinya yang bikin orang happy. Hehehe.

    Kalau aku sih belum pernah ikut-ikutan April mop. Karena memang teman-teman dan saudara-saudara gak ada yang melakukan saja. Pernah tau April mop juga dari tv aja.🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu mbak, semua yang merayakan april mop ini akan berusaha untuk bikin orang lain bete.

      Hapus
  2. Iya nih, anak muda zaman now sering buat konten prank-prank yg keterlaluan.

    Saya pernah hampir kena 2x nih, tapi untungnya saya bisa baca situasi, haha..

    BalasHapus