Skip to main content

Mengapa Menggunakan Kolom Komentar Blogger?

Mengapa Menggunakan Kolom Komentar Blogger? Dari awal-awal ngblog di Digital Poin ini saya sudah menggunakan template premium dari Kompi Flexible dengan salah satu fiturnya yaitu memiliki 3 kolom komentar, Blogger, Disqus dan Facebook. Dan seiring dilakukannya update, hingga versi terakhir dari template ini akhirnya hanya ada 1 kolom komentar yang digunakan yaitu Disqus.

Mengapa Menggunakan Kolom Komentar Blogger
Awalnya saya tidak terlalu memikirkan keberadaan kolom komentar blog ini, karena update yang dilakukan pada kode template Kompi Flexible ini sudah sangat bagus dengan peningkatan performa. Namun lama-lama kok ya nggak nyaman juga karena setiap mau berkomentar, mau tidak mau harus login terlebih dulu ke akun Disqus, baik itu di saat berkomentar menggunakan ponsel atau laptop. Akhirnya saya berpikir, kenapa nggak mengganti dan menggunakan kolom komentar Blogger saja? Kan lebih simpel.

Akhirnya, beberapa hari yang lalu saya mencoba mencari panduan untuk mengganti kolom komentar Disqus dengan kolom komentar Blogger. Selain mencari panduannya, saya coba menggunakan kode komentar yang ada di template Kompi Flexible di versi sebelumnya. Sebenarnya bisa menerapkan kode kolom komentar di versi Kompi Flexible sebelumnya namun ada kode yang tidak bekerja dengan baik, yaitu tombol Balas atau Reply tidak berfungsi.

Setelah menggunakan beberapa panduan dan kode komentar Blogger, akhirnya saya bisa mengganti kolom komentar Disqus dengan komentar bawaan Blogger. Mengganti kolom komentar ini ternyata tidak mudah, apalagi untuk kode template yang sudah di custom. Karena meskipun sudah ada kode kolom komentar yang akan dipasang, tidak serta merta langsung dipasang. Harus disesuaikan dengan kode templatenya juga dan tentunya juga ada langkah-langkah yang harus dilakukan satu per satu.

Mengapa Menggunakan Kolom Komentar Blogger?
Ada alasan khusus kenapa saya harus menggantinya, yaitu demi kenyamanan blog ini dan juga agar memudahkan saya lagi kedepannya jika ada yang berkomentar, bisa langsung mengetahui profil yang berkomentar tersebut. Asalkan tidak dibatasi. Selain itu agar membuat blog ini benar-benar blog dengan fitur murni dari Blogger, bukan dari yang lain. Ngblog menggunakan Blogspot, padahal sudah disediakan berbagai fitur, kenapa tidak menggunakan fitur yang sudah ada? Itu saja sih alasannya, tidak ada yang lain.

Bagaimana Dengan Loading Blog?
Setelah mengganti kolom komentar bawaan Blogger,apakah loading blog terpengaruh? Tidak. Masalah loading blog bukan hanya karena penggunaan kode script saja, tapi banyak hal-hal lain yang menjadi penyebab loading blog menjadi lambat.

Dan semuanya juga tergantung dari pemilik blog itu sendiri, mau menggunakan kolom komentar apapun semuanya terserah mereka. Karena ini semua adalah pilihan dari diri sendiri, yang penting tetap ngblog dengan mudah dan mudah mendapatkan rezeki.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jangan pasang link ya...

12 Komentar

  1. Dulu saat rame komentar blog bermasalah pada template pihak ketiga saya sempat pake disqus juga.
    Setelah berhasil di atasi ya saya kembali ke kolom blogger tapi tidak memindahkan yang dari disqus sepert mas Sahroni ini soale gak ngerti kode hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya maunya seperti itu juga bang, tapi karena saya suka dengan kode template ini, mau tidak mau utak atik sendiri :)

      Hapus
  2. aku pun lebih suka berkomentar ke kolom komentar blogger ketimbang disquss.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik.. akhirnya ada yang sama hehee

      Hapus
  3. Saya juga sudah beralih kembali dari disqus ke sistem komentar bawaan blogger. Rasanya lebih nyaman saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, jadi lebih nyaman dan bisa diakses dalam 1 akun saja

      Hapus
  4. Saya juga tetap gunain komentar bawaan blog karena kulihatin kok tak semua pembaca atau juga blogger ngga punya akun disqus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan kadang mereka juga tidak memasang profil blognya di akun disqus kang, jadinya ga bisa lihat2 hee

      Hapus
  5. Iyah kalo suruh komen di disqus suka susah, makanya kadang saat mau balik komentar jadi ribet 😑 akhirnya ga jadi koment

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya juga sering gitu karena akun disqus aktifnya di laptop

      Hapus
  6. Aku kadang juga males komen kalau kolom komentar blognya cuma pake disqus doang. Ribet soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihii iya, karena harus login lagi ke akun disqusnya padahal blogger sendiri sudah punya kolom komentar

      Hapus