Skip to main content

Mengganti Kolom Komentar Disqus ke Blogger di Template Kompi Flexible v8

Mengganti Kolom Komentar Disqus ke Blogger di Template Kompi Flexible v8 - Beberapa waktu yang lalu saya merubah tampilan template Kompi Flexi seperti tampilan blognya kang Adhy yaitu kompiajaib.com, seperti yang terlihat saat ini. Dan kemarin, saya mencoba mengganti kolom komnetar Disqus yang digunakan pada template Kompi Flexible ke kolom komentar Blogger, dan berhasil!

Meski awalnya mengalami kesulitan untuk mengganti kolom komentar ini, dari segala cara yang ada di Google saya gunakan sampai dengan menggunakan kolom komentar yang digunakan pada beberapa versi template Kompi Flexible. Mulai dari versi 1 sampai versi 5, saya coba utak atik kode yang digunakan pada semua template tersebut. Gagal

Mengganti Kolom Komentar Disqus ke Blogger di Template Kompil Flexible v8
Saya menduga kegagalan yang saya alami dalam merubah kolom komentar ini karena antara kode template Kompi Flexible dengan versi yang lainnya berbeda, khususnya di versi yang terakhir ini. Atau bisa jadi karena ketidaktahuan saya yang masih belajar dalam mengubah beberapa kode-kode yang ada pada template tersebut, apalagi saya bukan pengembangnya. Benar-benar membutuhkan konsentrasi dan segala cara untuk melakukannya.

Akhirnya saya coba melakukan uji coba dengan menggabungkan kode template lama dengan beberapa kode template blog yang ada di blog orang lain. Salah satunya di kode templatenya mas Sugeng, yaitu Vio Magz dan panduan yang ada di blognya mbak Igniel. Dan dari kode kolom komentar yang cocok adalah yang digunakan di Vio Magz. Namun meskipun cocok digunakan, ternyata tidak serta merta harus menyalin semua kode yang ada di Vio Magz kedalam kode template Kompi Flexible. Karena masih ada beberapa kode yang harus diganti di Kompi Flexible dan menyesuaikan dengan kode yang digunakan oleh Vio Magz.

Setelah melakukan uji coba, akhirnya saya bisa menerapkan dan mengganti kolom komentar disqus ke kolom komentar blogger. Sungguh menjadi kebanggaan tersendiri jika berhasil dengan usaha sendiri dan hasilnya pun sangat memuaskan. Sehingga mulai kemarin blog Digitalpoin.com yang menggunakan template Kompi Flexible v8 ini sudah menggunakan kolom komentar bawaan Blogger dan kolom komentar yang digunakan adalah versi yang terbaru juga. Untuk hasilnya seperti yang ada dibawah setiap artikel blog ini.

Bagaimana dengan kolom komentar Disqus yang selama ini digunakan? Bukankah disana atau dibeberapa artikel sebelumnya ada banyak komentar? Berarti jika kolom komentar Disqus dihapus, maka artikel-artikel yang sudah ada komentar dari pembaca atau pengunjung blog ini sudah tidak? Betul, sudah tidak ada dan sudah tidak ada komentar apapun untuk yang di Disqus, sedangkan untuk komentar bawaan Blogger, masih ada. Karena dari awal blog ini dibuat menggunakan template Kompi Flexible. Dan pada versi-versi awal, blog ini menggunakan 3 kolom komentar yaitu Disqus, Blogger, dan facebook. Jadi beberapa artikel masih memiliki komentar bawaan blogger.

Bagaimana dengan komentar yang ada di Disqus? Apakah masih ada setelah tidak digunakan lagi? Tentunya masih ada dan tersimpan di akun Disqus. Jika kolom komentar disqus dipasang lagi maka komentar-komentar yang ada akan tampil lagi. Dan kenapa saya mengganti kolom komentar blog ini? Alasannya sangat simpel saja yaitu agar semua teman-teman blogger dan orang lain bisa berkomentar di artikel di blog ini yang mereka baca dan menanggapi tanpa perlu harus login ke Disqus.

Itulah informasi yang perlu saya sampaikan bahwa melakukan sesuatu yang sulit selama ada niat, pasti akan berhasil meski mengalami beberapa kegagalan. Seperti yang saya lakukan ini yaitu mengganti kolom komentar Disqus ke Blogger di template Kompil Flexible v8. Apakah ada bantuan panduannya? Semoga diartikel berikutnya saya bisa menuliskan artikelnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jangan pasang link ya...

8 Komentar

  1. Ruar biasa mas berani bereksperimen gabungan kode dari beberapa template...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa masih belajar Bang, dan ini baru sadar juga ternyata tombol balasnya hilang dan sudah dibetulin

      Hapus
  2. Keren ..., pinter utak atik koding template.
    Sampai berhasil mengubah kolom komentar disqus jadi persis kolom komentar blog 👌

    Kalau aku terus terang belum berani utak-atik kode template, karena ngga paham2 amat 🤭

    BalasHapus
  3. Kalo aku pusing utak Atik masalah template kang, puyeng lihat kodenya. Jadi dari dulu pakai kolom komentar blogger ngga Disqus.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya memang pusing mas, karena maksa, pusingnya gak kerasa hahaa

      Hapus
    2. ada tutor atau link buat kolom komentarnya nggak mas ya. hehehe.

      buat ngubah juga.

      klo sekilas saya lihat kayak kolom komentar igniel, dan mankoin. cuman setelah saya praktekkan gagal karena b:includenya berbeda dengan tutorial yg ada.

      Hapus
    3. Sebenarnya dari awal saya ingin membuatkan tutorialnya mas tapi berhubung sangat jlimet, harus menyesuaikan dengan kode template dari Kompi Flexible ini. Banyak kode yang harus diganti dan di hapus.
      Khawatirnya saat dibikin panduannya, tidak cocok dengan kode template blog teman-teman, meskipun kode template dasarnya sama-sama menggunakan Kompi Flexible.

      Hapus