Skip to main content

Memahami Maksud Update Artikel Blog Terbaru

Memahami Maksud Update Artikel Blog Terbaru - Selama ini banyak yang belum mengetahui maksud dari melakukan update blog dengan artikel-artikel yang baru. Sebagian dari kita pasti beranggapan kalau melakukan update artikel itu harus dengan artikel-artikel yang baru yang fresh, yang unik dan apalah. Dengan alasan yaitu Google sangat menyukai blog dengan konten-konten yang fresh, yang baru, dan yang unik. Betul begitu? Betul dong, saya sendiri juga beranggapan seperti itu. Tapi tunggu dulu...


Membuat artikel baru dengan topik yang unik bukan masalah yang mudah yang bisa dilakukan, butuh ide, waktu dan tenaga untuk melakukan semuanya itu. Jika tidak, maka blog akan terbengkalai dan mati suri karena kehabisan ide dalam menemukan dan membuat artikel-artikel yang baru.

Anggapan melakukan update artikel blog dengan artikel-artikel terbaru memang benar adanya dan harus dilakukan setiap waktu. Namun bukan masalah yang mudah, tidak hanya satu dua blogger bermasalah dengan update artikel terbaru ini, saya sendiri juga sering mengalami masalah dan ujung-ujungnya tidak membuat artikel dalam beberapa waktu, bahkan sampai 1 bulan. Apalagi jika memiliki blog lebih dari 2, satu blog saja kadang membuat pikiran penat, bingung dan khawatir.

Lantas Apa Maksud Update Artikel Blog Terbaru?
Dari beberapa informasi yang saya dapat saat ini, ternyata update artikel terbaru ini juga merupakan salah satu tehnik SEO yang harus dilakukan karena seperti yang diketahui bersama, Google memang sangat senang dengan blog-blog atau web-web yang selalu melakukan update secara rutin dengan artikel-artikel terbaru dan unik. Namun disini ada 2 hal yang harus dilakukan untuk melakukan update blog dengan artikel terbaru. Kedua hal ini harus dilakukan secara rutin setiap waktunya yaitu:

Update Artikel Baru Setiap Hari
Jika ingin blog tetap terlihat hidup, maka mau tidak mau pemilik blog tersebut harus membuat atau menulis artikel terbaru secara rutin setiap harinya. Meskipun tidak setiap hari, maksimal bisa dilakukan setiap 1 minggu 1 artikel. Dengan melakukan update blog dengan artikel baru setiap hari maka Google tetap menilai kalau blog tersebut diurus dengan baik. Dan ini bagus untuk meningkatkan peringkat blog itu sendiri, meskipun artikel yang dibuat masih belum berada di halaman pertama Google, yang pastinya peringkat blog tetap memiliki nilai tambah dari Google.

Update Artikel Lama
Penting! Jangan biarkan artikel lama di blog tidak diurus. Semua yang ada di blog sebenarnya harus di update, semuanya tanpa terkecuali. Mulai dari kode template blog sampai dengan artikel lama juga harus di update. Jangan biarkan artikel lama tidak diurus, bukankah karena artikel lama tersebut blog kita saat ini menjadi lebih besar dan memiliki peringkat yang lebih baik? Nah untuk itulah, kita harus melakukan update juga untuk artikel lama ini.

Tapi artikel lama saya sudah memiliki peringkat pertama di Google?
Benar seperti itu? Coba di cek lagi, apakah masih berada di halaman pertama Google untuk kategori atau topik yang sama? Atau jangan-jangan sudah tidak ada di halaman Google lagi? Jika tidak ada, dan sudah dikuasai oleh blog-blog yang lain, maka Anda sudah terlambat karena blog-blog baru tersebut sudah melakukan tehnik SEO terbaru, sedangkan artikel lama di blog Anda masih menggunakan tehnik SEO lama. Namun meskipun terlambat, tidak ada salahnya untuk melakukan update artikel lama menjadi artikel yang terlihat baru.

Bagaimana cara melakukan update artikel lama menjadi artikel baru?
Silahkan baca caranya di artikel yang telah saya buat yaitu Cara Melakukan Update Artikel Lama Menjadi Artikel Baru

Selama ini kita hanya terpaku pada tampilan blog, kode meta tag SEO Friendly, penempatan iklan, dan lain sebagainya agar performa blog menjadi lebih baik lagi. Padahal artikel lama yang ada didalam blog juga perlu di update agar lebih fresh lagi. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jangan pasang link ya...

32 Komentar

  1. setuju, agar pembaca tidak dapat informasi yang usang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Heri, terkadang artikel lama sudah ada versi terbarunya dari blog yang lain

      Hapus
  2. Kalo update artikel tiap hari aku tidak bisa sih, paling seminggu dua kali saja.😊

    Benar juga ya, artikel lama juga perlu diperbarui agar sesuai dengan informasi sekarang. Coba ah aku cek artikel lama yang perlu di update.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee iya mas, sama, saya juga tidak rutin update artikel blog.. Silahkan dicoba mas :)

      Hapus
  3. Saya juga taunya kalau sudah dibuat ya sudah pokok nya buat dan buat artikel gak pernah lihat artikel lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. sama kak, awalnya saya begitu juga tapi lama-kelamaan memang perlu diupdate juga artikel yang lama :)

      Hapus
  4. yeah agreed. i tried a few.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maybe you can do even more sist :)

      Hapus
  5. Setuju, saya sering update cerpen lama daripada publish cerpen yang baru. Entah ada typo atau ada yang ketahuan bolong. - Emang sih sering banyak yang tanya, koq jarang update. Padahal tiap saat aku pelototin, baca ulang. Ada koment apa tidak. Cerpen mana yang sedikit viewnya, mau diapain supaya menarik. Tambah plot, diperpanjang (Extended), ganti judulkah dan lain sebagainya.
    --
    Seolah sepi, tapi aku menanti. (Mas terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan biasanya dibalik edit ulang itu bisa menemukan lagi ide untuk membuat artikel baru atau melanjutkan sambungan tulisan sebelumnya mas.. Nice

      Sama-sama, terimakasih juga :)

      Hapus
  6. Wah menarik nih mas roni, terutama bagian update artikel lama yg sudah terindeks dan masuk page google, sepertinya biar rangking tetap terjaga atau makin naik harus dimantain juga ya mas, trims ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, senior blogger sudah banyak yang melakukan hal ini. Siapp mbak, terimakasih juga :)

      Hapus
  7. Nambah wawasan lagi berkunjung kesini, terimakasih untuk itu 🙏.

    Aku jadi paham kalau artikel lama itu bisa 'diutak-atik' disegerin lagi artikelnya juga kode template blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di blog mas Sant, sepertinya update dengan artikel yang benar-benar fresh setiap harinya, keren banget mas :)

      Hapus
    2. Oh 😱
      Aku belum mahir ngatur waktu bisa posting artikel setiap hari kok, mas 🤭.
      Masih belajar untuk itu 😁

      Hapus
    3. Heheh iya mas, yang penting tetap teratur :)

      Hapus
  8. Artikel lama kadang banyak yang tidak sesuai dengan kondisi kekinian. Edit ulang dan posting ulang menjadi penting, agar postingan tetap uptodate ya Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, menyesuaikan dengan yang saat ini dan agar tetap update meskipun menggunakan artikel lama

      Hapus
  9. Belum cuba lagi buat artikel lama jadi artikel baru. Buat masa ni update artikel baru setiap hari jika ada idea atau selang beberapa hari kalau tiada idea :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dilihat-lihat lagi kak artikel lamanya, mungkin ada yang perlu diupdate, terimakasih kak atas kunjungannya :)

      Hapus
  10. Berdasarkan pengalaman sih artikel lama yang ada di page 1 bakalan turun secara perlahan. Tapi setelah diupdate bakalan merangkak naik lagi. Sepertinya algo google suka dengan artikel yang terus diperbaharui...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, dan ini juga algoritma dari Google yang terbaru juga

      Hapus
  11. Saya paling bermasalah dengan up date article ini, tergantung dari mood melulu... makasih, jadi semangat lagi buat mengupdate setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ayoo update artikel lamanya saja daripada bengong hehee :)

      Hapus
  12. update artikel yang ada nilai SEO..

    ada juga artikel yang tidak ada nilai SEO pun saya update juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, harus sama-sama diperhatikan semuanya, dan yang penting tetap nyaman untuk pembaca :)

      Hapus
  13. Menulis ini yang susah
    Saya punya draf hampir seratus lebih, itu terkendala dalam menyusun kalimat
    Inginnya seh tiap hari posting ,tapi ada daya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah draft saya hanya 10 saja mas, masih bingung juga bikin artikel yang baik dan unik..
      btw, lebih nyaman main video di yutub ya mas heheee

      Hapus
  14. Kok aku g bs akses blog ini via PC ya? Tp pas buka via HP bisa.. 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada perubahan apapun kok mas, semuanya bisa diakses

      Hapus
  15. Oke nih, mas, infonya. Update artikel setiap hari sepertinya bagus banget buat eksistensi blog. Hanya saja otakku ini gak nyampe kalau harus bikin artikel tiap hari. Sebulan bisa publish 3 artikel saja aku sudah ngos-ngosan 😂

    BalasHapus
  16. Beberapa hari terakhir lagi mendefinisikan ulang soal istilah update blog. Ternyata memperbarui artikel lama pun bisa disebut update blog ya mas... Alhamdulillah jadi terjawab di sini, sukses terus mas dan salam kenal

    BalasHapus