Skip to main content
Menu

Memahami Maksud Update Artikel Blog Terbaru

Memahami Maksud Update Artikel Blog Terbaru

Memahami Maksud Update Artikel Blog Terbaru - Selama ini banyak yang belum mengetahui maksud dari melakukan update blog dengan artikel-artikel yang baru.

Baca Juga

Memahami Maksud Update Artikel Blog Terbaru - Selama ini banyak yang belum mengetahui maksud dari melakukan update blog dengan artikel-artikel yang baru. Sebagian dari kita pasti beranggapan kalau melakukan update artikel itu harus dengan artikel-artikel yang baru yang fresh, yang unik dan apalah. Dengan alasan yaitu Google sangat menyukai blog dengan konten-konten yang fresh, yang baru, dan yang unik. Betul begitu? Betul dong, saya sendiri juga beranggapan seperti itu. Tapi tunggu dulu...


Membuat artikel baru dengan topik yang unik bukan masalah yang mudah yang bisa dilakukan, butuh ide, waktu dan tenaga untuk melakukan semuanya itu. Jika tidak, maka blog akan terbengkalai dan mati suri karena kehabisan ide dalam menemukan dan membuat artikel-artikel yang baru.

Anggapan melakukan update artikel blog dengan artikel-artikel terbaru memang benar adanya dan harus dilakukan setiap waktu. Namun bukan masalah yang mudah, tidak hanya satu dua blogger bermasalah dengan update artikel terbaru ini, saya sendiri juga sering mengalami masalah dan ujung-ujungnya tidak membuat artikel dalam beberapa waktu, bahkan sampai 1 bulan. Apalagi jika memiliki blog lebih dari 2, satu blog saja kadang membuat pikiran penat, bingung dan khawatir.

Lantas Apa Maksud Update Artikel Blog Terbaru?
Dari beberapa informasi yang saya dapat saat ini, ternyata update artikel terbaru ini juga merupakan salah satu tehnik SEO yang harus dilakukan karena seperti yang diketahui bersama, Google memang sangat senang dengan blog-blog atau web-web yang selalu melakukan update secara rutin dengan artikel-artikel terbaru dan unik. Namun disini ada 2 hal yang harus dilakukan untuk melakukan update blog dengan artikel terbaru. Kedua hal ini harus dilakukan secara rutin setiap waktunya yaitu:

Update Artikel Baru Setiap Hari
Jika ingin blog tetap terlihat hidup, maka mau tidak mau pemilik blog tersebut harus membuat atau menulis artikel terbaru secara rutin setiap harinya. Meskipun tidak setiap hari, maksimal bisa dilakukan setiap 1 minggu 1 artikel. Dengan melakukan update blog dengan artikel baru setiap hari maka Google tetap menilai kalau blog tersebut diurus dengan baik. Dan ini bagus untuk meningkatkan peringkat blog itu sendiri, meskipun artikel yang dibuat masih belum berada di halaman pertama Google, yang pastinya peringkat blog tetap memiliki nilai tambah dari Google.

Update Artikel Lama
Penting! Jangan biarkan artikel lama di blog tidak diurus. Semua yang ada di blog sebenarnya harus di update, semuanya tanpa terkecuali. Mulai dari kode template blog sampai dengan artikel lama juga harus di update. Jangan biarkan artikel lama tidak diurus, bukankah karena artikel lama tersebut blog kita saat ini menjadi lebih besar dan memiliki peringkat yang lebih baik? Nah untuk itulah, kita harus melakukan update juga untuk artikel lama ini.

Tapi artikel lama saya sudah memiliki peringkat pertama di Google?
Benar seperti itu? Coba di cek lagi, apakah masih berada di halaman pertama Google untuk kategori atau topik yang sama? Atau jangan-jangan sudah tidak ada di halaman Google lagi? Jika tidak ada, dan sudah dikuasai oleh blog-blog yang lain, maka Anda sudah terlambat karena blog-blog baru tersebut sudah melakukan tehnik SEO terbaru, sedangkan artikel lama di blog Anda masih menggunakan tehnik SEO lama. Namun meskipun terlambat, tidak ada salahnya untuk melakukan update artikel lama menjadi artikel yang terlihat baru.

Bagaimana cara melakukan update artikel lama menjadi artikel baru?
Silahkan baca caranya di artikel yang telah saya buat yaitu Cara Melakukan Update Artikel Lama Menjadi Artikel Baru

Selama ini kita hanya terpaku pada tampilan blog, kode meta tag SEO Friendly, penempatan iklan, dan lain sebagainya agar performa blog menjadi lebih baik lagi. Padahal artikel lama yang ada didalam blog juga perlu di update agar lebih fresh lagi. Semoga bermanfaat.
Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

32 komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]
  1. Heri Heryanto
    setuju, agar pembaca tidak dapat informasi yang usang
    • Admin
      Betul mas Heri, terkadang artikel lama sudah ada versi terbarunya dari blog yang lain
  2. Agus Warteg
    Kalo update artikel tiap hari aku tidak bisa sih, paling seminggu dua kali saja.😊

    Benar juga ya, artikel lama juga perlu diperbarui agar sesuai dengan informasi sekarang. Coba ah aku cek artikel lama yang perlu di update.😊
    • Admin
      hehee iya mas, sama, saya juga tidak rutin update artikel blog.. Silahkan dicoba mas :)
  3. Devina mutia azzahra
    Saya juga taunya kalau sudah dibuat ya sudah pokok nya buat dan buat artikel gak pernah lihat artikel lama
    • Admin
      Hehehe.. sama kak, awalnya saya begitu juga tapi lama-kelamaan memang perlu diupdate juga artikel yang lama :)
  4. ray
    yeah agreed. i tried a few.
    • Admin
      Maybe you can do even more sist :)
  5. Agus Sutisna
    Setuju, saya sering update cerpen lama daripada publish cerpen yang baru. Entah ada typo atau ada yang ketahuan bolong. - Emang sih sering banyak yang tanya, koq jarang update. Padahal tiap saat aku pelototin, baca ulang. Ada koment apa tidak. Cerpen mana yang sedikit viewnya, mau diapain supaya menarik. Tambah plot, diperpanjang (Extended), ganti judulkah dan lain sebagainya.
    --
    Seolah sepi, tapi aku menanti. (Mas terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar).
    • Admin
      Dan biasanya dibalik edit ulang itu bisa menemukan lagi ide untuk membuat artikel baru atau melanjutkan sambungan tulisan sebelumnya mas.. Nice

      Sama-sama, terimakasih juga :)
  6. Mbul Kecil
    Wah menarik nih mas roni, terutama bagian update artikel lama yg sudah terindeks dan masuk page google, sepertinya biar rangking tetap terjaga atau makin naik harus dimantain juga ya mas, trims ilmunya
    • Admin
      Betul mbak, senior blogger sudah banyak yang melakukan hal ini. Siapp mbak, terimakasih juga :)
  7. Himawan Sant
    Nambah wawasan lagi berkunjung kesini, terimakasih untuk itu 🙏.

    Aku jadi paham kalau artikel lama itu bisa 'diutak-atik' disegerin lagi artikelnya juga kode template blognya.
    • Admin
      Kalau di blog mas Sant, sepertinya update dengan artikel yang benar-benar fresh setiap harinya, keren banget mas :)
    • Himawan Sant
      Oh 😱
      Aku belum mahir ngatur waktu bisa posting artikel setiap hari kok, mas 🤭.
      Masih belajar untuk itu 😁
    • Admin
      Heheh iya mas, yang penting tetap teratur :)
  8. Ayo Dolan
    Artikel lama kadang banyak yang tidak sesuai dengan kondisi kekinian. Edit ulang dan posting ulang menjadi penting, agar postingan tetap uptodate ya Mas?
    • Admin
      Betul mas, menyesuaikan dengan yang saat ini dan agar tetap update meskipun menggunakan artikel lama
  9. Azhafizah MN
    Belum cuba lagi buat artikel lama jadi artikel baru. Buat masa ni update artikel baru setiap hari jika ada idea atau selang beberapa hari kalau tiada idea :)
    • Admin
      Silahkan dilihat-lihat lagi kak artikel lamanya, mungkin ada yang perlu diupdate, terimakasih kak atas kunjungannya :)
  10. San Muliadi
    Berdasarkan pengalaman sih artikel lama yang ada di page 1 bakalan turun secara perlahan. Tapi setelah diupdate bakalan merangkak naik lagi. Sepertinya algo google suka dengan artikel yang terus diperbaharui...
    • Admin
      Betul mas, dan ini juga algoritma dari Google yang terbaru juga
  11. Lantana Magenta Hermosa
    Saya paling bermasalah dengan up date article ini, tergantung dari mood melulu... makasih, jadi semangat lagi buat mengupdate setelah baca postingan ini.
    • Admin
      Nah, ayoo update artikel lamanya saja daripada bengong hehee :)
  12. mrhanafi
    update artikel yang ada nilai SEO..

    ada juga artikel yang tidak ada nilai SEO pun saya update juga
    • Admin
      Betul mas, harus sama-sama diperhatikan semuanya, dan yang penting tetap nyaman untuk pembaca :)
  13. Djangkaru Bumi
    Menulis ini yang susah
    Saya punya draf hampir seratus lebih, itu terkendala dalam menyusun kalimat
    Inginnya seh tiap hari posting ,tapi ada daya
    • Admin
      Wah draft saya hanya 10 saja mas, masih bingung juga bikin artikel yang baik dan unik..
      btw, lebih nyaman main video di yutub ya mas heheee
  14. SYM
    Kok aku g bs akses blog ini via PC ya? Tp pas buka via HP bisa.. 🤔
    • Admin
      Tidak ada perubahan apapun kok mas, semuanya bisa diakses
  15. Roem Widianto
    Oke nih, mas, infonya. Update artikel setiap hari sepertinya bagus banget buat eksistensi blog. Hanya saja otakku ini gak nyampe kalau harus bikin artikel tiap hari. Sebulan bisa publish 3 artikel saja aku sudah ngos-ngosan 😂
  16. Robby Haryanto
    Beberapa hari terakhir lagi mendefinisikan ulang soal istilah update blog. Ternyata memperbarui artikel lama pun bisa disebut update blog ya mas... Alhamdulillah jadi terjawab di sini, sukses terus mas dan salam kenal

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: