Skip to main content

Bisahkah Loading Page Speed Blogspot Skor 100%?

Loading page speed Blogspot saya kok tidak 100% skornya? Ada 2 jawaban yang bisa saya berikan yaitu Bisa dan Tidak Bisa. Karena untuk membuat loading blog dengan menggunakan platform Blogspot atau Blogger seperti tidur diatas air yang dangkal, menyegarkan namun lambat laun akan menghanyutkan dan tenggelam. Kenapa seperti itu? Saat melakukan optimasi loading blog secara pelan-pelan dengan memodifikasi kode ini kode itu namun hasil akhirnya tetap saja membuat loading blog tidak sepenuhnya dibatas maksimal skor kecepatan loading yang diharapkan yaitu 100%.

Bisahkah Loading Page Speed Blogspot  Skor 100
Sudah capek-capek melakukan optimasi dengan cara edit beberapa kode atau menambahkan kode untuk mempercepat loading blog, hasilnya juga sama. Skor loading blog tidak sampai 100% dan mentok di 99% jika menggunakan alat uji di PageSpeed Insights atau di GTmetrix. Kenapa seperti itu? Apakah blog dengan menggunakan platform Blogspot tidak bisa memiliki Loading Speed yang maksimal?

Blog yang menggunakan platform Blogger atau Blogspot bukannya tidak bisa memiliki skor 100% untuk beberapa kategori seperti performa, aksesblitias, SEO, dan penggunaan elemen didalam sebuah blog. Namun karena adanya beberapa elemen yang digunakan itulah yang membuat skor blog tidak bisa sempurna. Bahkan ketika menggunakan blog dengan template kustom ataupun template bawaan dari Blogger juga tidak bisa memberikan jaminan skor yang didapat adalah 100%. Kenapa seperti itu?

Bagaimana dengan blog yang menggunakan platform lain seperti Wordpress? Sama saja, bisa memiliki skor 100% dan bisa saja tidak. Meskipun di blog Wordpress menggunakan plugin untuk mempercepat loading dan membuat skor menjadi 100%, namun semuanya tergantung dari pemilik blog dan tergantung dari komponen yang terpasang pada blog tersebut.

Akses Loading Blog Cepat Tapi Skor Tidak 100%
Saat ini hampir semua blog ataupun website memiliki kecepatan yang membuat blog mudah diakses, hampir semua, apalagi untuk blog-blog yang setiap hari diurus, pasti memiliki kecepatan akses yang mudah di buka. Namun keadaan ini berbanding terbalik dengan skor yang terdapat pada blog tersebut. Saat melakukan cek skor ternyata skor yang didapat hanya 90%, 98% atau 99% jika diukur menggunakan PageSpeed Insights dan hanya memiliki skor 90% di GTmetrix. Untuk mengetahui kecepatan blog Anda, silahkan buka Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Kenapa loading blog cepat sedangkan skornya tidak maksimal?
Seperti yang telah disebutkan diatas, banyak faktor yang menyebabkan sebuah loading blog memiliki kecepatan akses yang mudah dan lambat. Salah satu faktor tersebut adalah penggunaan script dan kualiatas dari gambar. Script yang digunakan disini bisa bermacam-macam tergantung dari penggunaannya misalnya script untuk iklan, script untuk analytic, script slider, script facebook, srcipt font dan sebagainya. Begitu juga dengan gambar, ukuran gambar yang terlalu besar akan membuat loading blog lebih lambat.

Perbandingan Kecepatan Blog Menggunakan Blogspot dan Wordpress
Saya tidak memberikan perbandingan langsung antar blog atau web yang satu dengan yang lainnya. Saya hanya melakukan cek blog yang menggunakan Blogger dan Wordpress secara langsung menggunakan beberapa layanan dan salah satunya adalah PageSpeed Insights.

Sebagai contoh website yang menggunakan platform selain Blogspot yang memiliki akses cepat namun dengan skor rendah adalah web-web portal berita yang ada di Indonesia. Saya tidak bisa menyebutkan mereka disini, tapi saya sudah melakukan cek kecepatan loading mereka menggunakan PageSpeed Insights, dan hasilnya adalah rata-rata dibawah 50%! Kenapa seperti itu? Karena mereka menggunakan plugin untuk membuat loading blog atau website menjadi lebih cepat meskipun memiliki banyak script dan gambar didalamnya. Bahkan blog teman blogger yang menggunakan Wordpress, memiliki skor yang rendah juga namun saat diakses cepat.

Bagaimana dengan blog yang menggunakan Blogspot? Untuk blog custom yang saya gunakan ini hasilnya seperti yang terlihat pada gambar diatas untuk versi Lighthousenya, dan bahkan hasil tersebut bisa berubah karena adanya edit-edit yang saya lakukan. Dan untuk blog-blog lain yang saya cek hasilnya juga tidak jauh beda dengan blog saya, bahkan ada yang dibawah 80%, baik itu untuk tampilan mobile ataupun desktop, namun kecepatan aksesnya tetap cepat.
Sedangkan untuk blog yang menggunakan tema atau template bawaan Blogger, juga saya cek, dan hasilnya tidak sampai 100% untuk skornya.

Namun untuk beberapa blog custom yang menyembunyikan script bawaan Blogger dan tidak menggunanakan script .js, memiliki score 100% dengan catatan masih bersih dari script-script lainnya seperti script iklan. Blog-blog seperti ini adalah yang menggunakan template dari Adhy Suryadi yaitu Kompi Flexible. Bukan karena saya pengguna template ini, tapi itulah kenyataannya setelah saya melakukan cek semua blog, mulai dari blog yang digunakan oleh emak-emak sampai blog yang digunakan oleh yang sudah jago coding blog.

Datanya mana? Saya tidak akan memberikan data karena ini adalah penilaian saya sendiri. Jika ingin melihat data, silahkan cek satu per satu blog-blog biasa dan blog-blog yang digunakan oleh mereka yang sudah jago coding.

Dari ulasan diatas, sebuah blog bisa memiliki score 100% untuk page speed mereka jika didalam blog tersebut belum menggunakan script apapun, misalkan script iklan atau yang lainnya dan dengan optimasi gambar yang baik. Begitu juga untuk blog Wordpress, ada perlakuan khusus agar laoding page speed blog tetap wuss dengan skor 100%. Caranya? Menggunakan plugin dan pengaturan manual yang agak ribet.

Ulasan diatas hanya menilai skor page speed blog untuk tampilan homepage atau halaman depan saja. Sedangkan halaman artikelnya tidak. Bagaimana skor untuk halaman artikel? Rata-rata memiliki skor dibawah 80% saat diakses menggunakan ponsel dan diatas 80% saat diakses menggunakan laptop. Apakah dari semua ulasan diatas jika skornya rendah harus melakukan eidting pada beberapa komponen yang ada pada blog? Kalau saya selama akse blog dirasakan nyaman dan tidak lambat meskipun skornya rendah, ya biarin saja seperti itu. Kecuali kalau sangat lambat loading aksesnya maka mau tidak mau harus dilakukan optimasi ulang.

3 Komentar

  1. saya bingung ma page speed blog saya, cmn 66%. Padahal di garansi ma penjual templatenya soal kecepatan loading.

    Udah nyerah saya mo ngapain lagi heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga apa2 bang, yang penting akses blognya mudah dibuka dan tidak lemot.

      Hapus
  2. cara bikin home grid kyk punya abangnya gimana yaa bang?

    aq jga pake template sama ama punya abangnya, kompi flexible juga

    BalasHapus