Skip to main content

Menggunakan Kata Kunci atau Keyword Di Link Gambar

Banyak cara dalam melakukan optimasi sebuah blog agar memiliki ranking yang lebih baik, salah satunya adalah optimasi penggunaan kata kunci atau keyword utama. Pada artikel ini saya sedikit mengulas tentang kata kunci yang digunakan dalam artikel blog. Menurut beberapa sumber yang saya baca, sebuah artikel blog yang baik dan memiliki nilai SEO adalah artikel yang memenuhi beberapa kriteria yaitu lebih dari 500 kata, menggunakan kata kunci utama paling banyak 1 - 3 buah dengan terdiri dari 3 frase kata, dan beberapa faktor lain yang menjadi kriteria dalam penulisan artikel blog yang SEO Friendly.

Menggunakan Kata Kunci atau Keyword Di Link Gambar
Dulu sebelum ada Algoritma Panda dari Google, banyak blog-blog yang menggunakan dan memasang kata kunci dihampir semua artikel yang digunakan, bahkan meta tag yang ada didalam kode template blog juga tidak luput dari incaran para blogger untuk memaksimalkan blog mereka dengan dengan memasang kata kunci disana. Dulu, memang semuanya sangat bebas dalam melakukan optimasi, namun seiring perkembangan penggunaan informasi internet yang semakin beragam dan bersaing, Google sebagai salah satu penyedia pencarian kolom informasi melakukan perubahan besar-besaran. salah satunya adalah memberikan "hukuman" kepada blog atau web yang tidak sesuai dengan aturan yang Google terapkan.

Hukuman yang diberikan oleh Google waktu itu, dan mungkin juga sekarang, adalah dengan tidak mengindeks blog tersebut, dibanned, dan sebagainya karena terlalu berlebihan dalam melakukan optimasi blog dengan kata kunci berulang. Terlepas dari masalah hukuman tersebut, sekedar sebagai pengingat, beberapa optimasi keyword yang dilakukan pada sebuah artikel adalah dengan memasang keyword utama di beberapa komponen artikel yaitu:
  1. Judul artikel
  2. Deskripsi artikel
  3. Kategori dan Tags artikel
  4. Paragrap pertama artikel
  5. Pagarap tengah artikel
  6. Paragrap akhir artikel
  7. Gambar artikel
  8. Link artikel
Dari kedepalan poin diatas semuanya adalah komponen yang digunakan dalam optimasi SEO Onpage sebuah artikel blog yaitu Optimasi dari dalam blog itu sendiri. Dan dari kedelapan poin diatas, sebagai pembahasan dalam artikel ini saya hanya membahas tentang efektifitas penggunaan keyword di link gambar untuk optimasi SEO. Apakah menggunakan kata kunci utama pada link gambar memberikan dampak yang lebih baik dalam mengoptimasi sebuah artikel?

Ternyata setelah saya melakukan cek dan ricek di Google untuk pencarian "seblak" dengan kategori pencarian gambar, sekitar 99% menggunakan kata kunci didalam link gambar tersebut. Bagaimana cara membuat link dengan keyword utama yang digunakan? Apakah sama dengan menggunakan Atribut ALT Tag pada sebuah gambar artikel? Untuk lebih lengkapnya silahkan baca-baca di Cara Optimasi Gambar Artikel Agar SEO Friendly

Penggunaan kata kunci untuk artikel blog ternyata dari dulu sampai sekarang masih memiliki cara yang sama namun agak berbeda. Kalau sekarang lebih memfokuskan pada kualitas sedangkan dulu lebih mengutamakan kuantitas yang cenderung membuat orang tersesat saat melakukan pencarian di Google dengan kata yang diketikan dikolom pencarian. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jangan pasang link ya...

7 Komentar

  1. wkwk makasih udah diingetin, kadang suka lupa, bukan kadang sering malah :v karena blognya blog pribadi jadi gak ngurusin seo, masalah banget sih ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. makasih mas, sama-sama. iyaa paling tidak untuk memberikan efek yang baik juga utk blog tetap dilakukan mas

      Hapus
  2. Wktu blog yg pertama sy masihlah nyisipin keyword pd tulisan, entah judul, gambar, atau diantara paragraf, pernah sih msk juga di halaman google walopun ga slalu page one, page two jg pernah ada wk wk, yg sekarang mh berhubung blog pribadi jadinya ga terlalu mikir ke per SEO an amat... Takutnya jadi kaku gak lagi alami tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga seperti itu mas, tidak semua artikel dioptimasi, ribet hehee. Suka-suka saja :D

      Hapus
  3. Saya udah sering melakukan hal tersebut sih, sayangnya kadang saya malas search keyword hehehe.
    Kadang keyword malah bikin otak makin mumet dan akhirnya nggak nulis-nulis.
    jadinya, kadang saya search keyword kadang juga enggak :)

    BalasHapus
  4. Kadang saya lupa ngasih kata kunci pada artikel saya terus langsung diposting Makasih info nya mas jadi ngingetin kita semua.

    BalasHapus
  5. terima kasih share ilmu. jarang sekali nak letak keyword pada gambar :( baru tahu ianya sangat berguna ye.

    BalasHapus