Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Bagaimana Cara Membuat Blog Tetap Unik dan Menarik?

Bagaimana Cara Membuat Blog Tetap Unik dan Menarik?
Bagaimana Cara Membuat Blog Tetap Unik dan Menarik? Dalam membuat blog salah satu yang menjadi perhatian adalah tampilan, bukan hanya segi konten yang unik tapi seluruh tampilan blog harus unik. Kenapa unik? Agar memiliki perbedaan dengan blog-blog yang lain meskipun blog yang kita miliki menggunakan template atau theme yang sama dengan blog-blog yang lain.

Bagaimana Cara Membuat Blog Tetap Unik dan Menarik
Bagaimana cara membuat tampilan blog unik dan menarik?
Untuk membuat tampilan blog menjadi unik, tentunya dengan mengubah kode-kode tertentu pada kode template blog tersebut. Jika teman-teman blogger masih baru dalam membuat blog dan masih bingung untuk merubah kode-kode template blog, caranya cukup mudah yaitu cukup merubah warna dasar dari kode template blog yang telah digunakan.

Semua template atau theme yang digunakan pasti memiliki warna dasar dan warna ini lah yang bisa diganti sesuai dengan warna yang diinginkan. Dan template-template ini bisa didapatkan secara gratis baik yang telah disediakan oleh platform atau dari pengembang, bahkan ada yang premium. Tentunya dengan kode dasar ini, jika menggunakan template atau tema yang sama dengan blog yang lain, maka 90% - 100% tampilan blog akan sama dengan blog yang lain, dan seakan-akan kalau dilihat seperti kembaran heheee.

Jika ada 5 - 10 blog yang memiliki tampilan yang sama dengan tampilan blog yang kita miliki, bagaimana menurut Anda? Tentu Anda akan berpikiran, "Wah kok sama ya tampilannya dengan blog saya?"

Meskipun secara konten berbeda, tentu ada sedikit penolakan dari Anda sendiri bahwa tampilan blog Anda tidak boleh sama dengan blog yang lain dan harus diganti. Bagaimana cara menggantinya?

Baca Juga Mengganti Tampilan Blog Tidak Harus Mengganti Template Blog

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, untuk mengganti tampilan blog, jika Anda masih baru lebih baik ganti saja warna dari blog tersebut. Warna yang diganti adalah:
  • Warna background header atau bagian atas blog. Cari kode CSS warna background pada header ini yaitu #header-wrapper {background: #777}.
  • Warna background secara keseluruhan atau warna body blog. Untuk mengganti warna background ini bisa dicari di kode CSS template yaitu body {background:#fffff;}.
  • Warna backgorund konten. Terkadang ada beberapa template yang membedakan warna backgorund blog dan warna background konten. Jika warna backgorund adalah putih, biasanya warna background konten adalah abu-abu. Untuk mengganti warna background konten cara kode CSS template yaitu .content-wrapper {background:#eeeeee;}.
  • Warna background sidebar. Sama halnya dengan mengganti warna background konten, cari kode CSS template untuk sidebar, biasanya menggunakan kode .sidebar-wrapper {background:#f5f5f5;} atau jika di sidebar pada heading tag menggunakan warna backgorund, bisa diganti juga dnegan mengganti kode CSSnya yaitu .sidebar-wrapper h2{background:#77777;}.
  • Bagaimana dengan warna link pada font atau huruf? Bisa diganti dan bisa juga tidak. Jika ingin menggantinya, cari kode warna link untuk font pada kode CSS yaitu:

    a {color: #777} 
    a:link {color: #000} 
    a:hover {color: #777}

    Atau pada masing-masing elemen dimana properti font itu diatur, misalnya dibagian sidebar. Maka Anda bisa mencarinya pada bagian kode CSS sidebar.
  • Begitu juga pada bagian footer atau bagian bawah blog, Anda bisa menggantinya dengan mencari kode CSS properti warna footer itu diatur. Bisanya menggunakan kode #footer-wrapper {backgorund: #777:}
Dengan mengganti warna dasar dari kode tampilan blog tersebut maka akan membuat blog Anda sudah berbeda dengan blog-blog yang lain yang menggunakan theme yang sama ataupun yang berbeda. Selain itu, untuk membuat tampilan blog semakin unik, Anda bisa menghapus atau menambahkan widget tertentu pada blog tersebut.

Untuk mengetahui dan mengganti seperti kode-kode yang disebutkan diatas, silahkan baca panduannya Cara Mengganti Kode Template Blog

Kenapa Harus Memiliki Tampilan yang Beda?
Agar tidak sama dan unik. Mungkin menurut sebagian orang tampilan blog bukan prioritas utama, yang penting konten berbeda tapi bagaimana jika ada blog lain yang memiliki tampilan yang sama dengan blog Anda ternyata konten pada blog tersebut memuat konten-konten yang dilarang, bagaimana menurut Anda? Bagaimana jika ada yang menilai dan beranggapan "Jangan-jangan blog Anda berafiliasi atau bekerja sama dengan blog tersebut".

Ini tidak berlebihan tapi menjaga diri, reputasi diri yang ada pada blog atau hal-hal yang kita miliki harus tetap dijaga, jangan sampai disalahgunakan oleh orang lain. Apalagi ini dunia online, semuanya bisa terjadi tanpa kita kehendaki.

Bagaimana Jika Anda Blog Lain yang Memiliki Tampilan Sama?
Meski belum meiliki hak paten terhadap apa yang kita miliki di blog seperti warna, bentuk atau konten secara keseluruhan, paling tidak itu adalah hasil jerih payah kita mengelola dan mengembangkan blog yang kita miliki. Jika seluruh blog sudah "dipermak" dan kita sudah beranggapan tidak ada lagi yang sama dengan tampilan yang kita buat dan tiba-tiba ada blog yang memiliki tampilan yang sama, maka untuk solusinya adalah tegur saja pemilik blog tersebut dengan teguran yang baik, baik itu tampilan apalagi konten, lebih baik pemilik blog dihubungi secara baik-baik, Insyaallah mereka mau bekerja sama untuk merubah tampilan blognya yang sama tersebut.

Bagaimana jika tidak mau? Lebih baik mengalah. Mengalah bukan berarti kalah tapi lebih mendewasakan diri dalam menghadapi masalah. Kecuali konten, kalau konten kita diambil dan sudah ditegur, langsung saja laporkan ke Google.

Artikel ini kami dedikasikan untuk teman-teman blogger yang telah menyalin kode template blog ini dan belum merubahnya setelah kami menegurnya secara baik-baik. Dan terimakasih buat yang telah mau bekerja sama dengan telah mengganti kode warna pada blognya. Sukses selalu buat kalian.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.