Skip to main content
Yuk Belajar Wesbite!

Cara Melaporkan Blog atau Website Ke Google DMCA Karena Pelanggaran Hak Cipta

Cara Melaporkan Blog atau Website Ke Google DMCA Karena Pelanggaran Hak Cipta
Cara Melaporkan Blog atau Website Ke Google DMCA Karena Pelanggaran Hak Cipta - Kalau sudah berhubungan dengan pelanggaran hak cipta di internet, sepertinya bakalan banyak yang menanyakan akan keabsahan dari hak cipta tersebut. Benarkah apa yang telah dilakukan dan dimiliki sudah memiliki hak cipta sehingga jika ada orang lain yang melakukan duplikasi terhadap miliknya tersebut termasuk pelanggaran hak cipta sehingga harus melaporkan ke Google yang notabene sebagai "hakim" online terpercaya?

Cara Melaporkan Blog atau Website Ke Google DMCA Karena Pelanggaran Hak Cipta
Misalkan blog ini, apakah semua artikel didalam blog ini adalah hak cipta dari kami? Semua konten yang ada di blog ini adalah hasil dari menulis sendiri dan bukan dari hasil copy paste atau mengambil dari orang lain. Iya, semua konten yang ada di blog ini adalah hak cipta kami, meskipun banyak blog yang menulis atau membahas topik yang sama.

Hak cipta tidak harus memiliki hak usaha atau hak paten atas ciptaan yang telah dibuat, apalagi hanya sekedar konten. Namun memang sangat berbeda jika hak cipta yang diakui telah didaftarkan secara resmi (de jure), maka sebagai pemilik hak cipta bisa melakukan gugatan secara hukum. Sedangkan untuk konten pada blog, jika semua konten tersebut dibuat sendiri oleh admin atau tim maka konten tersebut juga memiliki hak cipta secara de facto.

Apakah bisa melakukan gugatan dari konten blog yang kita buat? Bisa saja, karena jika menilik dari aturan Google, tidak boleh ada konten yang sama pada semua blog, apapun alasannya. Dan sisi kemanusiaan untuk konten blog memang sangat mengganggu pemilik dari konten tersebut. Susah-susah mikirnya, eh malah diambil begitu saja.

Cara Melaporkan Blog atau Website Ke Google DMCA Karena Pelanggaran Hak Cipta

Dan uniknya jika ada konten blog yang diambil oleh orang lain tanpa menyertakan sumber artikel dan tidak merubah konten yang telah diambil, maka bisa melakukan komplain langsung ke yang nyalin atau mengambil konten blog tersebut. Jika tidak ada inisiatif baik dari mereka, maka salah satu cara paling ampuh adalah melaporkan blog atau website tersebut ke Google DMCA atas dasar pelanggaran hak cipta yaitu telah mengambil atau membagikan konten secara keseluruhan atau sebagian dari blog.

Lantas bagaimana cara melaporkan blog atau website ke Google DMCA karena pelanggaran hak cipta atau dengan kata lain telah mengambil konten blog atau membagikan hak cipta pada blog yang telah dibuat? Jika ada yang mengambil konten blog atau artikel blog dan ingin melaporkan ke Google,berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:
  1. Kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice
  2. Selanjutnya isi kolom informasi kontak yang lengkap yaitu Nama depan, Nama belakang, Nama perusahaan di isi dengan Nama Blog, Pemegang hak cipta diisi dengan diri sendiri, Alamat email, dan Negara.
  3. Pada kolom Karya Berhak Cipta Anda:
    • Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta:
      Diisi dengan masalah yang akan dilaporkan. Misalnya artikel, masukkan saja judul artikel dan bisa disertakan sedikit keterangan atau tidak.

      Contohnya:
      Cara Melaporkan Blog atau Website Ke Google DMCA Karena Pelanggaran Hak Cipta
    • Di manakah kami bisa melihat contoh karya yang sah tersebut?:
      Isi dengan URL artikel blog yang asli.
    • Lokasi materi yang melanggar:
      Isi dengan URL artikel yang menyalin atau pengambil konten. Jika ada beberapa blog yang menyalin artikel, masukkan semua URL konten mereka per baris.
  4. Pada PERNYATAAN TERSUMPAH, centang semua opsi.
    • Pada TANDA TANGAN:
      Ditandatangai pada tanggal: Isi tanggal sesai waktu pelaporan.
    • Tanda tangan: Isi dengan nama Anda.
  5. Centang reCAPTCHA.
  6. Jika sudah selesai semua, klik tombol Kirim.
Melaporkan blog ke Google DMCA bukan berarti menghapus konten yang dilaporkan tersebut tapi pihak Google hanya menghapus URL dari konten tersebut dari Penelusuran Google.

Setelah selesai melaporkan ke Google DMCA, maka akan ada email pemberitahuan dari Google DMCA bahwa proses permintaan Anda akan segera di proses, jika sesuai dengan syarat dan ketentuan, laporan Anda akan diselesaikan dengan cara menghapus URL konten yang telah mengambil konten blog Anda dan ini juga akan diberitahukan oleh Google DMCA melalui email. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.