Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Cara Mengajukan Komplain Atau Tanggapan ke Google DMCA

Cara Mengajukan Komplain Atau Tanggapan ke Google DMCA
Cara Mengajukan Komplain Atau Tanggapan ke Google DMCA - Sebelumnya kami sudah memberikan panduan tentang cara melaporkan blog ke Google DMCA dan sekarang kami akan menjelaskan tentang cara mengajukan tanggapan atau komplain ke Google DMCA terhadap pelaporan yang telah melaporkan konten blog karena dianggap melakukan pelanggaran hak cipta, padahal tidak.

Baca Cara Melaporkan Blog atau Website Ke Google DMCA Karena Pelanggaran Hak Cipta

Dalam membuat laporan dan mengajukannya ke Google DMCA sehubungan dengan hak cipta terkadang tidak dilakukan oleh orang yang memiliki hak cipta tersebut. Terkadang orang lain yang melakukannya. Kejadian ini pernah kami alami saat ini yaitu konten blog kami yang berjudul Download Template Kompi Flexible v8 dilaporkan oleh orang lain bukan oleh pemilik template tersebut yaitu mas Adhy Suryadi aka Kompi Ajaib.

Cara Mengajukan Komplain Atau Tanggapan ke Google DMCA
Kami sudah menyampaikan ke mas Adhy kalau salah satu artikel yang kami buat tentang Template Kompi Ajaib yang dilaporkan sebagai pelanggaran hak cipta, ternyata bukan dari mas Adhy tapi orang lain yang telah melaporkan. Padahal konten yang saya buat tidak ada pelanggaran apapun, entah apa alasan orang ini melaporkan konten yang belum tentu melakukan pelanggaran atau mungkin karena ada kata Download pada judul artikel sedangkan tidak ada yang didownload pada konten.

Jelas ini sangat merugikan kami yang telah membuat konten. Kerugian yang kami alami adalah hilangnya URL konten dari Google Penelusuran. Setidaknya jika mau melakukan pelaporan harus dibaca dulu kontennya, jika memang ada pelanggaran, silahkan laporkan atau hubungi kami langsung melalui form kontak. Jika alasannya karena tidak berkenan dengan isi konten yang kami buat, itu hak kami untuk membuatnya apalagi konten yang kami buat isinya adalah template premium yang tidak bisa kami bagikan secara gratis.

Jika karena tidak mendapatkan template premium secara gratis kenapa harus menyerang blog orang lain? Kalau sudah mampu membeli paketan data dan memiliki blog, seharusnya template dengan harga kurang dari Rp 200 Ribu bisa dibeli bukan dengan cara mencari template gratisan atau cloningan.

Oleh karena itu, melakukan komplain memang perlu dilakukan karena terkadang ada beberapa yang salah dari mereka yang telah melakukan pelaporan terkait konten yang dianggap sebagai miliknya atau milik orang lain. Seperti kasus yang kami alami diatas.

Cara Mengajukan Komplain Atau Tanggapan ke Google DMCA

Jika ada pihak yang mengajukan komplain atau pelanggaran hak cipta, jangan terburu-buru panik tapi cek terlebih dulu laporan tersebut karena seperti yang kami sebutkan diatas, terkadang pelaporan yang dilakukan oleh orang lain salah kaprah. Dan jika ada yang salah dengan laporan tersebut, Anda bisa melakukan komplain atau tanggapan ke Google DMCA.

Berikut cara mengajukan komplain atau tanggapan ke Google DCMA terkait pelaporang hak cipta:
  1. Kunjungi https://support.google.com/legal/contact/lr_counternotice?product=websearch atau jika link ini tidak berfungsi, Anda bisa menggunakan link yang ada di email notifikasi yang dikirim oleh DMCA.
  2. Pada kolom Informasi Anda
    • Negara domisili: Isi dengan Indonesia atau sesuai negara Anda.
    • Nama lengkap resmi: Isi dengan nama Anda sebaga pelapor.
    • Gelar Anda: Isi dengan gelas Anda, bisa Bpk atau Ibu atau bisa dikosongkan.
    • Nama perusahaan: Isi dengan nama perusahaan Anda atau nama blog.
    • Alamat email kontak: Isi dengan email Anda.
    • Alamat: Isi dengan alamat lengkap rumah Anda.
    • Nomor telepon: Isi dengan nomor ponsel atau nomor rumah.
  3. URL konten yang bermasalah: Isi dengan URL konten blog Anda yang telah dilaporkan oleh orang lain.
  4. Pada pilihan Mengapa Anda meminta pemulihan, centang sesuai dengan keinginan. Misalnya: Saya pemilik konten.

    Untuk kolom detail, isi keterangan yang menegaskan kalau konten yang ada di blog Anda adalah konten asli dari Anda.
  5. Centang semua pada Pernyataan tersumpah.
  6. Kolom Tanda Tangan isi dengan Nama Anda.
  7. Klik tombol Kirim jika semuanya sudah terisi dengan benar.
Setelah selesai mengirim tanggapan atau komplain ke Google DMCA, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email bahwa permintaan Anda sedang di proses. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.